Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beranjak ke Fotografer Nasional

Oleh : Rudi Sapsuha, ST 

Saya mengenal fotografi sudah 3 tahun, dulunya tidak begitu antusias, tapi sejak fotografi digital 6 tahun yang lalu (2007) saya sangat bersemangat mempraktikkan fotografi. Berikut ini beberapa alasan dan pengalaman yang membuat saya bersemangat.

1. Fotografi itu Mudah

Belajar fotografi tidak sesulit yang dibayangkan, memang untuk menguasai teknik tertentu, dibutuhkan ketrampilan dan ilmu, tapi untuk memotret dan mengoperasikan kamera itu tidak sulit. Mempelajari fotografi juga tidak harus ikut pendidikan yang formal seperti profesi lainnya antara lain dokter, pengacara, dll.

Setiap orang bisa belajar secara otodidak, melalui buku, melalui kursus kilat, seminar, workshop dll. Biayanya belajarnya pun dari yang murah sampai mahal. Asal sering berlatih, foto kita akan meningkat kualitasnya.

Lihat juga Rudi Sapsuha : Ketika Cinta Mengenal Dirinya

2. Fotografi itu tidak Mahal

Banyak orang mengganggap fotografi itu mahal. Sebenarnya mahal/murah itu relatif tergantung acuannya. Dibanding jaman kamera film dulu, fotografi digital itu jauh lebih murah. Kamera digital sekarang juga terus meningkat pesat dari kualitas foto dan teknologinya. Dahulu, tidak ada kamera digital SLR yang harganya dibawah 10 juta. Saat ini, ada kamera digital SLR yang berharga 5 juta atau lebih murah lagi.

Tentunya, banyak kamera atau lensa yang relatif mahal, tapi itu bukan yang terpenting. Yang lebih penting adalah kita menikmati proses memotret. Kamera saku dan ponsel yang sederhana bisa kita gunakan untuk memotret. Beberapa foto favorit saya dibuat dengan kamera saku. Ada kebanggaan sendiri bisa membuat foto bagus dengan alat yang sederhana Mudah meyakinkan diri bahwa kita membutuhkan kamera & lensa yang mahal, saat kita malah seharusnya menghabiskan uang untuk hal-hal lainnya.

3. Fotografi itu membuat Travel lebih menyenangkan

Ngomong-ngomong soal travel, dulu saya tidak begitu antusias untuk jalan-jalan, karena memakan biaya dan waktu. Tapi setelah mengenal fotografi, saya bersemangat untuk membuat jadwal untuk jalan-jalan. Sambil motret, saya merasa bisa lebih menikmati suatu tempat. Karena dengan memotret, saya bisa lebih rileks dan konsen dalam menjelajahi suatu tempat dan tidak ada perasaan terburu-buru. Selain itu saya bisa mendapatkan foto dan cerita baru yang syukur-syukur bagus untuk di-share atau dicetak.

Salah satu poin penting yang membuat saya menyukai fotografi adalah bisa mengenal banyak orang, termasuk wanita cantik ini. – Putri Makaliasa

4. Fotografi bisa membuat kita mengenal banyak orang

Sebagai orang yang introvert, saya tidak begitu antusias dalam pergaulan, tapi dengan pekerjaan saya sebagai guru, penulis dan penyelenggara tur fotografi, saya jadi mengenal banyak orang. Yang hobi fotografi sekarang ternyata telah menjangkau semua kalangan, tua, muda, pria, wanita, dan dari berbagai latar belakang. Selama mengadakan aktivitas fotografi, saya merasakan suasana yang kompak, saling bercanda dan saling membantu tidak peduli status, kamera yang dipakai, atau suku bangsa. Sepertinya hanya fotografi yang bisa gini he he he..

5. Kita tidak akan bosan dengan fotografi

Meskipun mudah, tapi fotografi itu bisa saja rumit dan dalam. Biasanya, untuk menjadi fotografer yang menghasilkan karya yang sangat bagus, dibutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit dalam mempelajari dan praktik. Ada banyak jenis fotografi dari pemandangan, portrait, still life, product, street photography, food photography, close-up/macro photography, fashion, event photography dan sebagainya. Jika mulai jenuh di satu jenis fotografi, kita bisa beralih dan belajar jenis fotografi yang lain. Seiring dengan teknologi yang semakin maju, semakin banyak yang bisa kita pelajari.

6. Fotografi bisa membuat orang lain bahagia

Salah satu jenis fotografi yang saya sukai adalah fotografi pernikahan/wedding. Saya suka mengabadikan momen-momen spontan dari pasangan yang berbahagia dan seringkali hasil foto saya membuat mereka senang dan menyukainya. Beberapa diantaranya membuat foto saya profile pic di Facebook. Saat mereka senang, saya juga ikut senang. Tak terasa dengan fotografi kita bisa membuat orang lain bahagia.

Saat ini saya dipercayakan menjadi kordinator spot photographers Indonesia di ternate yang mencakup wilayah se-Maluku Utara.

Anda dapat melihat lebih banyak hasil karya foto-foto saya langsung di facebook pribadi Rudi Sapsuha

Manado, 7 Januari 2017

Posting Komentar untuk "Beranjak ke Fotografer Nasional"