Mana yang Tepat, Sebutan Nama Ilmiah atau Nama Latin ?

Sering menyebut istilah nama ilmiah dan nama latin pada sebutan tumbuhan dan hewan membuat saya bertanya-tanya, apakah sama nama latin dan nama ilmiah kalau sama, kenapa tidak dipakai saja salah satu sebutannya. Jika berbeda, dimanakah letak perbedaan kedua istilah tersebut ? ataukah karena kebiasaan kita yang sering menggunkan kedua istilah itu secara bersamaan ?
Dari rasa penasaran tersebut membuat saya mencari-cari berbagai sumber-sumber penjelasan tentang bahasa ilmiah dan bahasa latin. Akhirnya dari hasil pencarian tersebut menghasilkan sedikit pegetahuan tentang hal itu.

Mana yang Tepat, Sebutan Nama Ilmiah atau Nama Latin ?
Pengertian nama ilmiah menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan, didasarkan pada ilmu pengetahuan atau memenuhi syarat atau kaidah ilmu pengetahuan sedangkan Bahasa latin merupakan bahasa yang berasal dari Itali atau yang digunakan oleh kerajaan Romawi pada zaman dahulu.
Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa bahasa ilmiah dan bahasa latin merupakan kedua istilah yang berbeda karena bahasa latin berasal dari Itali sedangkan bahasa ilmiah merupakan bahasa yang pakai dalam ilmu pengetahuan yang telah memenuhi syarat dan kaedah atau telah disepakati. Dalam penentuan tata nama tumbuhan dapat dilihat pada postingan Pengantar Taksonomi Tumbuhan
Contoh :
Nama ilmiah tanaman Melinjo adalah Gnetum gnemon. Kata Gnemon berasal dari bahasa Maluku yang berarti melinjo, maka tata nama Melinjo tersebut bukan hanya berasal dari bahasa Itali tapi juga bisa berasal dari bahasa apa saja yang kemudian diilmiahkan menjadi nama ilmiah berdasarkan syarat dan kaedah yang berlaku.
Maka dapat disimpulkan bahwa penyebutan yang tepat adalah nama ilmiah sebab nama ilmiah dapat berasal dari bahasa apa saja yang kemudian diilmiahkan sedangkan nama latin hanya berasal dari bahasa latin yang juga kemudian diilmiahkan.
Jika ada koreksian atau masukan silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah.

0 Response to "Mana yang Tepat, Sebutan Nama Ilmiah atau Nama Latin ?"

Post a Comment