Sediakan Anti Malware Sebelum Virus Ini Menyerag Komputer Anda

Mendapatkan pengalaman buruk dengan virus malware membuat saya kapok dan berusaha untuk tak akan pernah berhubungan dengan virus ini lagi. Sebab itu, saya berbagi pengalaman ini kepada anda semua agar lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas berselancar di dunia maya menggunakan laptop/komputer karena sangat menganggu kenyaman dan menjengkelkan, apalagi saat-saat kita sedang mencari informasi penting di internet.
Apa itu virus malware ?
Malware adalah virus pada komputer berbasis softwear (aplikasi) yang bersembunyi menyerang dokumen lain atau program, kemudian mengeksekusi ketika dokumen atau program tersebut anda jalankan. 


Setelah virus menginfeksi komputer, ia melakukan dua tugas terpisah menyebar ke komputer lain dan mengaktifkan tujuan jahatnya. Masalah yang terjadi yaitu mulai menampilkan pesan iklan menjengkelkan, menghapus file atau menyebabkan komputer error berkali-kali, ingat malware dapat menyerang komputer saat kita sedang online karena virus tersebut berbasis aplikasi yang akan muncul dan meminta untuk di instal.
Ciri-ciri komputer anda terserang malware :
1.    Muncul aplikasi pada layar monitor
Akan tampil secara terus menerus sebuah aplikasi di layar komputer anda dan meminta anda untuk menginstalnya dengan mengklik next. Jika anda mengalami hal seperti ini, maka perhatikanlah secara baik aplikasi yang tampil tersebut. Jika aplikasi yang tampil merupakan bawaan komputer anda yang meminta update maka anda dapat mengenalinya tapi jika anda tidak mengenali aplikasi yang tampil di layar komputer, maka besar kemungkinan itu adalah malware, segeralah klik tidak atau keluar.
2. Pengalihan situs yang tidak dikenali
Saat virus malware telah menyerang komputer, tanda lain yang sangat nampak yaitu ketika membuka tap baru di browser. Begitu anda membuka tab baru maka anda langsung dialihkan ke situs lain yang bukan anda cari. Sebab malware dibuat oleh spamer untuk mengarahkan pengguna ke situs-situs yang mereka inginkan, berupa produk jualan atau jasa online.
3.    Iklan di blog/website anda menghilang
Sebagai publisher iklan adsense, point ke 3 ini merupakan hal yang sangat mengganggu bagi saya sebab iklan adsense yang terpasang di blog ini secara tiba-tiba menghilang. Saking paniknya saya mengira akun adsense saya dibanned oleh pihak Google sementara besoknya akan gajian adsense. Yahhh maklum pas lagi butuh duittt hehehe.
Saya langsung login ke akun adsense dan mengecek teguran atau banned. Alhamdulillah saya bahagia karena akunnya baik-baik saja tanpa ada teguran apalagi banned dari google.
Cara mengatasi komputer yang terserang malware
1.    Download dan instal anti malware
Jika hal ini telah terjadi maka segeralah download anti malware dan instal pada komputer anda kemudian langsung melakukan scan virus malware. Banyak tersedia anti malware di internet, silahkan dicari.
Saran :
Sebelum virus malware ini menyerang komputer anda, terutama yang selalu aktif berinternetan maka sebaiknya sediakanlah (instal) di komputer anda agar saat malware menyerang komputer, anti malware ini telah mendeksi sebagai pemberitahuan sekaligus mengatasinya.
2.    Instal Ulang OS (Operating System)
Kebetulan saya mengunakan windows 7 di laptop maka solusi terahkir yang saya lakukan saat itu adalah instal ulang windows di laptop. Ini merupakan solusi terakhir karena virus malware yang menginfeksi laptop begitu hebat sehingga banyak anti malware yang telah saya coba tidak berhasil, akhirnya solusi terakhir yaitu instal ulang OS yang saya gunakan di laptop.
3.    Jangan Sembarangan Meminjamkan Komputer ke orang lain
Laptop saya terkena malware karena saya meminjamkan ke teman saya. Jadi cerita saat itu dia ingin membaca berita media online, setelah meminjamkan saya langsung membiarkan dia sendiri untuk membaca. Begitu saya gunakan lagi laptop saya setelah dikembalikan maka malware pun telah berselanjar bebas di layar monitor.
Kita bisa meminjamkan laptop ke teman apalagi jika dia sangat membutuhkannya tapi kita juga perlu untuk mengingatkan terkait dengan virus malware ini agar komputer tersebut tetap dapat digunakan dengan baik secara bersama-sama.

0 Response to "Sediakan Anti Malware Sebelum Virus Ini Menyerag Komputer Anda"

Post a Comment