9 Ciri-Ciri Burung yang Terbilang Paling Unik

9 Ciri-Ciri Burung yang Terbilang Paling Unik - Burung termasuk hewan yang sangat unik tapi tidak semua orang mentegahui akan hal itu. Nah pada postingan ini saya akan share tentang ciri-ciri burung yang mungkin sering kita lihat namun tidak menyadari jika hal itu sangat unik. 

1.    Burung merpati makan kerikil
Mungkin anda perna melihat burung merpati yang memakan kerikil saat sedang berada di permukaan tanah. Tahuka anda, sifat burung merpati yang unik ini karena dengan memakan kerikil dapat membantu pencernaannya. Hal ini karena burung merpati yang tak memiliki gigi sedangkan makanan-makanan yang dimakan cukup keras oleh sebab itu burung ini memakan kerikil untuk membantu menggiling biji-bijian yang ada di dalam temboloknya agar hancur.
2.    Mengapa burung dapat terbang ?
Kita semua mengetahui kalau burung dapat terbang tapi tahukah anda mengapa burung bisa terbang ? Burung adalah satu-satunya berbulu yang memiliki sepasang sayap dan sayap itulah yang dijadikan untuk terbang. Proses burung terbang yaitu dengan cara mengepakkan kedua sayapnya untuk membuat aliran udara supaya dapat melewati sayapnya dengan lebih baik hingga tubuh mereka terangkat dan terbang.
3.    Burung yang Paling Tinggi
Ada manusia tertinggi, bukan hanya manusia yang tinggi tapi burung juga ada yang paling tinggi yaitu burung Unta. Burung unta adalah burung yang paling tinggi hingga mencapai 2.5 meter. Oleh karena itu di daerah Arab dan Afrika Utara pada jaman dahulu sering gunakan burung ini sebagai kendaraan tunggangan dan juga dipakai dalam perlombaan lari cepat burung unta. 

Namun, burung unta tidak dapat terbang hanya saja tendangan kakinya sangat kuat dan cepat dalam berlari. Burung ini dapat berlari hingga 70 km/jam, mengalahkan singa dan hyena.
4.    Burung Terkecil di Dunia
Jika di atas adalah burung tertinggi maka kali ini kita melihat burung terkcil di dunia. Tahukah anda burung apa yang paling kecil di dunia ? Burung terkecil di dunia yaitu burung Kolibri madu Kuba. Panjang tubuh burung ini hanya 6 cm.
5.    Burung yang Terbang Paling Tinggi
Burung apakah yang terbang sangat tinggi ? Burung pemakan bangkai pernah tercatat sebagai burung yang terbang lebih dari 11.000 meter, hal ini sama dengan ketinggian pesawat jet saat terbang.
6.    Burung Tercepat di Dunia
Wah ternyata ada juga burung tercepat di dunia hehe. Burung tercepat di dunia adalah Peregrine falcon . Burung ini dapat menukik dengan kecepatan mencapai 350 km/jam.
7.    Burung Hantu Mencari Makan di Malam Hari
Tahukah anda mengapa burung hantu mencari makan di malam hari ? karena mata burung hantu sangat peka terhadap cahaya. Hal itu menyebabkan penglihatannya di siang hari kurang maksimal atau kurang jelas dan pada malam hari hewan ini melihat dengan jelas. Nah, berbeda dengan manusia yang tidak dapat melihat saat gelap.
8.    Burung yang Tidur di Udara
Tenyata burung layang dapat bertahan di udara hingga empat tahun lamanya, wooww dan uniknya lagi burung ini dapat tidur di udara dengan cara bersandar pada sayapnya.
9.    Burung yang Terbang di Dalam Air
Burung yang dapat terbang di dalam air yaitu Pinguin. Dia melayang di dalam air karena habitatnya berada di daerah dingin. Akan tetapi hewan ini tidak dapat terbang di udara.

Itulah  9 Ciri-Ciri Burung yang Terbilang Paling Unik dan perlu kita ketahui sebagai tambahan pengetahuan yang unik pula.
Referensi :
Fafaela, N. 2013. Buku Pintar Pengetahuan Paling Unik Sedunia Untuk Anak Cerdas. Kanisius. Yogyakarta.


EmoticonEmoticon