Jaringan Meristem : Pengertian, Macam Jaringan Meristem serta Contoh Gambarnya

Jaringan Meristem adalah jaringan yang sel-selnya tetap bersifat embrional, artinya mampu terus menerus membelah diri tak terbatas untuk menambah jumlah sel tubuh tumbuhan. Atas dasar letaknya pada tubuh tumbuhan, jaringan meristem dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu :
1.    Meristem apikal (meristem ujung), terdapat pada ujung-ujung pokok dan cabang batang serta akar.
2.    Meristem interkalar (meristem antara) terdapat diantara jaringan dewasa, misalnya di pangkal ruas batang rumput.
3.    Meristem lateral (meristem samping), letaknya sejajar dengan permukaan organ misalnya kambium dan kambium gabus.
Berdasarkan asal pembentukannya jaringan meristem dibedakan menjadi 3 macam yaitu meristem Promeristem, meristem primer dan meristem sekunder :
Meristem Promeristem
Promeristem adalah jaringan meristem yang ada pada saat tumbuhan masih dalam tingkat embrio.
Meristem primer
Jaringan merisitem primer adakah meristem yang sel-selnya berkembang langsung dari sel-sel embrional sehingga merupakan lanjutan dari pertumbuhan embrio, misalnya kuncup ujung batang. Pada umumnya jaringan meristem primer terdapat pada ujung akar dan ujung batang yang dapat mengakibatkan tumbuhan bertambah tinggi.

Meristem sekunder
Meristem Sekunder adalah meristem yang berkembang dari jaringan dewasa yang telah mengadakan diferensiasi, misalnya kambium gabus yang terjadi dari parenkim atau kolenkim, yang merupa-kan jaringan dewasa.
Contoh jaringan meristem sekunder yaitu kambium. Kambium adalah lapisan sel-sel tumbuhan yang aktif membelah dan terdapat diantara xilem dan floem.

Kambium terbentuk dari bagian prokambium yang tidak berdiferensiasi menjadi berkas pengangkut dan tetap mempertahankan sifat meristematiknya Kambium umumnya terdiri dari 2 tipe sel, yaitu:
Sel fusiform, sel ini bentuknya memanjang dengan ujung-ujung me-runcing dan Sel jari-jari, sel ini lebih kecil dari sel fusiform dan bentuknya mem-bulat.

0 Response to "Jaringan Meristem : Pengertian, Macam Jaringan Meristem serta Contoh Gambarnya"

Post a Comment