Pengertian Fungsi Excel Serta Contoh Penerapannya

Dalam mempelajari dasar-dasar microsoft excel 2010, pengertian, penggunaan dan contoh-contoh penerapan fungsi juga termasuk hal yang harus dipahami sebagai pelengkap dalam memahami excel.
Pengertian Fungsi
Pengertian fungsi dalam excel merupakan formula yang siap digunakan untuk menyederhanakan perhitungan yang banyak dan rumit saat mengolah data di microsoft excel. Jika terjadi kesalahan dalam menulis fungsi maka anda akan memperoleh hasil perhitungan yang salah atau error misalnya dalam penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan lain-lain. Fungsi dalam excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=) jika terletak di depan formula excel.
Misalnya saat anda mengitung penjumlah angka 100+240 maka rumus fungsi yang digunakan yaitu =100+240 pada tabel (sel) excel lalu tekan enter maka akan menjadi 340 sebagai hasil penjumlahan.
Contoh Penerapannya
Penggunaan fungsi dapat kita tuliskan langsung pada sel yang dipilih atau kita juga dapat menulis fungsi dalam formula bar. Misalnya kita akan menghitung akar dari 6500 pada sel B2, kita akan menghitung langsung di sel excel dan menghitung melalui formula bar dengan memakai rumus akar pada excel yaitu SQRT yang hasilnya adalah 80,622. Perhatikan gambar berikut :
Menuliskan langsung pada sel :

Menulis melalui formulas :

Macam-Macam Fungsi Excel :
Fungsi COUNTA
Fungsi COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah sel berisi data. Misalnya sel yang berisi angka 1 disertakan dalam perhitungan sedangkan sel yang berisi angka 2 tidak.
Fungsi HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mengetahui data yang ada pada suatu baris yang dicari secara horizontal pada sebuah tabel berdasarkan kata kunci pencarian yang dimasukan.
Fungsi IF
Fungsi IF merupakan fungsi yang akan menghasilkan nilai logika benar (TRUE) atau salah (FALSE) berdasarkan kriteria yang diisyaratkan. Fungsi IF merupakan fungsi logika yang paling sering digunakan.
Fungsi MAX dan MIN
Fungsi MAX digunakan untuk mengetahui suatu data angka terbesar dan Fungsi MIN digunakan untuk mengetahui data angka terkecil.
Fungsi OFFSET
Fungsi OFFSET digunakan untuk menyalin data yang terdapat dalam suatu range dan meletakan hasilnya sekian baris atau sekian kolom yang anda jaraknya dari range asal.

0 Response to "Pengertian Fungsi Excel Serta Contoh Penerapannya "

Post a Comment