Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Peta Topografi, Kontur Serta Karakteristik dan Contoh Gambar

Peta topografi dan peta kontur sekilas terlihat sama karena keduanya memiliki informasi ketinggian tempat permukaan bumi, namun kedua peta tersebut memiliki perbedaan pengertian.

Peta topografi adalah peta yang memetakan tempat-tempat dipermukaan bumi dengan menunjukkan bentuk dan ketinggian permukaan melalui garis ‐ garis ketinggian sedangkan Peta kontur adalah peta yang menggambarkan ketinggian tempat dengan menggunakan garis kontur.

Kesimpulan perbedaannya yaitu peta topografi mengambarkan bentuk permukaan lebih luas sedangkan peta kontur hanya menggambar khusus ketinggian tempat menggunkan garis kontur.

Contoh peta topografi

peta topografi

Contoh peta kontur

peta kontur
Setelah mengetahui pengertian peta topografi dan peta kontur, perlu juga diketahui itu apa pengertian garis kontur ? garis kontur adalah garis yang menghubungkan titik ketinggian yang sama pada suatu daerah atau tempat.

Karakteristik garis kontur :

a) Setiap titik pada garis kontur mempunyai ketinggian yang sama.

b) Garis‐ garis kontur tidak mungkin berpotongan satu dengan yang lain atau diluar peta.

c) Setiap garis kontur yang ber‐ spasi seragam (uniformly spaced contour) menunjukkan suatu ketinggian yang pada umumnya sama.

d) Garis ‐ garis kontur yang rapat menunjukkan suatu lereng curam.

e) Garis ‐ garis kontur yang renggang menunjukkan suatu lereng landai.

Pada peta topografi yang standard, disamping titik ketinggian hasil pengukuran topografi, umumnya dicantumkan tanda ‐ tanda menunjukkan sifat fisik permukaan, misalnya sifat sungai, garis pantai dan juga obyek hasil aktifitas manusia.

Jadi saat anda melihat peta topografi atau peta kontur maka garis kontur yang terlihat berdekatan menunjukan ketinggian daerah yang curam sedangkan garis kontur yang berjauhan menunjukan daerah yang lain. Hal itu akan mudah diketahui jika menampilkan angka ketinggian di peta saat anda membuat/menggambar peta. Pengetahuan dan pembuatan peta lebih lengkap dapat anda lihat pada tutorial arcgis di blog ini.

Lihat juga :

Pengertian dan Penjelasan tentang Isi Peta

Pengertian Informasi Tepi Pada Peta

Pengertian Georeferensi dan Cara Georeferensi Peta

Cara Mudah Membuat Peta Desa Dengan Google Earth dan ArcGIS

Cara Download Peta Indonesia di Badan Informasi Geospasial (BIG)

Posting Komentar untuk "Pengertian Peta Topografi, Kontur Serta Karakteristik dan Contoh Gambar"