Contoh Format Makalah Seminar I, Magang dan Skripsi Mahasiswa

Makalah Seminar-I merupakan karya ilmiah dalam bentuk tulisan yang didasarkan pada Kajian Pustaka, Observasi Lapangan dan atau Laboratorium, bertujuan melatih mahasiswa untuk dapat membahas serta mengkaji hasilnya dengan merujuk pada berbagai pustaka ilmiah maupun narasumber formal yang berkaitan dengan topik bahasan yang dipilih.  Sumber Kajian Pustaka ilmiah, antara lain Skripsi, Tesis, Disertasi, Buku teks, Jurnal, Prosiding, Modul, dan lain-lain.  


Format makalah Seminar-I adalah sebagai berikut: Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Ringkasan/Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran, Pendahuluan, Bab-bab Bahasan, Penutup atau Kesimpulan, Daftar Pustaka dan Lampiran.
Magang/Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Magang/PKL, bertujuan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan disiplin ilmunya, serta mampu melihat permasalahan terkait keilmuanya pada lokasi Magang/PKL, serta upaya pemecahannya. Laporan Magang, merupakan karya ilmiah dalam bentuk laporan yang didasarkan pada suatu kegiatan magang mahasiswa pada suatu institusi formal yang berkegiatan dalam bidang keilmuannya, baik pemerintah maupun swasta. Sedangkan Laporan Praktek Kerja Lapangan, merupakan karya ilmiah dalam bentuk laporan yang didasarkan pada suatu kegiatan Praktek kerja lapangan .
Format Laporan Magang/ PKL adalah sebagai berikut: Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Ringkasan/Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Praktek Kerja Lapang/Magang, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka serta Lampiran.
Skripsi
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah dalam bentuk laporan yang didasarkan pada suatu kegiatan penelitian yang dirancang dan dilaksanakan oleh mahasiswa di lapangan dan atau laboratorium. Pembuatan Skripsi bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan metode ilmiah lewat penelitian dalam bidang ilmu masing-masing.
Sebelum mengadakan penelitian, mahasiswa menyusun Rencana Kerja Penelitian terlebih dahulu dibawah arahan dosen sebagai pembimbing. Rencana Kerja Penelitian ini berisi gambaran dan panduan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan selama Penelitian Skripsi.   
Format Makalah Rencana Kerja Penelitian adalah sebagai berikut:  Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Bahan dan Alat, Teknik Pengumpulan data, Teknik Analisis data, Prakiraan Biaya penelitian, Rencana Daftar isi Skripsi, Daftar Pustaka, dan Lampiran.
Format Laporan Hasil Penelitian/Skripsi adalah sebagai berikut: Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Pernyataan Orisinalitas, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Bahan dan Alat, Teknik Pengumpulan data, Teknik Analisis data, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka serta Lampiran.


EmoticonEmoticon