Jadilah Blogger yang Baik dan Bijak Tanpa Berita HOAX

Bukan menggurui atau sok baik dan bijak, hanya saling mengingatkan antara sesama blogger, apalagi blogger yang monitise blognya sebagai sumber penghasilan maka bijaklah dalam ngeblog.
Perkembangan zaman diikuti degan perkembangan teknologi sedangkan perkembangan teknologi juga mempengaruhi pola pikir manusia sebab manusia adalah bagian nyata dari keadaan lingkungan hidupnya (zaman). Informasi yang semakin mudah diakses oleh semua orang khususnya di Indonesia membuat kita para blogger semakin giat untuk mempublikasikan beragam keadaan yang sedang populer dalam segala di bidang, baik bidang selebriti, politik, sosial, budaya dan Agama.
Sangat disayangkan saat ini banyak sekali beredar pemberitaan palsu untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya guna mempercayai sesuatu, padahal sang pembuat berita itu sendiri mengetahui bahwa berita tersebut palsu, dalam bahasa trendnya disebut hoax.

Sadar atau tidak, dengan membuat berita hoax tersebut kita telah menciptakan konflik diantara sesama manusia. Apalagi yang berita berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan). Alangkah baiknya jika berita atau postingan yang kita buat lebih memberikan manfaat melalui pemahaman ilmiah yang dapat dipercaya oleh pembaca. Membuat berita yang dapat meredam konflik permasalahan yang terjadi bukan malah menambah minyak di tengah api yang membara (konfilik) antara golongan dan masyarakat.
Apalagi dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, semua informasi sangat mudah dan cepat diakses oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Maka, peran seorang blogger seharusnya memberikan berita-berita yang positif sebagai bentuk kepedulian terhadap Bangsa dan Negara.
Sebagai contoh misalnya terdapat sebuah permasalahan yang lagi hangat diperbincangkan maka selain memberikan informasi yang akurat kita sebagai blogger juga seharus dapat memberikan informasi yang dari sudut pandang positif sebuah masalah.
Contoh kasus yang terlihat saat ini yaitu antara FPI dan Ahok yang sangat-sangat marak diperbincangkan. Bagitu banyak berita yang beredar saling menjelekkan dengan mengangkat berita pro dan kontra yang semakin dibumbuhi dengan berita hoax. Maka yang terjadi adalah permasalahan tersebut akan semakin besar dan menimbulkan beragam persepsi dikalangan masyarakat.
Sekali lagi, tulisan yang saya buat ini bukan untuk menggurui atau lebih baik dari blogger lain. Saya juga hanya manusia biasa yang tak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan. Sebagai manusia biasa kita juga harus terus intropeksi diri untuk menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya.
Apalagi blog/website kita digunakan untuk menghasilkan secercah rupiah, bagaimana dengan keluarga, anak dan istri yang kita nafkahi dari penghasilan seperti itu ? ayo kita masing-masing menjawabnya dari hati nurani kita sebagai blogger.
Mengakhiri tulisan singkat ini, saya kembali mengingatkan sebuah kalimat bijak yang sudah sering kita dengar “ Jika tidak atau belum dapat berbuat kebaikan maka janganlah berbuat kejahatan”
Sekian dari saya Ato Basahona, mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati pembaca sekalian.


EmoticonEmoticon