Menyambut Tahun Baru 2017 Bersama Kopi Hitam

Menyambut Tahun Baru 2017 Bersama Kopi Hitam – Malam ini tepatnya tanggal 31 Desember 2016 masih setia ditemani oleh secangkir kopi hitam. Ini merupakan cerita kopi hitam ku dalam detik-detik bersentuhan dengan tahun baru 2017.  
Tetap di Manado, masih dengan keharmonisan kota Nyiur Melambai yang terkenal dengan kemeriahan penyambutan setiap tahun baru dari waktu ke waktu. Tak terasa raga ini telah hampir mencapai 8 tahun di 2017, tak terasa itulah waktu yang dimulai dari tahun 2009 hingga saat ini.

 
Kopi hitampun tetap setia menemani meskipun tahun tetap berganti. Malam ini di kedai Kopi Aceh Manado, secercah goresan tinta ini terukir yang disaksikan oleh segelas kopi hitam yang hanya membisu di samping.
Harapan-harapan di tahun 2017 mulai terukir dengan sendirinya, kadang menolak untuk berencana tapi hati dan logika masih tetap bersikeras untuk melakukan hal itu.
Menanti awal tahun baru 2017 dengan suara ayu petasan-petasan yang bertaburan di jalan, itulah Manado, kota yang selalu terkenal ramai dalam menyambut tahun baru.
Tak banyak harapan dan berharap di tahun 2017 yang akan datang, harapan sederhana saja yaitu menjadi pribadi yang lebih baik dalam membentuk karakter di alam ini. Dengan karakter yang lebih baik maka kebaikanpun akan terjalin dengan cukup baik dalam segala hal.
Semoga ditahun baru 2017, kopi hitam masih tetap setia menemani dalam bercerita tentang kehidupan yang kadang penuh misteri antara harapan dan kenyataan.
Semoga ditahun baru 2017 nanti, nilai-nilai kebaikan selalu menjadi prioritas utama dalam kehidupan yang tak kekal ini sebab hari bahagia pada hakekatnya akan terasa disaat kita dapat membahagiakan orang lain mulia dari hal terkecil yaitu membuat mereka tersenyum.

Ketika Cinta Mengenal Dirinya

Oleh : Rudi Sapsuha
Aku mengagumi orang yang membuka pikirannya kepadaku. Aku hormati dia yang mengungkap impian-impiannya. Tetapi kenapa aku tersipu, bahkan sedikit malu, di muka dia yang melayaniku. Kasih sayang dan kekerasan selalu berperang di hati manusia seperti malapetaka yang berperang di langit malam yang pekat ini. 

Ketika Cinta Mengenal Dirinya
Tetapi kasih sayang selalu dapat mengalahkan kekerasan. Karena ia adalah anugerap tuhan dan ketakutan-ketakutan malam ini akan berlalu dengan datangnya siang yang telah memelihara semangat masa kecil bahkan sampai memasuki era manusia biasa.
Alangkah buruknya kasih sayang yang meletakkan batu di satu sisi bangunan dan menghancurkan dinding di sisi lainnya. Sesunguhnya jarak terbesar adalah yang terletak antara perbuatan dan yang semata-mata hasrat, karena dalam keteringatan tidak ada yang dinamakan jarak dan hanya dalam kelupaan terdapat teluk yang tidak bisa dijembatani baik oleh suaramu maupun matamu.
Ia bermula dari ujung masa muda dan berakhir pada pangkal masa muda. Mencintai adalah masalah penting bagi manusia. Bila kita mampu mengurai cinta, maka hakekat cinta akan berubah menjadi sesuatu itulah kenyataan cinta.
Cinta memang tidak muda untuk dimengerti. Mereka katakan jika orang memahami dirinya, dia memahami semua orang. Tetapi aku katakan padamu, apabila orang mencintai seseorang, dia belajar sesuatu mengenal dirinya sendiri. Kecantikan bersinar lebih terang dalam hati orang yang merindukannya.
Rudi Sapsuha, Sanana 25 Desember 2016

Di Ujung Senja Ronggeng Gala

Oleh : Usman Bakrin Umasugi (Ubu)
Di ujung senja sejarah, adat dan budaya kita berlalu
Meretas buram nasib anak cucu yang rindu akan bunyi suling ronggeng gala. Hai Sua dirimu terpaku kaku senandung mu tak lagi mampu iringi setiap angin yg menyapu debu.


