3 Tips Ringan dan Mudah Mengembalikan Semangat Untuk Menulis

Bagi anda yang memiliki hobi menulis atau seorang blogger yang aktif membuat postingan di blog pasti selalu berusaha untuk menghadirkan ide-ide untuk merangkai kata menjadi beberapa sebuah paragraf dari berbagai topik berdasarkan kesukaan anda.
Namun perlu juga disadari bahwa sebagai manusia biasa, pasti ada saat-saat tertentu yang membuat kita malas atau jenuh untuk menulis. Apalagi disaat suasana hati dan pikiran yang sedang tidak baik alias galau. Oleh karena itu untuk selalu melatih kemampuan mengembangkan ide dan gagasan sebagai orang yang hobinya menulis atau blogger maka perlulah dilakukan tindakan-tindakan atau tips-tips dalam merangsang kembali semangat kita untuk menulis, jika kita berada dalam suasana yang kurang baik.
Tips-tips untuk mengembalikan semangat menulis ini berdasarkan pengalaman saya yang hobinya menulis dan juga seorang blogger. Tips ini juga yang sering saya lakukan disaat semangat menulis di blog ini mulai berkurang atau bahkan terhenti dalam jangka waktu yang cukup lama akibat dari hilangnya semangat menulis karena berada dalam suasana hati dan pikiran yang sulit untuk berkonsentrasi.
1. Jalan-jalan sejenak
Jika anda termasuk orang yang senang menulis saat berada di rumah, maka jalan-jalanlah sejenak jika anda mulai merasakan jenuh atau kehilangan ide untuk menulis.
Jalan kemana ?
Bisa bertemu dengan teman lama dan luangkan waktu utuk mengobrol atau jalanlah ke tempat- tempat keramaian karena disitu anda akan melihat banyak hal yang dapat merangsangkan imajinasi anda untuk dituangkan menjadi tulisan, apalagi jika anda melakukan wisata bernuansa alam maka hal itu sangat dapat membantu mengembalikan semangat kita untuk menulis sebab berwisata juga termasuk dalam kebutuhan primer manusia dalam mengatasi rasa jenuh.
2.    Nongkrong di Kedai Kopi
Tips ke 2 ini khusus bagi penikmat kopi seperti saya, namun jangan salah lho sebab di kedai kopi pun terdapat banyak menu minuman dan makanan yang dapat anda pesan selain kopi.

3 Tips Ringan dan Mudah Mengembalikan Semangat Untuk Menulis
Hal inilah yang sering sekali saya lakukan disaat semangat menulis mulai menurun. Saat menikmati segelas kopi bersama banyak orang yang lagi ngobrol di sekililing seakan menyentuh imajinasi untuk segera menghidupkan laptop dan mulai mulai menulis. Ide-ide seakan kembali merapat ke posisi mereka masing-masing dan siap diterjemahkan dalam tulisan.
3.    Membaca Buku
Faktor jenuh merupakan salah satu yang menyebabkan kita malas untuk menulis atau kekurangan ide. Namun salah satu faktor yang menyebabkan seorang penulis kekuranga ide menulisnya yaitu kurangnya refensi atau bahan bacaan.
Saya yakin kebanyakan orang yang hobi menulis pasti juga suka membaca, hanya saja karena faktor kesibukan lain maka menyebabkan kita jarang membaca. Bacalah buku-buku lama anda atau bisa juga jalan-jalan ke toko buku dan melihat-lihat buku terbaru untuk dibaca mumpung membacanya gratis hehe...
Jika membeli buku yang menarik buat anda maka carilah suasana baru untuk membaca (berhubungan dengan tips 1). Membaca buku di rumah tidak akan membantu jika pada awalnya kita memang sedang bosan di rumah. Maka membacalah di tempat lain. Kalau saya sendiri masih lebih senang membacanya di kedai kopi (efek penikmat kopi) atau anda dapat membaca buku di taman.
Itulah 3 tips ringan yang dapat saya share untuk mengembalikan semangat untuk menulis anda yang hobi menulis atau blogger. Kesimpulannya, buatlah suasana hati anda senang dan bahagia maka ide-ide untuk menulis terasa mudah dituangkan menjadi tulisan.


EmoticonEmoticon