Ato Basahona Share

follow us

Pentingnya Kecerdasan Berbahasa (Berbicara) yang Dapat Membuat Kita Sukses

Semua orang pasti akan menginginkan kesuksesan, memang dari beberapa sudut pandang kesuksesan itu sendiri memiliki makna yang relatif. Ada sebagian yang dengan dalam kondisi perekonomian kehidupan tertentu telah menganggap sukses. Namun, kadang juga menurut orang lain mereka belum sukses. Oleh karena itu kesuksesan pada dasarnya hanya dapat dirasakan oleh diri manusia masing-masing.
Sebagai tolak ukur menurut saya kesuksesan adalah keadaan dimana semua kebutuhan primer (harus terpenuhi) telah terpenuhi dengan baik dan mengalami kestabilan. Apa saja kebutuhan primer ? sandang (pakaian) pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal). Selain dari kebutuhan primer tersebut di atas maka sudah termasuk dalam kategori kebutuhan sekunder (kebutuhan tambahan).
Nah, untuk mencapai kesuksesan tidak hanya melalui pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari, sebab kalau hanya bekerja kerbau yang dipakai untuk menggarap sawah juga bekerja, kuda yang dipakai untuk transportasi juga bekerja. Sangat perlu kita bekerja keras namun juga harus cerdas sehingga kita dapat mencapai kesuksesan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Pengertian Kecerdasan Berbahasa
Kecerdasan berbicara (bahasa) yang sering juga dikatakan kecerdasan verbal linguistik adalah merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa diantaranya menulis, membaca dan berbicara. Kenapa kecerdasan berbicara penting untuk kita pelajari ? sebab orang yang memiliki kemampuan berbicara dengan baik memiliki peluang untuk sukses.

Kecerdasan Berbicara
Contoh kecerdasan berbicara yang banyak mendapatkan kesuksesan yaitu yang seperti anda lihat para motivator dunia baik nasional maupun internasional, orang-orang yang mampu menawarkan produk jualan hingga pelanggannya tertarik dan membeli dan para konsultan yang dengan baik menyampaikan arahan dan pengetahuan kepada para pelanggan mereka yang melakukan konsultasi pada bidang-bidang tertentu. Masih banyak lagi contoh-contoh kecerdasan berbahasa yang dapat anda lihat dalam kehidupa sehari-sehari.
Beberapa orang yang kaya raya karena memiliki kecerdasan berbahasa antara lain : JK Roling sebagai penulis cerita arry Potter, Oprah Winfrey sebagai presenter, Tantowi Yahya sebagai presenter, Andria Hirata dan Habibirrahman elsirazi sebagai penulis novel.
Langkah-langkah untuk melatih kecerdasan bahasa
Pada bangku pendidikan kita semua telah belajar bagaimana cara berbahasa dengan baik dan benar pada pelajaran bahasa Indonesia. Namun tidak semua orang yang pernah belajar hal tersebut menjadi cerdas dalam berbahasa. Oleh sebab itu perlu cara-cara yang harus sering dilakukan agar kemampuan berbicara (bahasa) kita menjadi semakin meningkat.
1.    Banyak Membaca
Banyak baca banyak mengetahui itu merupakan pepatah lama dan benar adanya. Dengan banyak membaca maka kita akan banyak belajar tentang bahasa-bahasa yang baik pada buku bacaan. Kata-kata tersebut akan tersimpan dalam memori otak kita dan menjadi bahan saat kita berkomunikasi dengan orang lain.
2.    Perbanyak diskusi Bersama Orang Lain
Bukan hanya membaca saja tapi kita juga perlu untuk sering merdiskusi dengan orang lain agar pengetahuan yang kita baca semakin bertambah dan berkembang, dengan begitu kita akan menjadi semakin paham. Disamping itu dalam proses diskusi tadi terjadi interaksi percakapan, nah proses itulah saat yang baik untuk melatih kecerdasan berbahasa kita. Semakin kita terbiasa berdiskusi maka semakin baik keceradasan berbahasa kita. Maka saran dari saya perbanyaklah membaca dan berdiskusi dengan forum-forum diskusi yang ada.
3.    Berani Tampil Berbicara
Menurut saya berani tampil di depan banyak orang merupakan langkah terakhir yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kecerdasan berbahasa. Setelah membaca dan berdiskusi maka kita harus memberanikan diri untuk tampil berbicara di depan publik. Misalnya saat rapat, memberikan arahan pada orang lain atau menyampaikan sambutan di atas mimbar saat momen kegiatan-kegiatan besar. Memang saat pertama tampil berbicara di depan orang banyak kita akan gugup dan sedikit takut salah, namun dengan keberanian serta kebiasaan berbicara pada orang banya maka dengan sendirinya kita akan menjadi diri sendiri dalam kecerdasan berbahasa kita. Pentingnya saat menempuh pendidikan formal misalnya di perguruan tinggi, keterlibatan kita secara aktif pada organisasi mahasiswa sangat diperlukan sebab disitulah kita melatih semuanya termasuk mental kita.
Itulah beberapa cara untuk melatih kecerdasaan berbicara kita dalam usaha untuk mencapai kesuksesan. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan secara baik.

You Might Also Like: