6 Tips Penempatan Iklan Serta Ukurannya Untuk Meningkatkan Jumlah Klik Adsense

Beberapa tahapan situasi dan kondisi para pemain google adsense khususnya blogger yaitu tahapan situasi galau. Situasi ini disebabkan oleh jumlah klik iklan adsense yang tak pernah meningkat, bahkan tambah galau lagi saat pengunjung blog meningkat namun jumlah klik iklan biasa-biasa saja, akhirnya secara langsung berpengaruh pada pendapatan dollar yang sedikit setiap bulannya, dengan demikian mungkin belum tentu juga seorang publisher adsense dapat PO (pay out) atau gajian setiap bulan.
Padahal secara logika sederhana, menigkatnya jumlah pengunjung suatu blog maka akan meningkat juga penghasilan seorang blogger dari adsense. Menurut saya secara pribadi bukan hanya jumlah pengunjung yang banyak tapi bagaimana para pengunjung tersebut mengklik iklan yang ada di blog kita.
Contohnya :
Ada Blog A dan B, kedua blog tersebut memperoleh jumlah pengunjung yang sama yaitu 1000 dengan tampilan laman atau page view (PV) yang sama. Namun, blog B mendapatkan penghasilan lebih besar dari blog A karena 500 orang pengunjung melakukan klik iklan sedangkan blog A hanya 100 pengunjung yang melalukan klik iklan adsense.
Maka dapat disimpulkan bahwa strategi penempatan dan ukuran iklan yang dipilih juga sangat berpengaruh pada keinginan pengunjung untuk melakukan klik.
Tips Penempatan Iklan
Sebenarnya tips penempatan iklan sudah disediakan oleh pihak google adsense untuk meningkatkan penghasilan publishernya. 

Namun, kadang kita masih kurang tepat dalam memasang posisi iklan, hal ini juga dipengaruhi oleh desain template masing-masing blog. Tips praktik terbaik untuk penempatan iklan oleh google adsense yang pada intinya selalu mengutamakan pengalaman pengguna untuk lebih nyaman berada di blog kita dengan tidak terganggu oleh iklan-iklan yang dapat mengganggu mereka saat membaca postingan blog.
1.    Pasang iklan di awal postingan
Pasang iklan di awal postingan dapat berukuran 300 x 250, 336 x 280 dan responsive. Namun perlu disesuaikan juga dengan desai template blog anda, menjaga jangan sampai postingan akan terdorong kebawah dan dapat menjadikan penglaman pengguna yang kurang baik karena hal ini juga diberitahukan oleh pihak google adsense.


2.    Pasang iklan di bagian kiri atau kanan postingan
Letakkan iklan berdekatan dengan postingan pada laman agar pengunjung lebih mudah untuk melihat dan berkeinginan untuk mengkliknya. Pasang iklan berukuran 300 x 250 atau yang berbentuk kotak disebalah kanan atau sebelah kiri. 

Seperti tips yang saya katakan di atas, bisa juga memasangnya dibagian atas dengan catatan pengunjung saat membuka blog tidak semata-mata melihat iklan tapi juga melihat postingan pragraf pertama, hal ini juga termasuk dalam tips yang disarankan oleh adsense. Sehinnga tidak menggaggu kenyaman pengunjung.
3.    Pasang iklan di tengah postingan
Memasang iklan di tengah postingan merupakan strategi pemasangan iklan yang sangat saya minati karena dengan beradanya iklan di tengah postingan, selain mudah dilihat pengunjung, kebanyakan juga mereka akan mengira kalau iklan itu adalah bagian gambar yang berhubungan dengan postingan, maka pasti akan mendapatkan nilai klik yang cukup banyak hehe...

Ukuran iklan yang baik untuk berada di tengah postingan yaitu berukuran 300 x 250, 336 x 280 dan responsive silahkan disesuaikan dengan desain template blog anda.
4.    Pasang iklan separuh laman pada sidebar blog
Iklan separuh laman dengan ukuran 300 x 600 tepat berada di sebelah kanan blog tepat di widget, cara penempatan iklan ini banyak digunakan oleh blog-blog ternama di Indonesia, jika anda mengunjungi blog dengan banyak postingan maka anda akan menjumpai ukuran iklan seperti ini yang berada di blog mereka.


5.    Pasang iklan di akhir postingan
Pasang iklan berukuran 336 x 280 di akhir postingan, cara ini juga berdasarkan pengalaman saya cukup banyak meningkatkan jumlah klik iklan adsense.
6.    Iklan adsense match content
Iklan ini mungkin sedikit asing bagi blogger pemula namun bagi blogger senior merupakan hal yang tidak asing. Iklan adsense match content merupakan iklan yang diberikan oleh pihak google adsense jika blog kita telah dianggap layak. Misalnya telah memiliki pengunjung yang cukup banyak atau sangat banyak. Penempatan iklan ini sangat membantu juga dalam meningkatkan tampilan laman blog (PV).
Iklan adsense match content akan menyesuaikan bentuknya dimana saja kita letakkan karena termasuk juga responsive. Namun, dianjurkan memasangnya di akhir postingan karena iklan ini akan menampilan postingan-postingan yang berkaitan erat dengan postingan laman yang dikunjungi. Ada juga memasangnya di sedebar blog (sebelah kanan).

Itulah 6 Tips penempatan iklan dan ukurannya yang sesuai. Selanjutnya silahkan disesuaikan dengan desain template blog anda sehingga anda juga dapat berkreasi untuk lebih meningkatkan jumlah klik iklan adsense di blog anda.


EmoticonEmoticon