Mengatasi File Excel Tidak Sesuai Ukuran Kertas Saat Ngeprint

Pernah suatu saat saya mencetak file excel yang diberikan oleh teman, namun entah kenapa saat mencetak file tersebut tidak sesuai dengan ukuran kertas alis tidak proporsional. Misalnya tabel excel yang tercetak bergeser ke kanan, kiri atau terpotong sebagian. Bingung juga dengan masalah tersebut karena ukuran kertas sudah disesuaikan yaitu ukuran A4 atau F4 yang merupakan ukuran umum digunakan.
Mungkin banya cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah saat mencetak file excel misalnya yang pernah saya share sebelumnya yaitu cara cetak file microsoftexcel agar tidak terpotong. Namun tips mengatasi file excel tidak sesuai ukuran kertas saat ngeprint yang saya share ini merupakan cara yang sering saya gunakan saat mengalami masalah tersebut.
Mengatasi mengatasi file excel tidak sesuai ukuran kertas saat ngeprint dengan menu printa area pada microsoft excel karena cara ini bagi saya cukup mudah :
1.    Siapkan file excel yang akan dicetak
2.    Blok area yang akan dicetak
3.    Pilih Set Print Area pada menu di atas
Mengatasi File Excel Tidak Sesuai Ukuran Kertas Saat Ngeprint
4.    Mulai mencetak file
Penting :
Sebelum memulai cara di atas terlebih dahulu memperhatikan ukuran kertas file excel tersebut apakah sudah sesuai dengan ukuran kertas di yang terdapat di mesin printer (cetak) atau belum. Misalnya kertas di mesin printer berukuran A4 maka ukuran kertas file excel juga harus di setting A4 agar cara mengatasi file excel tidak sesuai ukuran kertas saat ngeprint dapat berhasil.


EmoticonEmoticon