Manfaat Daun Kenikir Ternyata Lebih Hebat Dari Kelezatannya

Sebelum membahas Manfaat Daun Kenikir Ternyata Lebih Hebat Dari Kelezatannya, daun obat keluarga merupakan Dedaunan yang Bisa dibudidayakan di halaman rumah dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional. Pemanfaatan Dedaunan untuk pengobatan herbal sudah dipraktekkan sejak jaman Mesir kuno sekitar 2500 tahun Sebelum Masehi. Selain itu daun Bisa membantu menghisap gas karbondioksida dan berbagai polusi di udara. Selain itu daun merupakan penghasil dari oksigen sehingga Bisa menghasilkan manfaat oksigen ke udara sehingga udara menjadi lebih Higienis.
Indonesia mempunyai 30.000 jenis daun dari total 40.000 jenis Dedaunan yang ada di muka bumi, dan 940 jenis diantaranya merupakan Dedaunan yang Bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional dalam kehidupan kita. Beberapa penelitian membuktikan bahwa obat (ramuan) tradisional yang di ramu dari Dedaunan obat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan Disharmoni menghasilkan Imbas samping. Terbukti banyak negara maju yang sudah memproduksi obat-obatan dari Dedaunan herbal.
daun kenikir asam urat,manfaat daun kenikir untuk ibu hamil,daun beluntas,kenikir cosmos caudatus kunth,klasifikasi kenikir,daun keningkir,
bila memperhatikan tumbuhan liar ini, tak ada yang mengira bila nyatanya flora ini Bisa diolah menjadi menu Camilan. Seringnya dipakai sebagai salah satu pelengkap aneka sayur pendukung menu pecel. Ya,..itulah daun Kenikir. Disharmoni cuma cita rasanya yang nikmat, namun ternyata manfaat daun Kenikir ampuh untuk menyehatkan tubuh. Mungkin tak setiap orang tahu Flora yang berasal dari Amerika Latin ini. mempunyai daun panjang berwarna hijau dan bunga kuning agak orange. Tumbuhan ini tergolong sebagai Flora liar, sebab sering ditemui menjadi Flora penghias pagar rumah.
Menyandang nama latin Cosmos caudatus Kunth, Flora Kenikir cukup populer di kalangan masyarakat Jawa sebagai salah satu sayur untuk pecel. Daun Kenikir mempunyai aroma khas yang agak wangi dengan citarasa agak getir di lidah. Dari hasil penelitian didapatkan fakta bila daun Kenikir mempunyai kandungan berbagai senyawa aktif antara lain flavonoid, saponin, minyak atsiri dan polifenol. Manfaat daun Kenikir di bidang kesehatan ini sejak dahulu telah digunakan untuk peningkat nafsu makan, mengobati masalah lambung, menguatkan tulang sekaligus juga pengenyah masalah serangga. Suatu riset tersendiri pun mendapati kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun Kenikir ini.
Senyawa aktif dengan kemampuan antioksidan ini Bisa merangsang proses apoptosis lewat mitokondria sel. Perangsangan terjadinya apoptosis merupakan suatu cara untuk menghambat munculnya indikasi karsinogenesis atau kanker. Kemampuan antioksidan yang dimilikinya dari hasil penelitian setara dengan 2400 mg vitamin C untuk tiap 100 gram daun Kenikir segar. Senyawa antioksidan ini terutama didominasi golongan proantosianidin.
Disharmoni sedikit peneliti yang mempercayai bila hasil penelitian ini sudah Bisa untuk menyimpulkan manfaat daun Kenikir menjadi bahan alami penangkal kanker. Kerja senyawa antioksidan dengan cara Publik Bisa untuk menghindarkan kemungkinan terjadinya kerusakan sel yang dipicu oksidasi radikal bebas bagus yang dihasilkan tubuh sendiri ataupun yang berasal dari lingkungan luar yang tercemar. Rusaknya sel yang dipicu radikal bebas akan mengakibatkan beberapa masalah pada tubuh diantaranya penyumbatan pembuluh darah arteri, parkinson dan alzheimer.
Komposisi bahan antioksidan dalam daun Kenikir setidaknya terdapat 4 jenis senyawa kuersetin yang memperlihatkan kemampuan antioksidan lebih kuat bila dibanding vitamin E. Untuk itulah manfaat daun Kenikir dalam menunjang kesehatan tubuh tak wajib diragukan lagi. Cara mengolah daun Kenikir ini relatif Cepet. Ambil daun Kenikir sesuai yang diperlukan, cuci Higienis dan kukus sebentar untuk menghilangkan bibit penyakit ataupun bahan kimia yang menempel di permukaan daun. Angkat dan daun Kenikir siap disiram dengan sambel pecel atau Bisa juga dibuat urap. Tambahkan sayuran lain sebagai pelengkap bila mau. Rasanya Hmm sudah pasti nikmat, terlebih bila sambel pecelnya pedas nendang.


EmoticonEmoticon