Cara Mengubah Ukuran, Posisi dan Tipe Grafik di Excel

Pada waktu yang lalu saya telah membahas tentang cara membuat grafik di excel maka sekarang kita masuk pada pembahasan berikutnya yaitu cara mengubah ukuran, posisi dan tipe grafik di excel sebab kadang grafik yang telah kita buat ukuran dan letak posisinya di lembar excel belum sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya saat kita menginginkan posisi grafik berada di tengah tapi sewaktu dibuat letak grafiknya berada disebelah kanan atau kiri file excel. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita dapat mengatur ukuran serta posisi grafik dengan cara :
Mengubah Ukuran Grafik
1.    Klik pada grafik kemudian tentukan ukuran tinggi dan lebar sesuai ukuran yang anda kehendaki.
2.    Untuk mengubah ukuran grafik secara langsung, klik tahan dan geser pada bagian yang akan anda tentukan. Misalnya bagian atas, bawah, kiri atau kanan. Namun cara ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang sudah mahir di excel tapi tidak ada salahnya juga bagi pemula agar terbiasa.
Mengubah Posisi Grafik
Untuk mengubah posisi letak grafik, klik tahan dan arahkan kursor mouse anda pada posisi yang diinginkan. Sebaiknya sebelum mengubah posisi grafik pastikan dulu ukuran grafiknya agar nanti secara estetika (keindahan) lebih nyaman dilihat.
Mengubah Tipe Grafik
Anda juga dapat mengubah tipe grafik jika grafik yang telah jadi belum sesuai dengan selera anda.
1.    Seleksi grafik
2.    Pilih Insert dan Charts
Pada sub menu charts terdapat banyak pilihan tipe grafik seperti Column, line, Pie, Bar, Scatter dan lain-lain. Gunakanlah tipe grafik sesuai selera anda, silahkan dicoba dengan mengklik tipe yang diinginkan maka grafikpun langsung ikut merubah sesuai tipe yang dipilih.


EmoticonEmoticon