12 Manfaat Daun Sukun untuk Mengobati Asam Urat, Ginjal, Jantung, Liver hingga Sakit Gigi

Sebelum mengulas 12 Manfaat Daun Sukun untuk Mengobati Asam Urat, Ginjal, Jantung, Liver hingga Sakit Gigi, daun obat keluarga merupakan Dedaunan yang Bisa dibudidayakan di halaman rumah dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional. Pemanfaatan Dedaunan untuk pengobatan herbal sudah dilakukan sejak jaman Mesir kuno sekitar 2500 tahun Sebelum Masehi. Selain itu daun mampu membantu menyerap gas karbondioksida dan berbagai polusi di udara. Oleh sebab itu daun merupakan penghasil dari oksigen sehingga mampu membagikan manfaat oksigen ke udara sehingga udara Bisa lebih Higienis.

Indonesia mempunyai 30.000 jenis daun dari total 40.000 jenis Dedaunan yang ada di dunia, dan 940 jenis diantaranya merupakan Dedaunan yang Bisa digunakan untuk obat-obatan tradisional dalam kehidupan kita. Beberapa penelitian menghasilkan bahwa obat (ramuan) tradisional yang di ramu dari Dedaunan obat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan Disharmoni menyebabkan Imbas samping. Terbukti banyak negara maju yang sudah memproduksi obat-obatan dari Dedaunan herbal.
Manfaat Daun Suku -Flora sukun selama ini yang banyak dimanfaatkan merupakan bagian buahnya. Biasanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi aneka Camilan ringan, gorengan, kue dan lain sebagainya. sebab memang, buah sukun mempunyai rasa dan tekstur yang khas mirip seperti ubi.
Belum banyak orang yang mengetahui bahwa daun sukun mempunyai banyak khasiat untuk keseharan. Bahkan manfaat daun sukun Disharmoni tanggung-tanggung, Bisa mengobati berbagai penyakit kronis seperti ginjal atau diabetes.
Disharmoni hanya itu, manfaat daun sukun yang Disharmoni Bisa dipandang sebelah mata selanjutnya seperti untuk mengobati asam urat, penyakit ginjal hingga sakit gigi. Wah sangat dahsyat sekali bukan. Flora dengan nama Latin Artocarpus altilis (keluarga Moraceae) ini bentuknya mirip dengan durian durian dan buah nangka, kalau bagian dalamnya mirip dengan ubi.
Kandungan Daun Sukun
Manfaat daun sukun Disharmoni terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya, beberapa senyawa yang terdapat di dalam sukun yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit kronis diantarnaya seperti polifenol, asam hidrosionat, tannin, quercetin dan artoindosionin. Senyawa ortoindonesionin dan quercetin merupakan kelompok senyawa turunan flovonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat-obatan.
Pantas aja ada banyak manfaat daun suku untuk kesehatan, kandungan senyawa kimia di dalamnya Bisa dibileh cukup kompleks. Nah, berikut ini beberapa penyakit yang Bisa diobati dengan mengolah daun sukun:
1. Daun Sukun Obat Penyakit Ginjal
Manfaat daun sukun yang pertama merupakan untuk mengobati penyakit ginjal. Daun suku mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol ini sangat. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat tercerai-berai. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine.
Meski belum terbukti dengan cara ilmiah, penggunaan daun sukun untuk penderita penyakit ginjal menunjukkan indikator perbaikan kondisi. Perbaikan kondisi tersebut berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Bahkan, kandungan protein dalam urine pada beberapa orang testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai yang negatif.
Caranya minum rebusan daun dengan cara teratur. Jangan lupa untuk memilih daun terbaik yaitu segar, Disharmoni berlubang, Higienis dari kotoran.
2. Mengobati Asam Urat
Manfaat daun sukun yang berikutnya merupakan untuk mengobati asam urat. Caranya yaitu dengan mencampur segenggaman daun sukun yang telah dikeringkan dan menyeduhnya dengan air mendidih ditambah dengan gula batu atau madu untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan dari getah daun sukun.
