Cara Mengatur Ukuran Kertas dan Margin dalam Pembuatan Skripsi

Mengatur ukuran kerta serta margin dalam pembuatan karya ilmiah seperti skripsi guna menyelesaikan pendidikan sarjana di perguruan tinggi merupakan hal yang wajib dilakukan dan ketentuan-ketentuan tersebut telah diatur dalam masing-masing perguruan tinggi. Ukuran kertas dan ukuran margin dalam ms word merupakan dua pengaturan yang berbeda karena yang dimaksud dengan ukuran kertas yaitu besar atau kecilnya kertas yang akan dipakai saat mencetak nanti, misalnya letter, legal, A5, A5 dan lain-lain sedang ukuran margin yaitu batas-batas penempatan paragraf pada kerta misalnya ukuran jarak paragraf dari kiri, kanan, atas dan bawah.
Sebelum membuat skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengatur ukuran kertas dan ukuran margin terlebih dahulu agar selama proses pengerjaannya anda tidak disibukan untuk mengaturnya dan lebih efisien dalam membuat halaman perlembar nantinya.
Postingan terkait lainnya :
Di atas adalah postingan-postingan saya sebelumnya yang berhubungan dengan cara mengatur ukuran kerta dan margin dalam pembuatan skripsi yang dapat anda lihat dan semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan.
Mengatur kertas di word
1. Buka lembar ms word
2. Pilih Page Layout, Size dan silahkan tentukan ukuran kertas yang anda perlukan
Mengatur Ukuran Margin
Berdasarkan pengalaman saya margin yang digunakan yaitu ukuran 4 cm untuk kiri kertas , 3 cm untuk kanan kertas, 3 cm untuk atas  kertas dan 3 cm untuk bawah kertas. Namun seperti yang saya katakan sebelumnya semua ukuran ini mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku dari masing-masing perguruan tinggi, maka silahkan meyesuaikan dengan ukuran yang anda inginkan.
1. Buka lembar baru word
2. Masuk ke Page Layout
3. Pilih Margins kemudian Costum Margins
Akan tampil kotak dialog seperti di bawah ini :

Silahkan mengatur ukuran margins sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi anda. Top untuk bagian atas kertas, Bottom untuk bawah, Left untuk kiri dan Right untuk kanan kertas. Pada contoh diatas ukuran 4 cm dari sebelah kiri kertas karena biasanya pada karya ilmiah akan dilakukan penjilidan sehingga dibuat lebih dari ukuran bagian kertas lainnya.
Untuk lebih menambah pengetahuan anda tentang microsoft office 2010, anda dapat langsung ke label blog sebelah kanan bagi yang menggunakan laptop dan sebelah bawah bagi yang memakai HP saat online. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon