Aliran Filsafat Hukum Hans Kelsen

Aliran Filsafat Hukum Hans Kelsen - Aliran ini telah membatasi sedikit tentang pembahasan apa yang disebut dengan ; “Reine Rechtslehre” atau diistilahkan ajaran murni tentang hukum dan filsafat hukum analitik. Sebab, aliran ini mengurai pemikiran tokoh Kelsen menyangkut paradigma filsafat hukumnya tentang moral, politik, negara dan hukum. Oleh Kelsan, sudut pandang ini telah direduksi pada sifat normatif filsafat hukum positivisme.

Aliran Filsafat Hukum Hans Kelsen
Dimana, dari sudut pandang atau perspektif terang Kelsen, maka tata hukum harus dilihat sebagai suatu sistem kaidah – kaidah yang tersusun secara hierakikal yang berlandaskan Grundnorm. Grundnorm ini ialah, harus dipahami dari suatu pandangan Hipotetikal, artinya bahwa jika kita mengerti dan hendak memaparkan suatu tata hukum sebagai normatif, maka kita harus memandangnya sebagai suatu Stufenbau, walaupun Kelsen telah menerapkan pemikiran yang berlandaskan Grundnorm.
Dalam hal ini, diketahui Kelsen sendiri adalah penganut Kantian. Seperti pendirian moral dan politik, kata Kelsen : memiliki sifat subjektif pribadi. Maka kebenaran mereka tidak dapat ditetapkan secara ilmiah atau kefilsafatan. Dengan begitu pula, perkembangan ilmu hukum pun tidak harus membiarkan pribadi sendiri untuk ikut menentukan. Ini pandangan Hans Kelsen tentang negara.  Sehingga negara pun menurut konsep Kelsen tidak lain ketimbang tata hukum yang dipersonifikasikan.
Mengapa demikian ? karena Kelsen berfikir dan mencontohkan bahwa sikap tersebut mengumpamakan setiap orang adalah suatu keseluruhan. Mengkaji ala pemikiran yang di jelaskan Hans Kelsen, tentu saja yang dimaksudnya pada pandangan filsafat aliran pemikiran itu meniti kandungan dalam hal tertentu. Artinya, dari negara dan hukum selalu diidentikkan. Sehingga dengan penjelasan yang dimaksud, bahwa negara menjadi identik dengan konstruksi normatif, dimana ialah suatu sistem aturan dan kewenangan. Itulah penafsiran terkait aliran filsafat hukum Hans Kelsen
Oleh : Tri Saleh
Baca juga Tri Saleh :


EmoticonEmoticon