Selain daunnya, buah sukun juga mempunyai manfaat untuk kesehatan khususnya untuk diet kalori. sebab, pada buah sukun mengandung kalori rendah dibandingkan dengan beras. “akan tetapi kandungan vitaminnya juga lengkap, jadi makan sukun sama aja makan-Camilan bervitamin,” Perkataan Ning.
3. Mengobati Sakit Jantung
Khasiat daun sukun yang berikutnya merupakan untuk mengobati sakit jantung. Hal ini berdasarkan Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan Ahli peneliti lainnya, ternyata diketahui bahwa ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Menurut DR. Tjandrawati M. Ozef dari Forum Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, uji khasiat bagus dengan cara in vitro ( memakai media) ataupun in vivo (melibatkan sel hidup) terhadap ekstrak Flora tersebut telah menunjukkan hasil sangat bagus.
Caranya: rebus bersama lima gelas air mendidih hingga airnya tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas. Manfaat Air rebusan daun sukun ini hanya bertahan satu hari jadi wajib dihabiskan hari itu juga dengan Perkataan lain Disharmoni Bisa disimpan untuk besok.
4. Menurunkan Kadar Kolesterol
Anda mempunyai kadar kolsterol yang tinggi? Daun sukun Bisa anda olah untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan mengkonsmsi teh daun sukun. Pada bagian akhir akan dijabarkan cara membuatnya.
5. Mencegah Inflamasi dan Peradangan
Daun sukun juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan inflamasi. Caranya yaitu siapkan 1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci daun sukun tersebut hingga Higienis, setelah itu rebus daun sukun dengan memakai 5 gelas air. Setelah air mendidih dan juga air rebusan trersebut tersisa menjadi separuhnya, setelah itu tambahkan kembali air, saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung, minum lah dengan rutin.
6. Menurunkan Kadar Gula Darah
Daun sukun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiat daun sukun ini untuk kesehatan. Caranya yaitu: siaplan 3 lembar daun berwarna hijau tua, usahakan yang masih menempel di dahan pohon. Bersihkan di air mengalir, rajang setelah itu jemur hingga kering. Siapkan juga wadah lalu isi air Higienis dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi bila Disharmoni ada Bisa memakai panci stainless steel. Rebus daun sukun kering tadi dalam wadah yang sudah disiapkan.
Tunggu hingga airnya tinggal separuh. Selanjutnya tambahkan air Higienis satu liter dan rebus lagi hingga separuh. Dinginkan, minum dengan cara teratur setiap hari untuk mengobati diabetes serta menurunkan kadar kolesterol darah.
7. Mengobati Penyakit Liver
Duan sukun juga bermanfaat untuk mengobati penyakit liver. Liver atau hati mempunyai peran yang sangat vital untuk menetralkan racun dalam tubuh. Nah, bila hati kita bermasalah maka racun Disharmoni Bisa dinetralkanmaka racun tersebut akan masuk dan menyebar keseluruh tubuh tanpa dinetralkan.Carnaya yaitu: Daun sukun kering yang sudah direbus dan dijadikan dalam bentuk teh Bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan hati.
8. Mengobati Alergi
Anda menjalani alergi seperti gatal-gatal di tangan, kaki, atau wajah? Pada dasarnya, alergi dikarenakan sebab tubuh Disharmoni Bisa membentuk hormon dan enzim yang membuat sistem anti alergen untuk tubuh. Akibatnya maka tubuh menjalani beberapa kegagalan sistem dalam membuat kekebalan pada zat Eksklusif.
Mengkonsumsi daun sukun kering sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah alergi. Saat terapi sebaiknya juga menghindari berbagai pemicu alergi dan mulai mensimulasi tubuh saat sudah menemui Imbas dari pemakaian daun kering.
