Bentuk Nyata Kerusakan Alam Akibat Tindakan Manusia

Alam memberikan kita semua kebutuhan manusia dalam melangsungkan kehidupan sehari-hari. Kadang kita belum menyadari betapa pentingnya alam ini sebab berbicara tentang alam maka meliputi manusia, hewan dan tumbuhan dalam sebuah ekosistem.
Kerusakan alam secara umum dibagi dalam 2 kategori yaitu kerusakan yang terjadi secara alami dan kerusakan yang terjadi secara buatan atau campur tangan manusia. Nah, pada postingan kali ini lebih difokuskan pada kerusakan alam akibat tindakan manusia.
Apa itu kerusakan alam ? Kerusakan alam yaitu berubahnya keadaan alam dari sebelumnya baik menjadi kurang baik atau menurunnya kualitas alam dalam menopang kebutuhan hidup manusia.
Macam-Macam Kerusakan Alam Akibta Tindakan Manusia
1.    Buang sampah bukan pada tempatnya
Membuang sampah sembarangan sudah menjadi pemandangan yang tidak asing lagi selama ini. Banyak orang yang belum menyadari akan dampak dari hal tersebut. Misalnya yang sering terjadi, mambuang sampah di jalanan dan disungai. Semua sampah yang bertebaran di jalan akan terbawa oleh aliran air menuju saluran (got).
Akibat sampah-sampah yang masuk kedalam saluran menyebabkan aliran air menjadi lambat bahkan dengan intensitas curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan air meluap ke luar saluran, akhirnya bencana banjir pun terjadi. Hal ini juga berlaku sama jika membuang sampa di sungai.
2.    Penebangan liar (Illegal Logging)
Sangat disayangkan hingga saat ini masih saja terjadi penebangan liar di dalam kawasan hutan. Apalagi kegiatan penebangan liar tersebut dilakukan pada kawasan hutan lindung yang berfungsi sebagai pengatur tata air untuk kebutuhan hidup manusia.
Jika kerusakan hutan terus terjadi maka bergama bencana akan terjadi misalnya banjir, tanah longsor dan terjadi ledakan hama pada lahan pertanian masyarakat. Hal ini terjadi karena binatang-binatang yang pada dasarnya memperoleh makanan di hutan telah kekurangan makanannya akibat dari kerusakan hutan yang disebabkan oleh manusia. Maka binatang-binatang tersebut turun ke lahan pertanian sehingga meningkatnya hama pada tanaman warga.
3.    Merusak Terumbu Karang
Cukup banyak warga negara Indonesia yang menjalani profesi sebagai nelayan. Namun, terdapat sebagian yang masih sering memakai bahan peledak untuk mendapatkan ikan. Tindakan ini menyebabkan rusaknya lingkungan dibawah laut terutama terumbu karang yang banyak sekali memiliki manfaat dan fungsi. Misalnya sebagai tempat hidup biota laut dan keindahan alam bawah laut.
Masih banyak lagi sebenarnya kerusakan-kerusakan alam yang terjadi akibat ulah manusia. Namun, disini saya hanya menulis sebagian yang sering terjadi. Semoga kita sebagai manusia menyadari akan hal ini dan menjadikan alam lebih baik.


EmoticonEmoticon