Belajar Ngeblog Secara Otodidak (Belajar Sendiri) Sampai Saat Ini

Pada kesempatan ini Ato Basahona akan share tentang pengalaman ngeblog secara otodidak sampai saat ini. Menjadi blogger selama kurang lebih 2 tahun ngeblog sampai sekarang (2015-2017) begitu banyak pengalaman yang saya dapat tentang panduan atau cara mengelola blog.

Sejak kapan mulai ngeblog ?
Sebenarnya saya mulai membuat blog pada tahun 2010 saat masih di bangku perguruan tinggi, waktu itu tepat berada pada tahap studi semester 3. Membuat blog saat itu bukan karena tugas kuliah tapi hanya iseng karena memang pada dasarnya saya memang senang untuk berotodidak. Motivasi membuat blog pada saat itu hanya mengikuti perkembangan informasi, lucunya hingga saat ini saya sendiri bahkan telah lupa email dan kode masuk akun gmail saya waktu itu, padahal saat ini saya berniat untuk mengelola kembali blog tersebut karena blog yang terhitung dari 2010 sampai sekarang (2017), anda bisa bayangkan pasti dengan mudah mesin pencarian untuk mengindeksnya.
Lucunya lagi, saya tertawa melihat blog yang dibuat tahun 2010 itu karena tampilan yang acak ditambah lagi seingat saya waktu itu, masih bingung dan kosong tentang pengetahuan ngeblog. Penarasaran dengan blog saya yang dulu ? ini dia :

Belajar Ngeblog Secara Otodidak (Belajar Sendiri) Sampai Saat Ini
Blog itu hanya terawat selang beberapa bulan, setelah itu saya sudah tidak pernah lagi ngeblog. Seperti yang saya katakan sebelumnya hanya iseng membuat blog pada saat itu dan sekarang blog itu bergentayangan tanpa ada pemiliknya hahaha.
Kembali Ngeblog di Tahun 2015
Pada tahun 2015 saya mulai kembali membuat blog dengan platform blogspot (blog gratisan), lama juga ya, tahun 2010 sampai 2015 hehe.
Tepatnya bulan Maret 2015 saya membuat blog dengan judul Ato asahona Share dengan alamat atobasahona.blogspot.co.id yang sekarang telah berubah menjadi www.atobasahona.com
Kenapa kembali ngeblog ?
Nah ini pertanyaan yang penting hehe...
Berawal dari kepikiran bagaimana caranya menghasilkan uang dari internet ! ya saat itu mulailah saya search di internet  bagaimana cara menghasilkan uang di internet dan hasilnya sangat banyak yang muncul, mulai dari jualan ebook, MLM, afiliasi bahkan kursus online tentang penjualan (marketing). Mulai membaca satu persatu-persatu hingga selesai, hasilnya ? saya belum tertarik dengan semua yang saya baca saat itu.
Beberapa hari kemudian saya kembali mencari-cari referensi di internet dan membaca satu-persatu hingga pada akhirnya postingan yang saya baca saat itu mengena dihati, postingan tentang Eka Lesmana yang mengasilkan ratusan juta perbulan dari internet melalui program google adsense.
Semakin penasaran dengan google adsense, saya semakin mencari tahu tentang apa itu google adsense. Sampai sekarang saya fokus main google adsense bahkan menulis tentang tutorial google adsense.
Sampai saat ini, saya masih tetap belajar secara otodidak mulai dari cara pertama membuat blog, megatur template sampai pada tahap yang bagi saya sangat sulit yaitu mengatur HTML pada template blog.
Semua hasil dari belajar sendiri tentang blog juga saya tulis sebagai tutorial blog, agar mungkin dapat berguna bagi orang-orang yang suka ngeblog dan belajar sendiri seperti saya.
Lihat : Tutorial Blog

2 komentar

wah asyik juga ya ceritanya...ternyata sesama pegiat lingkungan virtual...

banyak kesamaan, boleh juga disharing trik2nya gan...sambil liat2 blog ane...hehe


EmoticonEmoticon