9. Mengobati Penyakit Pembesaran Limpa
Daun sukun juga Bisa kita manfaatkan untuk mengobati penyakit pembengkakan limpa. Pembengkakan limpa sendiri dikarenakan oleh tubuh terlalu banyak menampung racun. Enzim dan hormon dalam tubuh menjalani kerusakan dan berbagai macam Camilan yang buruk membuat limpa Disharmoni Bisa berfungsi dengan bagus.
Manfaat daun sukun kering mempunyai fungsi sebagai anti racun dan untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Daun sukun kering yang sudah dibuat menjadi teh akan efektif dalam menyembuhkan penyakit ini.
10. Mengobati Sakit Gigi
Daun sukun juga Bisa kita manfaatkan untuk mengobati sakit gigi yang kita alami. Sakit gigi sendiri Bisa dikarenakan oleh bakteri dan kuman yang menumpuk pada lubang gigi. Manfaatkan daun sukun kering sebagai anti racun. Racun tersebut Bisa membunuh semua kuman dan bakteri pada lubang gigi. Berkumur dengan teh dari rebusan daun sukun kering akan membuat Imbas menenangkan untuk rasa sakit dan membuat sakit gigi Disharmoni sering kambuh.
11. Anti Pendarahan
Sukun juga berkhasiat untuk mengatasi penderahan. Kasus yang paling sering terjadi merupakan untuk mengobati pendarahan pada ibu yang baru aja melahirkan. Hal ini dikarenakan sebab senyawa kimia dalam manfaat daun sukun kering Bisa melancarkan sistem pembuluh darah dan menghentikan darah encer sehingga Bisa menghentikan pendarahan. Minum tiga kali sehari untuk ibu yang menjalani pendarahan akan menghentikan pendarahan dan membuat kesehatan Cepet pulih.
12. Menangkal Pembentukan Sel Kanker
Manfaat daun sukun yang terakhir merupakan untuk mencegah penyakit kanker. Daun sukun Bisa  menurunkan resiko kanker dan menyembuhkan kanker maka rebusan daun sukun kering Bisa menjadi pengganti kemoterapi. Manfaat Antioksidan pada daun sukun kering sangat tinggi dan Bisa mengatasi masalah kanker.
Cara Pengolahan Daun Suku Menjadi Teh
Berikut ini cara pengolahan daun sukun untuk dijadikan sebagai teh:
Waktu penyajian: 15 menit
Total waktu:30 menit
Resep untuk : 1 porsi
Bahan-bahan
2 lembar daun sukun
3 liter air Higienis
Gula atau madu
Cara mengolahnya :
1)    Ambil daun yang berwarna kungin langsung dari pohonnya, potong-potong lalu jemur hingga kering.
2)    Rebus dengan 2 liter air hingga tersisa setengahnya aja (tersisa 1 liter air), matikan api.
3)    Setelah didiamkan beberapa saat, tambahkan lagi 1 liter air hingga air rebusan daun sukun kembali menjadi 2 liter.
4)    Rebus beberapa waktu hingga mendidih. Matikan api dan tunggu hingga hangat.
5)    Air teh daun sukun yang dihasilkan berwarna kemerahan, rasanya sedikit pahit dan cenderung Disharmoni berbau.
6)    Cara meminumnya Bisa ditambahkan madu atau gula secukupnya sebagai perasa.
7)    bila ingin menyimpannya, simpan di botol kaca atau plastik setelah itu masukkan ke lemari pendingin.
Catatan :
Teh daun sukun berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, menyembuhkan penyakit kardiovaskular, bersifat anti-inflamasi sehingga bermanfaat mencegah penyakit peradangan.
Bagaimana? Ternyata sangat luar biasa sekali bukan? Sangat disayangkan sekali kalau daun sukun yang mempunyai segudang khasiat ini wajib rontok begitu aja tanpa kita manfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit kronis seperti di atas.


EmoticonEmoticon