Telah lahir generasi yang tak malu melihat rintihan tangisan Negeri Sula
Generasi ini sengaja menghilangkan sejarah, adat dan budaya sebagai warisan leluhur. Entah dimana generasi yang menaklukkan pedih menjadi salawaku yang bernafas seperti kapita menjaga malam bersama tamaknya keiklasan manatol yang bersatu dalam jiwa bersama kesetiaan Hai Kau Gahu. Generasi yang tak tau malu ini kemudian tertidur dengan semboyan na biar su.
Kembali ke 2003 saat pemakaran Kabupaten Sula disambut eforia dan tangisan anak negeri yang tak tertahan. Lagu Loela Drakel berjudul Hai Kau Gatel dengan video peresmian Sula sebagai kabupaten, hanya nostalgia tak berarti. Entah apa dan siapa yg menodai buku putih dengan politik omong kosong pudarkan makna sejarah, adat dan budaya pia basanohi.
Ini bukan makian bukan juga hujatan, ini sebagai renungan bahwa sudah saatnya kita generasi muda merapatkan barisan. Berdiri tegak patahkan politik busuk dan jijih. Janjikan jabatan sebagi pondasi utama membangun istana Generasi muda marilah kita ciptakan sejarah putih yg bermakna.
Lihat juga Usman Bakrin Umasugi : Akhiri Permusuhan di Debu Perbatasan

Blog Nice Pendidikan Sepi Saat Liburan

Ini hanyalah sebuah hasil analisis pribadi saya tentang blog dengan topik pendidikan akan sepi saat hari libur sekolah dan kuliah karena blog ini sendiri lebih cenderung ke topik pendidikan seperti yang anda lihat walaupun masih terdapat topik-topik yang lain, blog seperti yang sedang anda kunjungi ini disebut blog gado-gado artinya blog yang membahas banyak tema dan blog ini merupakan blog pribadi karena hanya dikelola oleh saya sendiri, berbeda dengan blog yang dikelola oleh banyak orang seperti blog berita, download aplikasi dan lain-lain. Mau hari libur atau tidak blog-blog tersebut tetap ramai dengan pengunjung.
Pemilihan Tema blog merupakan hal penting saat anda akan mulai membuat blog sebab topik blog anda tersebut akan diindeks oleh mesin pencari seperti google. Manfaat memilih tema blog yang tepat akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung di blog. Oleh karena itu biasanya sebelum membuat sebuah blog saya sering melakukan analisis kata kunci yang banyak di cari oleh negara target blog. 

Blog Nice Pendidikan Sepi Saat Liburan
Misalnya negara target blog kita Indonesia maka kita harus menganalisis kata kunci yang banyak dicari oleh orang Indonesia, begitu pula sebaliknya, tinggal disesuaikan dengan rencana target negara blog anda masing-masing. Sehingga di Indonesia sendiri terdapat 2 istilah blog yaitu blog bule dan blog Indo.
Lihat juga :
Awal membuat blog ini, saya sendiri masih sangat awam tentang blog. Saya hanya mengetahui cara membuat blog namun masih awam tentang bagaimana cara mengelolanya. Sebab cara membuat blog itu mudah tapi cara mengelolahnya yangsulit. Saya sendiri belajar tentang ngeblog secara otodidak (belajar sendiri) denga bantuan Mbah Google, makanya tidak terpikir untuk memilih topik yang lebih spesifik dengan menganalisis terlebih dahulu. Bahkan sampai sekarang saja masih tetap otodidak karena saya pribadi lebih menyukai pembelajaran yang bersifat ototdidak.
Blog dengan topik pendidikan memang akan menurun saat libur, hal itu terlihat dari blog saya ini, apalagi pendidikan secara khusus yaitu membahas tentang ilmu kehutanan.
Jadi saya sarankan bagi anda yang akan membuat blog atau menambah blog baru jika anda ingin memiliki lebih dari satu blog, telitilah dalam memilih topik dengan menganalisis kata kunci tentang tema blog anda sehingga nantinya pengunjungnya dapat stabil meskipun di hari libur atau bukan.

Publisher AdSense Harus Sabar Untuk Menghasilkan Uang

Hampir semua blogger ingin mejadi publisher AdSense sebab dengan begitu mereka bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang dikelola. Cara untuk menjadi publisher AdSense pun semakin banyak yang mempelajarinya sehingga banyak juga para blogger yang menulis tentang tutorial AdSense di blog mereka.

Publisher AdSense Harus Sabar Untuk Menghasilkan Uang
Namun yang ingin saya sampaikan disini adalah sebagai publisher AdSense kita harus banyak sabar dan kerja keras karena untuk menjadi publisher Adsense yang sukses tidak cukup dengan hanya memilki sebuah blog saja, akan tetapi cara-cara yang baik dan tepat dalam mengelola blog yang kita miliki juga menjadi kewajiban kalau mau sukses di dunia blog.

Apa Itu Om Telolet Om ?

Tags
Apa Itu Om Telolet Om ?
Sumber gambar : www.bbc.com

Akhir-akhir ini lagi maraknya istilah terbaru di dunia maya “ Om Telolet Om “. Istilah berawal di ramaikan pada media sosial (twitter) oleh para Netizen. 

Om telolet om adalah sebuah istilah yang biasanya diteriakan oleh anak-anak di pinggir jalan ketika sebuah bus melintas dengan harapan sopir akan membunyikan klakson yang unik. "Telolet telolet," seperti itu bunyinya.
Kenapa istilah ini jadi populer ?
Ini mendadak jadi populer Selasa (20/12) malam setelah berbagai DJ terkenal mencuitkannya. Tapi sebelum itu, video-video lucu memperlihatkan orang-orang dewasa meminta 'telolet' ke supir bus sudah lebih dulu viral di Facebook. Tampaknya ada tren 'telolet challenge' dan 'demam telolet' yang sudah beberapa pekan menggerilya dari satu akun ke akun lain. (www.bbc.com)
Jadi sekarang anda tidak akan bertanya-tanya lagi apa itu istilah Om Telolet Om yang sekarang lagi populer di dunia media sosial (MEDSOS).

Predikat Cum Laude Bukan Jaminan Kesuksesan

Lulus dengan predikat Caum Laude bukan jaminan kita akan sukses – Pada saat beberapa tahun yang lalu, di suatu ruang yang cukup besar sedang berlangsung seminar usaha kecil menengah untuk mahasiswa dari instansi pendidikan tinggi. Suatu ketika pembicara dari depan menanyakan kepada seluruh mahasiswa yang waktu itu hadir termasuk penulis sendiri. Pertanyaannya yaitu : siapa yang mendapatkan IP (Indeks Prestasi) 4.00, serentak sebagian kecil mahasiswa mengangkat tangan, seketika itu juga pembicara yang bertanya mengatakan IP 4.00 itu tidak ada apa-apanya. Semua mahasiswa yang mengangkat tangan pada saat itu secara perlahan menurunkan tangan mereka.
Entah apa yang terpikirkan oleh para mahasiswa itu, marahkah ? sedihkah ? atau tenang-tenag saja ? entahlah, hanya mereka yang  mengetahui perasaan mereka pada saat itu. Tujuan pertanyaan dari pembicara tersebut pada dasarnya hanya sebuah bentuk motivasi kepada kita semua untuk dapat selalu mandiri dan berkembang dalam situasi dan kondisi apapun.
Pemikiran ini sebenarnya ingin dituangkan menjadi tulisan pada tiga tahun yang lalu. Namun, entah kenapa hingga saat ini baru terealisasi. Mungkin karena waktu yang belum tepat, kebiasaan menulis bukan berarti kapan saja kita dapat menulis. Namun, ada tulisan dengan topik tertentu yang membutuhkan waktu yang tepat untuk dinarasikan menjadi huruf yang nyata.

Semua orang pasti menginginkan lulus di perguruan tinggi dengan predikat Cum Laude. Dengan begitu, mereka dapat membahagiakan hati keluarga mereka dan lebih khususnya lagi kedua orang tua mereka yang telah membesarkan sekaligus menyekolahkan sampai di tingkat perguruan tinggi. Hal ini tidak semua orang dapat meraihnya, lika-liku kehidupan memberikan peradaban yang sangat tampak. Misalnya ada seorang anak yang sangat ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi, namun karena terbatasan ekonomi keluarga maka dia lebih memilih membantu keluarganya untuk bekerja sehingga niat sekaligus cita-cita mejadi seorang mahasiswa tak terwujud. Maka beruntunglah orang-orang yang mampu untuk mencapai gelar mahasiswa, apalagi hingga mendapat sebutan sebagai alumni perguruan tinggi.
Oleh karena itu, bersyukur dan berusahalah dengan sebaik-baiknya untuk menjalankannya dan niatkanlah untuk memberikan senyuman pada keluarga serta kedua orang tua kita pada saat mendampingi sidang terbuka acara wisuda.
Apa itu Cum Laude ?
Cum laude berasal dari bahasa latin yang berarti pujian, predikat ini diberikan oleh pihak kampus kepada setiap mahasiswa yang mencapai nilai terbaik dengan standar nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tertentu. Biasanya dapat terlihat saat acara wisuda mahasiswa, mereka yang diberikat predikat cum laude memakai selendang dengan tulisan cum laude.
Apa itu sukses ?
Bagi penulis sendiri, sukses itu sendiri bersifat relatif. Artinya bahwa, ada orang yang dengan standar finansial tertentu sudah merasa sukses. Namun ada juga orang yang dengan standar tertentu belum merasa sukses.
Contoh :
Si A memiliki uang sebesar 50 juta, dia telah merasa sukses dan si B juga memilki uang dengan jumlah yang sama yaitu 50 juta, namun dia belum merasa sukses. Hal inilah yang kemudian hadir banyak pengertian tentang sukses berdasarkan para ahli.
Penulis tidak akan membahas pengertian dari para ahli tersebut. Namun, kesimpulan yang dapat penulis diambil dari beragam pengertian suskses yaitu Sukses adalah keadaan dimana kita telah mampu memenuhi kebutuhan primer kita dengan sebaik-baiknya. Kebutuhan primer mencakup sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (rumah) termasuk didalamnya biaya pendidikan.
Kenapa judul tulisan ini sukses bukan jaminan kesuksesan ?
Karena banyak orang yang lulus dengan predikat cum laude tapi mereka biasa-biasa saja, tidak sukses atau belum sukses. Bahkan ada orang yang tidak mendapatkan predikat tersebut tapi mereka malahan menjadi luar biasa. Dalam hal ini semua kebutuhan mereka telah terpenuhi baik primer maupun sekunder.
Untuk meraih kesuksesan bukan hanya mengandalkan kepintaran atau keceradasan tetapi juga bakat dan kerja keras sembari diiringi dengan doa.
Bakat meliputi kemapuan anda untuk mencari peluang dan membuat peluang untuk sukses. Bakat meliputi kemampuan anda untuk memanfaatkan kesempatan. Bakat meliputi kemampuan anda untuk komitmen dan konsisten bekerja keras namun cerdas.
Conto kasus :
Ada orang yang tidak tamat sekolah, tapi dia memiliki bakat untuk berjualan pakaian hingga dia dapat mencapai kesuksesan.
Jadi, itulah kenapa untuk meraih kesuksesan bukan hanya dengan nilai kelulusan atau predikat cum laude. Tapi bagaimana kita memaksimalkan bakat kita untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan selalu berdoa.
Namun bukan berarti, anda acuh tahu dengan nilai kelulusan anda, bukan berarti anda menjadi malas untuk belajar. Ingatlah untuk tetap membahagiakan keluarga dan kedua orang tua anda dengan nilai kelulusan terbaik termasuk mendapatkan predikat cum laude sebab membahagiakan kedua orang tua kita merupakan kewajiban. Apalagi disaat anda memperoleh nilai terbaik atau predikat cum laude saat wisuda.

Telkom Manado : Tempat Internetan Terbaik

Wifi.id Telkom Manado - Perkembangan zaman dan teknologi merangsang manusia untuk semakin berkembang dalam dunia teknologi khususnya teknologi komunikasi online. Begitu banyak penyedia layanan komunikasi media sosial, maupun internet yang kini menjadi fasilitas utama disetiap tempat-tempat usaha, mulai dari warung kopi, rumah makan, cafe, mall, swalayan, tempat cuci mobil bahkan sampai pada tingkat kantor-kantor pemerintahan.
Jaringan wifi menjadi andalan, sehingga setiap pelanggan yang berkunjung pada tempat usaha menjadi nyaman. Selain menikmati hidangan atau berbelanja, mereka juga dapat menggunakan fasilitas internetan yang telah disediakan. Sama halnya dengan bidang pemerintahan, dengan adanya fasilitas internet maka dapat mempermudah setiap pegawai dalam bekerja terkait dengan kebutuhan informasi-informasi yang mereka butuhkan atau dalam pengeriman data secara elektronik yang sering disebut email.
Namun, tak sedikit juga fasilitas yang dosediakan di tempat- tempat usaha tidak terlalu memadai, maksudnya jaringan internet lambat sehingga untuk mengkases sebuah situs atau membuka video butuh waktu yang cukup lama. Hal ini juga menjadi salah satu penilaian pengunjung karena selain untuk santai mereka juga membutuhkan akses internetan yang baik.
Saya termasuk orang yang sering nongkrong dengan teman-teman untuk ngopi dan ngobrol tentang apa saja yang dapat dibahas. Fasilitas internet menjadi salah satu tolak ukur kita dalam memilih tempat bersantai.
Selama pengalaman saya sampai saat ini, Telkom Manado masih yang terbaik, selain fasilitas yang disediakan untuk internetan terbilang paling cepat dalam mengakses, harga untuk menikmati fasilitas ini pun cukup terbilang murah.
Untuk menikmati layanan internet yang disediakan kita cukup membeli voucher bernilai 5000 dengan harga Rp 6000, semua itu dapat dinikmati selama 12 jam (tertera pada voucher).
Jika anda yang berada di seputaran kota manado dan sekitarnya dan belum pernah berada di Telkom Manado, mungkin penasaran untuk mencoba menggunakan akses internet di tempat tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya.
Cara untuk menikmati fasilitas internet di Telkom Manado
1.        Datang ke Telkom Manado di Jalan Sam Ratulangi, tepatnya samping Multi Mart, depat hotel wisata
2.        Saat masuk terdapat pos security, nah silahkan beli voucher di situ
3.        Silahkan pilih tempat duduk, banyak disediakan di seputaran halaman telkom
4.        Gosok vouchernya terlebih dahulu untuk melihat User name dan Password
5.        Buka internet akses di laptop anda dan temukan hotspot wifi.id

6.        Silahkan connected
7.        Buka aplikasi search engine anda di komputer (mozilla atau Chrome)
8.        Ketik wifi.id dan search

9.        Maka akan muncul tampilannya, silahkan masukan user name dan password yang terdapat pada vuocher tadi
10.    Klik Login
11.    Terakhir, anda telah terhubung dan selamat menikmati kecepatan internetnya hehe 

Sekian yang dapat saya share salah satu tempat nongkrong dengan fasilitas internet yang cepat. Eh sampai lupa, di Telkom manado juga terdapat warung dan kios yang dapat anda dapatkan minuman dan makanan hehe. 
Silahkan lihat juga hal-hal seputar dunia internet di : Tutorial Internet

Tujuan Bergabung di Organisasi Mahasiswa Itu Beragam

Tujuan setiap orang bergabung di organisasi kemahasiswaan itu beragam-ragam, baik organisasi tingkatan kampus (internal) maupun organissasi di luar kampus (eksternal). Hal ini harus dapat dipahami oleh setiap orang yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia keorganisasian  dalam tingkatan apapun, sehingga dapat mengindari atau meminimalisir sifat egois terhadap orang-orang yang baru bergabung dengan setiap organisasi tersebut.

Tujuan Bergabung di Organisasi Mahasiswa Itu Beragam
Memang secara aturan keorganisasian dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggran Rumah Tangga (ART) organisasi telah termuat tujuan atau visi misi sebuah organisasi yang telah disahkan secara bersama, namun diluar dari pada hal itu terdapat tujuan individu yang lebih khusus dalam memutuskan/memilih untuk bergabung dengan sebuah organisasi tertentu.
Tujuan yang beragam antara lain :
1.    Mencari lebih banyak teman
Mencari banyak teman merupakan tujuan yang dominan saat seseorang berkeputusan untuk bergabung dengan sebuah organisasi mahasiswa. Lewat kebergaman suku, budaya dan agama yang berada dalam sebuah wadah organisasi menjadikan sebuah hubungan pertemanan yang beragam. Dengan begitu setiap individu mendapat banya teman dari segala penjuru daerah. Sebuah filososfi hidup : satu musuh kelebihan dan seribu teman itu kurang.

Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan


Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan
Dalam usaha pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup maka kita sebagai manusia perlu melakukan:
1.    Pelestarian tanah (tanah datar, lahan miring/perbukitan)
Upaya pelestarian tanah dapat dilakukan dengan cara menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali (reboisasi) terhadap tanah yang semula gundul. Untuk daerah perbukitan atau pegunungan yang posisi tanahnya miring perlu dibangun terasering atau sengkedan, sehingga mampu menghambat laju aliran air hujan.
2.    Pelestarian udara
Udara merupakan unsur vital bagi kehidupan, karena setiap organisme bernapas memerlukan udara. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dan sehat antara lain:
a.    Menggalakkan penanaman pohon atau pun tanaman hias di sekitar kita.Tanaman dapat menyerap gas-gas yang berbahaya bagi manusia. Tanaman mampu memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis. Di samping itu tumbuhan juga mengeluarkan uap air, sehingga kelembapan udara akan tetap terjaga.
b.    Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran, baik pembakaran hutan maupun pembakaran mesin Asap yang keluar dari knalpot kendaraan dan cerobong asap merupakan penyumbang terbesar kotornya udara di perkotaan dan kawasan industri. Salah satu upaya pengurangan emisi gas berbahaya ke udara adalah dengan menggunakan bahan industri yang aman bagi lingkungan, serta pemasangan filter pada cerobong asap pabrik.
c.     Mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer.Gas freon yang digunakan untuk pendingin pada AC maupun kulkas serta dipergunakan di berbagai produk kosmetika, adalah gas yang dapat bersenyawa dengan gas ozon, sehingga mengakibatkan lapisan ozon menyusut

12 Macam Sumber Daya Alam Serta Perbedaanya

12 Macam Sumber Daya Alam Serta Perbedaanya

Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sumbernya, persebarannya, tujuannya, cara pengolahan dan pemanfaatannya, sifat, potensi, jenisnya, pembentukannya, nilai ekonomis atau nilai kegunaannya, bentuknya, Undang-Undang Republik Indonesia serta berdasarkan Barlow :
1.    Berdasarkan sumbernya
Sumber daya alam di bedakan menjadi 2 jenis yaitu :
a.    Sumber daya alam  Biotik (organik) yaitu sumber daya alam yang berasal dari mahkluk hidup misalnya : kayu, ikan, batu bara, minyak bumi, dan mamer.
b.    Sumber daya alam Abiotik (anorganik) yaitu sumber daya alam yang berasal bukan dari mahkluk hidup misalnya : tima, besi, dan kwarsa.

7 Pengertian Ekologi Menurut Ahli Ekologi Ternama


Pengertian Ekologi Menurut Pakar Ekologi Ternama
1.    Ernst Haeckel (1866)
Ekologi adalah ilmu komprehensif yang mempelajari hubungan antara organisme dan lingkungannya.
2.    Burdon – Sanderson (1893)
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari relasi/ hubungan eksternal antara tanaman dan hewan satu sama lain, serta keberadaannya pada masa lampau dan saat ini. Relasi eksternal tersebut untuk membedakan dengan fisiologi (relasi internal) dan morfologi (struktur).
3.    Tansley (1904) (pure science)
Hubungan tanaman dengan lingkungannya dan dengan tanaman lain    dimana secara langsung dipengaruhi oleh perbedaan habitat diantara tanaman (struktur dan fungsi).
4.    Elton (1927) (applied science)
Ilmu yang mempelajari organisme (hewan) dengan kacamata sosiologi dan ekonomi, (bukan dilihat dari struktur dan adaptasi saja).
5.    Andrewartha (1961)
pengetahuan ilmiah mengenai distribusi dan kelimpahan suatu organisme.
6.    Krebs (1972)
memperjelas definisi ekologi: pengetahuan ilmiah mengenai interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan suatu organisme, (ekologi adalah mengenai dimana organisme ditemukan, berapa jumlahnya dan  mengapa).
7.    Ricklefs (1973)
Dalam buku teksnya mendefinisikan ekologi sebagai ilmu lingkungan alam, terutama mempelajari hubungan mendalam antara organisme dengan lingkungan sekitarnya.

Itulah 7 pengertian ekologi menurut ahli ternaman yang telah mendunia, semoga menambah pengetahuan kita.

