Ato Basahona Share

follow us

Lidah Mertua Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan, Benarkah ?

Tumbuhan obat keluarga merupakan Flora yang Bisa kembangkan di pekarangan rumah dan mempunyai kegunaan sebagai obat-obatan herbal tradisional. Penggunaan Flora untuk pengobatan herbal sudah dilakukan sejak jaman Mesir kuno sekitar 2500 tahun Sebelum Masehi. Selain itu tumbuhan Bisa membantu menyerap gas karbondioksida dan berbagai polusi di udara. Selain itu tumbuhan merupakan produsen dari oksigen sehingga Bisa menghasilkan manfaat oksigen ke udara sehingga udara Bisa lebih Higienis. Indonesia mempunyai 30.000 jenis tumbuhan dari total 40.000 jenis Flora yang ada di muka bumi, dan 940 jenis diantaranya merupakan Flora yang Bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional dalam kehidupan kita. Beberapa penelitian membuktikan bahwa obat (ramuan) tradisional yang di ramu dari Flora obat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan Disharmoni menghasilkan Imbas samping. Sudah banyak negara maju yang mulai memproduksi obat-obatan dari Flora herbal.
Lidah Mertua ternyata bermanfaat untuk kesehatan, benarkah ? Lebih tepatnya dikatakan Flora lidah mertua yang merupakan jenis Flora penghias rumah yang pada umumnya ditempatkan pada ruangan atau luar ruangan seperti pada teras rumah. Namanya memang terbilang unik sebab Bisa jadi kita salah mengartikannya.
Nama latin dari Flora lidah mertua yaitu sansevieria yang Bisa hidup dengan kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Tampak daunnya memang tumbuh menjulur seperti lidah yang mempunyai ragam warna seperti hijau tua kekuningan, hijau muda, hijau abu-abu dengan corak disetiap daunnya bervariasi dengan kombinasi warna. Warna daun Bisa bervariasi didapat dari hasil persilangan.
Lidah Mertua Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan, Benarkah ? Bukan hanya itu aja, sansevieria juga mempunyai peranan menjaga kebersihan udara disekitarnya.
Disamping mempunyai nilai Estetika bila ditempatkan pada dalam ruangan, teras halaman atau sebagai Flora pagar, sansevieria juga mempunyai peranan penting yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar serta Bisa digunakan sebagai tumbuhan obat. Benarkah demikian ?
Salah satu keistimewaan yang dimiliki Flora Bisa menyerap polusi udara disekitarnya, hal ini sudah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh NASA yang bekerjasama dengan ALCA. Selain itu, dampak bagus yang ditimbulkan dari dari Flora ini untuk lingkungan antara lain :
1)       Menyerap bahan beracun berbahaya yang beterbangan diudara seperti dari jenis trichloroethylene, benzene karbondioksida dan formaldehyde dan bahan berbahaya apa aja berupa senyawa beracun termasuk polusi udara yang ditimbulkan dari asap rokok
2)       Bisa mensterilkan aroma tak sedap bagus di dalam ruangan ataupun ditempatkan di dalam lemari pendingin (kulkas) dengan menempatkan daunnya di dalam kulkas
3)       mempunyai kemampuan untuk mereduksi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat elektronik seperti Handphone, komputer, televisi, radio dan perangkat elekronik lainnya.
Sekarang kita mengetahui betapa pentingnya Flora ini untuk ditanaman di rumah kita terutama ditempatkan dalam ruangan, inilah kenapa alasannya yang biasa kita lihat pada hotel berkelas sekalipun mempunyai Flora ini bukan hanya sebagai penghias ruangan aja, ternyata mempunyai manfaat untuk lingkungan sekitar.
Disamping itu, Flora lidah mertua ini juga Bisa bermanfaat untuk kesehatan antara lain :
1)    Menyuburkan rambut dengan mengambil 10 cm bagian daun setelah itu direbus dengan 6 gelas air rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin. Cara menggunakannya cukup membasuh rambut dengan air rebusan tadi, bilas dengan air Higienis bila sudah. Lakukan 3 hari 1 kali aja.
2)    Mengobati tenakan darah tinggi dan diabetes dengan mengambil 25 gram bagian daun setelah itu cuci Higienis dan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih menyisakan 1 gelas air aja. Selagi hangat minum ramuan ini 1 hari 2x (pagi dan sore) dengan dosis 1/2 gelas. bila tekanan darah tinggi dan kadar gula darah turun hentikan penggunaannya.
3)    Mengurangi rasa nyeri digigit ular dan kalajengking dengan menumbuk hingga halus bagian daun secukupnya setelah itu ditempel pada bagian yang tergigit.

You Might Also Like: