Pengertian Perencanaan serta Macam-Macam Perencanaan

Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan-tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu.
Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.
Perencanaan atau rencana (plan) itu merupakan inti dari kegiatan manajemen, dan perencanaan memiliki banyak macam yaitu :
a)    Pembuat keputusan adalah raja/penguasa/otorita (yang dibantu oleh para ahli/perencana).
b)    Tingkat komprehensifitas relatif kurang.
c)    Hasil akhir berupa rancangan/desain fisik.
d)    Model ini aslinya dari bidang arsitektur (berangkat dari arsitektur) karena biasanya Master Planning dilakukan oleh para arsitek dalam merancang/mendesain kompleks bangunan atau kawasan.
e)    Diterapkan pada area (kawasan) yang mempunyai otorita tunggal (berhak untuk merancang/merubah rancangan semua bangunan di area tersebut).
f)     Otorita tersebut sebagai penentu kebijakan rancangan, dibantu para perencana/perancang (yang biasanya terdiri dari para arsitek dan ahli perancangan fisik).
g)    Proses umumnya dimulai dari analisis (problem seeking), pemrograman (programming),  perancangan fisik (designing).
Itulah pengertian perencanaan serta macam-macam pembagiannya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Pengertian Perencanaan serta Macam-Macam Perencanaan "

Post a Comment