Pengertian Ekosistem Terumbu Karang dan Fungsinya


Ekosistem Laut atau ekosistem terumbu karang adalah tipe ekosistem yang sangat khas tropis, dan merupakan gabungan dari berbagai macam hewan, yang membuat kerangka di luar tubuhnya sebagai pelindung yang dibuat dari bahan kapur (kalsium karbonat). 
Mereka hidup berkoloni dengan bentuk berbagai macam: seperti pohon, kubah, setengah bola basket, cangkir. Setiap anggota koloni  mempunyai hubungan dengan anggota di sekitarnya.
Hidup di daerah laut tropis dengan kedalaman 30 meter, suhu 26 derajat celcius, kadar garam 33 permil, yang ada di ekosistem ini: plankton, rumput laut, ikan, benthos, moluska, crustacea. Penyusun terumbu karang: scleractina bersimbiosis dengan algae zooxanthellae.
Dalam hal kesatuan ini algae zooxanthellae mendapatkan karbondioksida untuk proses fotosintesis dan zat hara dari hewan-hewan terumbu karang. Oleh karena itu terumbu karang harus menempati habitat yang selalu mendapatkan sinar matahari dan airnya jernih. Sebagai sebuah ekosistem, terumbu karang disusun oleh rantaii dan jaring makanan berbagai jenis biota laut.
Fungsi ekosistem terumbu karang yaitu pelindung pantai dari hempasan ombak.

Ekosistem Hutan Hujan Tropis dan Hutan Mangrove Beserta Fungsinya Masing-Masing

Ekosistem Hutan Hujan Tropis
Ekosistem ini berada di wilayah tropika termasuk indonesia dengan curah hujan 2000-4000 mm/tahun. Hutan hujan tropis di indonesia terdapat di Kalimantan dan Sumatra yang mendapat hujan setiap tahun dan mempunyai kelembaban sekitar 80%. Hutan hujan tropis Indonesia adalah penyusun utama sumber daya hayati flora darat.
 
Dihutan tropis terdapat tumbuhan kurang lebih 25.000 jenis termasuk 3000 jenis anggrek. Tumbuhan bernilai ekonomi tinggi, antara lain meranti merantian, kacangkacangan, jambu jambuan, Lumut dan ganggang 35.000 jenis, Satwa ada 220.000 jenis yang terdiri dari mamalia 515 jenis, ikan 4000 jenis, reptil 1000 jenis, burung 1519 jenis dan serangga 200.000 jenis.

Klasifikasi Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Aktifivitas Manusia

A.    Pencemaran lingkungan oleh kegiatan rumah tangga dan perorangan
1. Kegiatan perorangan :
Merokok dan perokok pasif
a.    Gas CO (mengandung CD, NI, dan logam lain tergantung kondisi tanah tempat tumbuhnya tanaman tembakau.
b.    NI dan CD diduga penyebab kanker paru-paru.          
a)    Gas co bereaksi dengan hb darah dapat menimbulkan keracunan darah.
b)     Tar dan nikotin merusak jaringan paru paru.
2.    Kegiatan rumah tangga
Sampah rumah tangga berasal dari semua keperluan dapur dan bahan bahan untuk membungkus dan dikelompokan menjadi 2:

Contoh Pencemaran Lingkungan Oleh Makhluk Hidup, Zat, Energi dan Komponen Kimia

Contoh Pencemaran Lingkungan Oleh Makhluk Hidup, Zat, Energi dan Komponen Kimia

Menurut UU Pengelolaan LH No.23 1997 Pencemaran Lingkungan adalah masuknya / dimasukannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain kedalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun, sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang / tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Contoh Rantai Makanan di Hutan dan Dampak yang Terjadi


Contoh Rantai Makanan di Hutan dan Dampak yang Terjadi

Contoh Rantai Makanan di Hutan
Tanaman hutan - belalang -  burung
Serigala - harimau
Tanaman hutan - tikus - burung    
serigala - harimau          
Daur materi di dalam ekosistem hutan terbentuk saat organisme di ekosistem tersebut mati, kemudian dirombak oleh mikrobia, hasil perombakan merupakan nutrien / hara untuk tumbuhan. Pada contoh rantai makanan hutan diatas terlihat tumbuhan penyusun ekosistem hutan sebagai mata rantai pertama konsumen atau produsen. Sebagai mata rantai kedua atau konsumen I yang sifatnya herbivora adalah belalang. Selanjutnya dalam gambar terlihat konsumen II, III, IV yang semuanya hewan carnivora yaitu burung, serigala dan harimau.
Apa yang terjadi apabila salah satu mata rantai makanan tersebut tidak berfungsi ?  
Maka kemungkinan yang terjadi adalah sebagai berikut :
1.    Serangga yang tinggal dan makan daun daunan pada hutan yang terbakar akan kehilangan tempat tinggalnya dan sumber makanannya dan akan pindah ke tempat lain atau migrasi. Ditempat yang baru mereka kelelahan dan kelaparan akan memakan tanaman pertanian.
2.    Burung yang biasanya memangsa serangga akan kehilangan sumber makanannya, sehingga burung burung ini akan meninggalkan habitatnya.
3.    Perginya burung menimbulkan rasa aman bagi tikus tikus yang semula juga dimangsa burung tersebut. Karena ketiadaan predator maka tikus akan lebih leluasa berkembang biak dan semakin meningkat jumlahnya.
4.    Serigala yang kehilangan mangsanya karena burung burung tadi melakukan migrasi terpaksa mencari sumber makanan lain. Tidak jarang serigala ini masuk kampung memangsa ternak penduduk
5.    Karena seigala sudah tidak ada lagi dihutan maka harimaupun kehilangan mangsanya sehingga masuk kampung menyerang ternak penduduk termasuk manusia.

Pengertian Rantai Makanan Secara Umum


Suatu sistem  kehidupan yang disusun oleh tumbuhan dan berbagai jenis hewan. Tumbuhan sebagai mata rantai pertama dimakan dimakan oleh hewan tertentu yang disebut konsumen i. Konsumen i dimakan konsumen ii, konsumen ii dimakan konsumen iii dan berakhir pada konsumen ke-n. 

Pengertian Rantai Makanan Secara Umum
a.    Tumbuhan yang menjadi rantai pertama disebut sebagai produsen
b.    Konsumen I yang memakan tumbuhan disebut herbivora
c.     Konsumen II, III, IV, dan ke-n yang memakan hewan disebut  karnivora
Dengan demikian rantai makanan atau aliran energi itu dapat digambarkan sebagai garis lurus, karena mulai dari satu titik (tumbuhan) berakhir di satu titik lain (konsumen ke-n). Semua jenis konsumen yang mati, tubuhnya akan diuraikan oleh kelompok mikrobia yang hidup ditanah misalnya jamur dan bakteri.

Contoh Rantai Makanan di Laut dan Gangguan yang Terjadi

Di dalam ekosistem perairan terbentuk rantai makanan antara lain:
Fitoplankton – zooplankton - ikan kecil - ikan besar – manusia - pengurai
Gangguan ekosistem perairan dapat terjadi, misalnya apabila menangkap ikan dengan tuba, memakai bahan peledak atau aliran listrik.
 
Contoh Rantai Makanan di Laut dan Gangguan yang Terjadi

Gangguan pada rantai makan ekosistem perairan:
1.    Pada rantai makanan ekosistem perairan dapat terjadi peristiwa yang disebut akumulasi biologik dan penggandaan biologik (biological accumulation and magnification).
2.    Pada saat suatu predator memakan mangsa, maka zat anorganik tertentu atau substansi kimia misalnya ddt yang berasal dari tubuh mangsa itu akan diakumulasi oleh pemangsa / predator.
3.    Pasangan mangsa-predator adalah bagian dari suatu rantai makanan sebagai “mata rantai”.
4.    Predator pada suatu rantai makanan menjadi mangsa bagi predator lainnya dan seterusnya, sehingga diujung rantai makanan konsentrasi suatu zat atau substansi kimia yang terbawa bersama makanan akan berlipat ganda, peristiwa ini disebut penggandaan biologi.
5.    Dengan demikian adalah mungkin untuk menghindari kemungkinan terkontaminasi makanan yang mengandung bahan berbahaya beracun (B3), caranya dengan tidak memakan hanya satu jenis dan / atau dari satu sumber makanan saja.
6.    Menganekaragamkan jenis makanan dapat mengurangi kemungkinan keracunan B3 karena dengan menu yang berganti ganti kita terhindar menjadi ujung suatu rantai makanan tertentu.
Bahan bahan kimia termasuk bahan kimia essensial yang diperlukan makhluk hidup, akan bersirkulasi menurut polanya sebagai daur materi atau daur biogeokimiawi yang dapat dibedakan menjadi:
1.    Daur dalam bentuk gas, apabila kutub reservoirnya berada di atmosfer atau hydrosfer
2.    Daur dalam bentuk sedimen, apabila kutub reservoirnya berada dalam sedimen atau batuan induk
Daur bentuk gas ini dapat dikatakan lebih sempurna daripada daur dalam bentuk sedimen, karena kutub reservoir yang ada di atmosfer dapat secara cepat mengatasi apabila terjadi ketidak seimbangan di dalam daur.