Memasang Auto Refresh di Blog Adsense, Aman atau Tidak ?

Memasang script auto refresh bermanfaat untuk meningkatkan page view blog anda karena laman blog anda akan melakukan reload dengan sendirinya berdasarkan waktu yang kita tentukan.
Namun perlu diperhatikan juga saat mengatur waktu reload pada script auto refresh agar jangan terlalu cepat karena dapat mengganggu kenyaman pengunjung blog. Apalagi blog anda yang bertopik ilmu pengetahuan, dapat mengganggu saat pengunjung blog sedang membaca artikel kita.
Amankah memasang auto refresh di blog/web adsense ?
Dari berbagai informasi yang saya dapat melalui beberapa blog dan grup adsense, ada yang mengatakan aman dan ada juga yang tidak aman alias adsense anda akan dibanned.
Pendapat saya pribadi adalah jangan memasang script auto refresh di blog adsense karena itu termasuk melanggar kebijakan google adsense. Awalnya saya juga mau mencobanya namun setelah mencari-cari informasi, akhirnya ketemulah penjelasan google adsense tentang auto refresh. 

Sumber : https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id&ref_topic=1307438#Auto-refreshing_ads
Tapi hal di atas akan aman bagi blog yang tidak atau belum memasang iklan adsense guna meningkatkan page view blog, misalnya blog yang baru anda buat. Untuk CPC yang lain selain google adsense saya sendiri belum mengetahui apakah aman atau tidak.
Cara Memasang Auto Refresh di Blog
1.    Masuk ke dashboard blog
2.    Ke template, Edit HTML
3.    Cari kode <head>
4.    Pasang script auto refresh berikut <meta content='800' http-equiv='refresh'/> di bawah <head>
5.    Simpan perubahan
Perhatian :
Angka 800 pada script di atas adalah interval waktu reload blog anda selama 800 detik. Silahkan dirubah sesuai keinginan anda, saran saya jangan terlalu cepat ya karena dapat mengganggu kenyamanan pengunjung.
Semua pilihan berada di tangan anda, apakah memasang auto refresh di blog atau tidak, terima kasih.

2 Responses to "Memasang Auto Refresh di Blog Adsense, Aman atau Tidak ?"