Metode Fungsi Produksi

Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.
Assauri (1993:30) memberikan definisi atau pengertian fungsi produksi adalah sebagai pertanggungjawaban dalam pengolahan dan pentransformasian masukan (inputs) menjadi keluaran (outputs) berupa barang atau jasa yang akan dapat memberikan hasil pendapatan bagi perusahaan.
Jenis-Jenis Produksi
Penentuan tipe produksi didasarkan pada faktor-faktor seperti: (1) volume atau jumlah produk yang akan dihasilkan, (2) kualitas produk yang diisyaratkan, (3) peralatan yang tersedia untuk melaksanakan proses
1)    Produksi Terus-Menerus (Continious)
Proses produksi terus-menerus adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses.
2)    Produksi partaian
Produksi partaian,(bahasa Inggris: batch), adalah proses produksi yang tidak berlangsung secara kontinu atau sering juga disebut produksi terputus-putus.
3)    Produksi Campuran
Produksi campuran adalah proses produksi yang merupakan campuran/penggabungan dari proses produksi yang terus menerus dan proses produksi partaian atau terputus-putus.
Metode Biaya Perjalanan
Biaya perjalanan adalah biaya yang dikeluarkan untuk tujuan tertentu. Misalnya perjalanan menuju tempat wisata.
Tahapan Metode Biaya Perjalanan :
1.    Melaksanakan Survey
2.    Mengolah Data
3.    Menghitung Nilai
Kelemahan Metode biaya perjalanan
1.    Sulit untuk mengestimasi dengan valid biaya perjalanan yang dipakai
2.    Teori ekonomi gagal untuk menjelaskan hubungan antara jumlah kunjungan dan biaya perjalanan

0 Response to "Metode Fungsi Produksi"

Post a Comment