13 Fungsi Hutan Bagi Makhluk Hidup Di Alam

Fungsi hutan bagi kehidupan makhluk hidup harus menjadi pengetahuan dan kesadaran bersama kita semua sebagai bagian dari siklus ekosistem kehidupan alam ini. Keberadaan hutan sebagai sumber kehidupan dalam menopang keberlangsungan hidup menjadi optimal, salah satu contoh adalah hutan dan tata air yang saling berhubungan langsung dengan kehidupan seluruh mahkluk hidup di alam.
Fungsi Hutan Bagi Makhluk Hidup Di Alam
Fungsi Hutan Bagi Kehidupan Makhluk Hidup
a.    Melalui kumpulan pohon-pohonnya, hutan mampu memprduksi Oksigen (O2) yang diperlukan bagi kehidupan manusia dan dapat pula menjadi penyerap karbondioksida (CO2) sisa hasil kegiatan manusia, atau menjadi paru-paru wilayah setempat bahkan jika dikumpulkan areal hutan yang ada di daerah tropis ini, dapat menjadi paru-paru dunia. Siklus yang terjadi di hutan, dapat mempengaruhi iklim suatu wilayah. Fungsi ini dapat disebut juga sebagai fungsi klimatologis.
b.    Hutan merupakan gudang penyimpan air dan tempat menyerapnya air hujan maupun embun yang pada khirnya akan mengalirkannya ke sungai-sungai melalui mata air-mata air yang berada di hutan. Dengan adanya hutan, air hujan yang berlimpah dapat diserap dan disimpan di dalam tanah dan tidak terbuang percuma. Fungsi ini disebut juga sebagai fungsi hidrologis.
c.     Hutan merupakan tempat memasaknya makanan bagi tanaman- tanaman, dimana di dalam hutan ini terjadi daur unsur haranya (nutrien, makanan bagi tanaman) dan melalui aliran permukaan tanahnya, dapat mengalirkan makanannya ke area sekitarnya.
d.    Hutan memiliki jenis kekayaan dari berbagai flora dan fauna sehingga fungsi hutan yang penting lagi adalah sebagai area yang memproduksi embrio- embrio flora dan fauna yang bakal menembah keanegaragaman hayati. Dengan salah satu fungsi hutan ini, dapat mempertahankan kondisi ketahanan ekosistem di satu wilayah.
e.    Hutan mampu memberikan sumbangan alam yang cukup besar bagi devisa negara, terutama di bidang industri, selain kayu hutan juga menghasilkan bahan-bahan lain seperti damar, kopal, terpentein, kayu putih, rotan serta tanaman-tanaman obat.
f.      Hutan juga mampu memberikan devisa bagi kegiatan turismenya, sebagai penambah estetika alam bagi bentang alam yang dimiliki. Fungsi ini disebut juga sebagai fungsi estetis.
g.    Mencegah erosi dan tanah longsor. Akar-akar pohon berfungsi sebagai pengikat butiran-butiran tanah. Dengan ada hutan, air hujan tidak langsung jatuh ke permukaan tanah tetapi jatuh ke permukaan daun atau terserap masuk ke dalam tanah.
Fungsi Hutan Lindung, Produksi, Suaka Alam dan Wisata
Fungsi Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan.
Fungsi Hutan Produksi adalah Kawasan hutan yang diperuntukkan guna produksi hasil hutan untuk memenuhi keperluan masyarakat pada umumnya serta pembangunan, industri dan ekspor pada khususnya.
Fungsi Hutan Suaka Alam merupakan kawasan hutan yang karena sifatnya yang khas diperuntukkan secara khusus untuk perlindungan alam hayati.
Fungsi Hutan Wisata adalah kawasan hutan yang diperuntukkan secara khusus untuk dibina dan dipelihara guna kepentingan pariwisata.
Referensi :
Jurnal Pengelolaan Hutan Dalam Mengatasi Alih Fungsi Lahan Hutan Di Wilayah Kabupaten Subang, Oleh : Rahajeng Kusumaningtyas dan Ivan Chofyan.

0 Response to "13 Fungsi Hutan Bagi Makhluk Hidup Di Alam"

Post a Comment