Dampak Buruk Ping Google yang Berlebihan

Share tentang Dampak Buruk Ping Google yang Berlebihan. Melakukan ping atau submite URL postingan ke google merupakan salah satu teknik SEO agar postingan kita langsung terindeks oleh google. Pengertian Ping adalah proses kegiatan mengirimkan pesan ke suatu jaringan agar segera mendapatkan respon dari jaringan tersebut, dalam hal ini adalah pihak google itu sendiri.

Dampak Buruk Ping Google yang Berlebihan
Namun melakukan ping yang berlebihan juga akan berdampak buruk karena akan di anggap SPAM oleh google sehingga ranking postingan kita yang tadinya berada di posisi yang baik bisa jadi akan bergeser atau bahkan hilang dari ranking google.
Dampak buruk lainnya blog kita bisa mendapatkan Pinalty Google atau sandbox. Jika itu terjadi maka butuh kerja keras untuk memperbaikinya dan seiring waktu berjalan selama pinalty google kita akan mengalami penurunan pengunjung blog. Hal itu sudah saya rasakan sendiri sewaktu blog saya mendapat Pinalty google akibat PING yang berlebihan. Contoh sederhananya misalnya kita bertamu kerumah orang, kalau sehari sekali bertamu itu baik saja tapi jika sehari kita bertamu lebih dari sekali maka bisa jadi tuan rumah akan bosan dengan kehadiran kita, iya kan ? hehe
Ini gambar blog saya waktu mendapatkan pinalty google akibat dari ping yang berlebihan, sebenarnya ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan blog kita mendapat penalty google atau sandbox, ping yang berlebihan hanya merupakan salah satu faktor. Untuk mengecek blog penalty google banyak tool yang tersedia. Silahkan cek blog anda

Dampak Buruk Ping Google yang Berlebihan
Jadi, bagaimana cara ping yang baik ?
Banyak referensi dari situs-situs lain yang membahas tentang hal ini. Ada mengatakan sehari sekali, seminggu sekali dan ada juga yang mengatakan sebulan sekali.
Menurut saya pribadi sehari sekali itu lebih baik, dengan catatan kita telah memperbaharui blog kita dengan postingan agar google segera mengetahui kalau kita telah melakukan pembaruan blog pada hari itu. Walaupun sehari kita membuat 5 atau 10 postingan cukup lakukan sekali ping karena pada dasarnya google akan tetap mengindeks postingan kita. Kita melakukan ping sekali sehari hanya sekedar memberitahukan pembaruan blog kita. 

Ternyata benar juga kata pepatah "segala sesuatu yang berlebihan itu kurang baik" hehe. Semoga kita dapat menjaga keadaan blog kita selalu aman dan baik-baik saja.

Apa Itu Google AdSense dan Manfaatnya Bagi Blogger

Share tentang Apa Itu Google AdSense dan Manfaatnya Bagi Blogger. Google AdSense adalah layanan pengiklanan yang disediakan oleh pihak Google untuk pasang iklan gratis di internet bagi para blogger mendapatkan penghasilan pada blog atau website mereka dengan cara mendaftar untuk membuat akun Google AdSense. Ini  dapat dikatakan cara sederhana yang gratis untuk memperoleh penghasilan dari blog.

Anda akan dibayar lebih jika terjadi klik pada iklan yang dipasang di blog. Namun tanpa ada klik pun akan ada penambahan saldo di akun google adsense kita tapi sangat kecil, itupun jika banyak pengunjung yang berkunjug di blog.
Untuk cara daftar google adsense anda dapat langsung disitus Google AdSense,  dengan persyaratan :
1.    Memiliki blog atau website
2.    Blog sudah berumur 6 bulan (berdasarkan pengalaman pribadi) bisa lebih atau kurang
3.    Postingan blog harus asli tulisan sendiri dan bukan copy paste
4.    Perbagus navigasi blog sehingga pengunjung bisa menjelajahi isi blog dengan mudah
5.    Jumlah postingan kurang lebih 100 (berdasarkan pengalaman) mungkin juga bisa lebih bisa kurang
Banyak sekali informasi persyaratan yang anda bisa peroleh dari berbagai sumber di internet, yang saya paparkan diatas hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Setelah mendaftar pihak google adsense akan melakukan dua kali seleksi blog anda, anda akan mendapatkan pemberitahuan lewat email jika diterima atau tidak.
Banyak para blogger Indonesia yang sudah meraup keuntungan dari Googe AdSense, jika anda berminat anda juga bisa menjadi publisher AdSense dengan memenuhi beberapa syarat di atas. Selamat mencoba.

Cara Memasang Iklan Adsense di bawah Akhir Postingan Artikel

Saya akan Share tentang Cara memasang iklanadsense di bawah akhir postingan artikel yang pada sebelumnya saya telah Share tentang cara pasang Iklan Google Adsense di Bawah Judul Postingan/Artikel.

Cara Memasang Iklan Adsense di bawah Akhir Postingan Artikel
Untuk memasang iklan adsense di awal atau akhir postingan, kode iklanya harus di parse (konverst) terlebih dahulu, silahkan parse kode iklan adsense DISINI
Bagini caranya :
1.    Setelah kode iklan di parse, buka dashbord blog anda dan pilih edit HTML
2.    Cari kode <data:post.body/>  dan letak kode iklan tepat di bawah kode tersebut,perlu diperhatikan biasanya kode tersebut terdapat lebih dari satu, tekan CTRL+F untuk mempermudah mencarinya
3.    Untuk membuat iklan rata tengah silahkan tambahkan kode <center> di awal kode iklan dan </center> di akhir kode iklan anda, seperti yang terlihat pada blog ini.
Jika semuanya sudah selesai dilakukan, jangan lupa untuk simpan perubahannya. Silahkan dilihat, jika belum berhasil silahkan dicoba lagi, karena kode <data:post.body/>   terdapat lebih dari satu.
Selamat mencoba.

Cara Pasang Iklan Google Adsense di Bawah Judul Postingan/Artikel

Share tentang Cara pasang iklan google adsensedi bawah judul postingan/artikel bagi anda yang baru terjun di dunia google adsense dan mau memasang iklan di bawah judul artikel agar dapat meningkatkan jumlah klik iklan dari pengunjung tapi sebelumnya kode iklan google adsense harus di parse terlebih dahulu karena kode iklan akan di pasang pada HTML blog, silahkan parse kode iklan DISINI

Cara Pasang Iklan Google Adsense di Bawah Judul Postingan/Artikel
1.    Setelah kode iklan di parse, buka dashbord blog dan pilih edit HTML
2.    Cari kode <data:post.body/> dan letak kode iklan tepat di atasnya, biasanya kode tersebut lebih dari satu, tekan CTRL+F untuk mempermudah mencarinya
3.    Untuk membuat iklan rata tengah silahkan tambahkan kode <center> di awal kode iklan dan </center> di akhir kode iklan anda
Saran :
Pasanglah iklan Google Adsense yang responsif, ukuran 300x250 atau 336x280. Jika template yang anda gunakan responsif maka akan terlihat bagus baik pada tampilan komputer dan tampilan HP.
Terakhir simpan perubahan, selamat mencoba.

Cara Parse Kode Iklan Disini




Alat Parse Kode Iklan Disini


CARA PARSE KODE IKLAN (CONVERT)





masukkan script kode HTML kedalam kotak dibawah ini kemudian klik Convert 






Cara Cek Blog Penalty Google/Sandbox dan Mengatasinya

Cara cek blog penalty google/sandboxdan mengatasinya. Seperti biasanya saya akan share berdasarkan pengalaman saya beberapa hari yang lalu blog saya ini terjadi penurunan visitor yang cukup drastis, saking penasaranya saya langsung berselancar di dunia maya bertanya ke Om google. Akhirnya saya mendapatkan berbagai macam informasi salah satunya  yaitu blog saya mendapat pinalty dari google. Saya mencari informasi tentang kenapa blog saya bisa mendapat hal tersebut.

Cara Cek Blog Penalty Google/Sandbox dan Mengatasinya
Google Pinalty atau google sandbox akan berdampak pada trafik blog kita karena posisi artikel yang tadinya berada di posisi baik akan menurun bahkan bisa hilang dari search google. Hal baik disengaja atau tidak disengaja, begitu google yang akan menilai blog kita.
Blog bisa terkena penalty google karena :
1.    Artikel dicurigai copy paste
2.    Optimasi SEO yang berlebihan
Kita jangan terlalu bersemangat dalam mengoptimasi SEO blog, harus memiliki batasan sewajarnya karena google akan mendeksi aktifitas yang kurang wajar dan SPAM dan submit artikel ke google juga jangan berlebihan sebab sesuatu yang berlebihan kurang baik. Misalnya sehari kita memposting 5 maka ping saja 1 atau 2 postingan yang anda anggap paling menarik.
3. Banyak link rusak di blog
Bila kita menghapus postingan blog yang linknya telah ditautakan ke postingan terkait lainnya maka link-link tersebut disebut link rusak. Google kurang menyukai blog yang terdapat banyak link rusak tersebut.
Cek blog anda
Untuk cek blog kita ada beberapa situs jasa tapi saya hanya memakai satu yaitu http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/
1.    Silahkan masuk ke situs tersebut dan masukan alamat blog anda kemudian mulai chek.
2.    Jika blog anda terkena penalty google maka akan terlihat seperti gambar dibawah,perhatikan tulisannya. Itu adalah contoh blog saya ini :
3.    Jika blog anda baik-baik saja maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini
Cara Mengatasinya
1.    Jika merasa ada postingan copy paste, silahkan perbaiki dengan mengedit ulang atau dapat menghapusnya.
2.    Kurangi optimasi SEO blog yang berlebihan
3.    Bersihkan link blog yang rusak
Silahkan lihat :

Semangat Blogger Harus Tetap Ada

Share kali ini tentang semangat blogger harus tetap ada, ini hanya sekedar motivasi diri sendiri bagi yang akan ikut termotivasi hehe. Kurangnya pengunjung, alexa rank yang tak kunjung ramping, pendapat dari blog yang kian menurun atau bahkan belum pernah pay out dari layanan peniklanan. Hal-hal itu kadang dapat membuat semangat ngeblog kita menurun bahkan mungkin ada yang fakum dalam jangka waktu yang cukup lama. Apalagi para blogger yang masih newbie (pemula) seperti saya, semangat menigkatkan pengunjung, alexa dan pay out di google adsense yang belum pernah membuat saya mulai malas, tambah lagi pas saya menulis ini, blog saya terkena penalty dari google, akhirnya saya mulai mengatasi hal itu dengan kerja keras. Lelah dan malas semakin terasa.

Namun, setelah dipikirkan kembali, ini merupakan tantangan bagi blogger pemula seperti saya dimana saya harus dapat menjaga semangat untuk ngeblog. Untuk mencapai segala sesuatu memang harus membutuhkan kerja keras dan konsisten. Saya yakin dan percaya kalau para blogger mastah yang sudah bisa dikatakan sukses pasti mengalami hal yang sama seperti para blogger pemula. Saya pernah berkomunikasi lewat media sosial (medsos) dengan salah seorang blogger yang menurut saya dia sudah dalam kategori sukses, saya katakan sukses karena setiap bulanya sudah pendapatkan penghasilan dari blog yang dia kelola. Dia mengatakan bahwa dia juga pernah kena banned dari google, Banned artinya tayangan iklan yang di non aktifkan dari pihak google. Makanya saya berpikir kalau memang mereka para blogger mastah sudah makan asam garam dengan permasalahan-permaslahan blog.
Yang perlu di contohi dari mereka yaitu semangat dan pantang menyerah mereka dalam mengelola blog. Itu yang harus dilihat oleh para blogger pemula, khususnya saya sendiri. Semakin hari pihak google semakin memperbaharui sistem kerja mereka yang menuntun para blogger harus lebih kreatif dan taat pada kebijakan-bijakan google itu sendiri. Mungkin karena semakin meninkat jumlah para blogger di dunia seiring perkembangan teknologi sehingga perusahan super seperti google pun semakin teliti dalam peraturan mereka.
Semoga dengan tulisan ini dapat sedikit menambahka semangat para blogger pemula dan sedikit mengingatkan para blogger mastah tentang sejarah proses perjalan mereka di dunia blog. Ayo tetap semangat, jenuh itu manusia maka biarkan rasa ini jenuh dan kurangnya semangat juga manusiawi. Harus dijaga yaitu  semangat harus tetap ada dalam diri blogger jangan sampai hilang. Terima kasih

Lihat juga :

Kecil tapi Politisi

Oleh  : Isra Buamona  
Anak ku Zihadi, dalam pikiranku dia hanyalah anak kecil yang baru belajar merangkak untuk menjadi anak yang baru tumbuh dewasa yang tidak tahu apa-apa soal isi dunia ini.

Isra Buamona
Memang ia seorang anak kecil yang ketika lapar atau haus dia cuma bisa menangis, begitupun dengan dia ngantuk atau sakit paling tidak dia hanya bisa gelisah dan menangis terus begitu saja. Kata orang begitulah kebiasaan anak kecil.

Adik Zihadi
Tetapi kemudian kalau kita melihat tangisannya hanyalah sebuah kebiasaan, maka kita sebagai orang tua hanya akan mendapatkan lelah dari tanggung jawab sebagai orang tua yang merawat anak-anak kita. Tapi jika kita melihat dari sisi lain maka yang kita dapatkan adalah proses POLITIK yang paling berharga dari seorang anak kecil yang kita lahirkan di dunia ini. Selain dari membahagiakan kita juga memberikan kita sebuah cerita besar soal pengetahuan politik.
Mengapa tidak, coba kita cermati benar, bagaimana seorang anak kecil dapat mempengaruhi kita hanya dengan teriakan dan tangis kecilnya. Saat itu kita sibuk, panik dan merasa kacau untuk segera menyiapkan atau menghadirkan apa yang menjadi kepentingannya, padahal ia menunjukkan kepada kita bahwa ia adalah calon seorang pemimpin politik besar yang harus dilayani dengan baik. Dengan pengetahuannya sebagai anak kecil ia dapat mengatur kita agar tetap selalu siaga dan terus bekerja menyiapkan apa yang menjadi kebutuhannya nanti.
Ia memberikan sebuah pelajaran paling berharga kepada kita selain dari proses politik juga mengajari kita sebagai orang tua untuk tetap sabar dan terus mennyayanginya sepenuh hati kita. Tetapi jika keinginannya tidak terpenuhi secara baik, maka kita sendiri sebagai orang tualah yang akan merasa bersalah, kehilangan, sedih dan lain sebagainya.
semoga kita terus belajar dari mereka, anak-anak kecil.
bersambung....

Satu Blog Lebih Baik agar efektif dan efisien

Ini hanya menurut saya Satu Blog Lebih Baik agar efektif dan efisien tapi jika anda mau membuat lebih dari satu blog silahkan saja selama itu yang terbaik buat anda hehe. Banyak penjelasan dari para blogger senior yang mengatakan beternak blog, dengan asumsi jika satu blog menghasilkan 100.000 rupiah perbulan maka jika kita memilki 10 blog berarti kita akan menghasilkan 1000.000 perbulan. Menurut saya hal itu bagus karena akan menambah penghasilan kita.

Namun, menurut saya hal itu butuh kerja keras, lebih khususnya lagi hal itu akan lebih cocok dengan para blogger yang full time seingga mereka hanya fokus pada pengelolaan blog. Hal ini akan sangat sulit bagi para blogger yang tidak full time atau memiliki kesibukan lain, membuat banyak blog hanya akan membuat blog lambat berkembang. Apalagi blogger pemula seperti saya yang juga memiliki kesibukan lain selain ngeblog.
Saya teringat sebuah istilah teman saya “ Menyukai Banyak Hal dalam Satu Hal Lebih Baik dari pada Menyukai Satu Hal dalam Banyak Hal” artinya jika kita mempunyai satu blog dan kita menuangkan semua pengetahuan kita disitu akan lebih baik dari pada kita memiliki pengetahuan dan menuangkan dibanyak blog, bisa dibayangkan, hasilnya juga tidak akan maksimal. Memang ada juga yang mengatakan buat blog utama dan yang lain hasil review dari blog utama tapi hal itu butuh banyak waktu. Seperti yang saya katakan sebelumnya jika blogger yang bukan full time pasti akan mudah jenuh dan hasilnya juga akan kurang maksimal.
Bagaimana jika fokus saja pada satu blog dan maksimalkan semaksimal mungkin mulai dari perbanyak konten, tingkatkan SEO blog dan desain tampilan semenarik mungkin maka akan mendapatkan penghasilan yang mencapai penghasilan dari beberapa blog.
Misalnya satu blog menghasilkan rata 100 ribu perbulan, 10 blog rata-rata 1000.000 perbulan. Bagaimana jika kita hanya memiliki satu blog dan berpenghasilan lebih dari satu juta, berarti lebih baik satu blog saja hehe. Agar kita lebih fokus dalam mengembangkannya.
Ini hanya menurut saya sebagai seorang blogger pemula, saya yakin bagi para blogger mastah semuanya memiliki lebih dari satu blog, saya pun berpikir demikian jika sudah senakin paham dalam dunia blogger, kemungkinan saya juga akan membuat blog tambahan. Tapi untuk saat ini satu blog lebih baik hehe.

Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog dengan Mudah

Ini dia Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog dengan Mudah. Banyak sekali situs penyedia jasa untuk cek kecepatan blog anda, salah satunya yang sering saya gunakan adalah  Gtmetrix. Dengan mengetahui kecepatan blog kita maka kita dapat mengevaluasi sampai dimana perkembangan blog kita dalam hal SEO, sehingga kita dapat lebih meningkatkan lagi dalam pengelolaan blog kita.
Untuk mengecek kecepatan blog :
1. Masuk ke situsnya https://gtmetrix.com
2. Masukan alamat blog anda
3. Mulai analisis, tunggu hingga prosesnya selesai
Lihat gambar dibawah
 
Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog dengan Mudah
4. Hasilnya akan terlihat seperti ini
Gambar diatas adalah hasil analisis blog saya, sebelumnya hasil belum seperti yang terlihat tapi dengan sering cek kecepatan blog maka kita dapat menilai dan mengelola  blog kita lebih baik lagi.
Berapa kecepatan loading blog anda ? Selamat mencoba
Selain Gtmetrix anda juga dapat mengecek kecapatan blog anda di Page Speed Insights from Google, Klik DISINI untuk mulai mengecek

 

Cara mengetahui Link Blog yang Rusak di Broken Link dan Cara Mengatasinya

Share tentang Cara mengetahui Link Blog yang Rusak di Broken Link dan Cara Mengatasinya. Ternyata sering menghapus postingan di blog dapat menyebabkan banyak link atau URL yang rusak, hal juga baru saya ketahui setelah berselancar bersama mbah google dan dari informasi yang saya ketahui saat berselancar ternyata hal itu akan berdampak pada SEO blog kita karena google tidak terlalu menyukai blog dengan banyak link rusak, pasti anda suda mengetahui dampak dari hal itu, ya blog kita akan kalah besaing di mesin pencarian google.
Setelah mengetahui dan mempelajari caranya saya langsung mempraktekanya, hasil link blog saya yang rusak sangat banyak yaitu 137 dan setelah berhasil mengatasinya akhirnya saya memutuskan untuk menulis postingan ini. Ini dia caranya :
1.    Kunjungi situsnya http://www.brokenlinkcheck.com dan masukan alamat blog anda
Cara mengetahui Link Blog yang Rusak di Broken Link dan Cara Mengatasinya
2.    Isi Security Code – Report All dan Find Broken
3.    Silahkan tunggu prosesnya hingga muncul jumlah link rusak pada blog anda
4.    Cara memperbaikinya, klik SRC maka Broken link akan menunjukan link yang rusak sekaligus tempat link itu berada di dalam konten. Kita tinggal masuk ke edit postingan tersebut dan menghapusnya. Berdasarkan pengalaman saya, saya langsung menghapusnya karena biasanya link-link rusak tersebut berasal dari link yang penah kita tautkan sedangkan konten dari link tersebut telah kita hapus sebelumnya.
5.    Setelah menerapkan cara diatas maka hasilnya pun cukup memuaskan
Sekian yang dapat saya Share, selamat mencoba dan jangan sungkan untuk berkomentar. Semoga bermanfaat

Keberadaan HUTAN Sebagai Sumber KEHIDUPAN

Keberadaan hutan sebagai sumber kehidupan ,mungkin slogan ini lebih banyak didengungkan oleh para rimbawan (orang yang berkecimpung di dunia kehutanan). Orang-orang lebih akrab dengan slogan “Air Sumber Kehidupan”. Pada dasarnya semua slogan itu benar dan tidak ada yang salah, hanya saja tiap-tiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda, ada yang melihatnya dari sisi umum dan ada yang melihatnya dari sudut lebih spesifik yaitu hutan itu sendiri. Saya sendiri akan menelusurinya dari sudut pandang kehutanan sebab saya lebih senang mempelajari tentang ilmu kehutanan.
Air tanpa hutan maka air akan cepat habis dalam konteks kebutuhan makhluk hidup, hutan tanpa air maka vegetasi hutan itu sendiri tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Itulah sebuah ekosistem bumi yang saling berhungungan dalam sebuah sistem besar yang bergerak di alam ini. Air tanpa hutan maka siklus air atau siklus hidrologi akan bergerak relatif cepat dan hal itu akan berdampak kurang baik pada sistem kehidupan makhluk hidup pada umumnya. Dampak yang nyata terlihat adalah banjir dan kurangnya kebutuhan air untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahkluk hidup lainnya. Dengan berkurangnya sumber air juga akan berdampak buruk bagi petani, selain kebutuhan air untuk tanaman berkurang, intensitas serangan hama juga akan meningkat. Hama-hama yang berada di hutan akan cenderung mendekati lahan pertanian dalam untuk mencari makan.  Hal itulah yang menyebabkan meningkatnya serangan hama karena berkurangnya kebutuhan air.
 
Manfaat dan Fungsi Hutan sebagai sumber kehidupan
Hutan itu sendiri memiliki banyak  fungsi dalam kehidupan, salah satunya yaitu hutan sebagai pengatur tata air (hutan lindung) sehingga layak dikatakan “Hutan Sumber Kehidupan”. Fungsi hutan sebagai pengatur tata air berhubungan erat dengan faktor ketersediaan air untuk kehidupan. Vegetasi hutan dalam hal ini pohon mengatur tata air melalui akar pohon yang mengatur siklus hidrologi sehingga laju pergerakan air akan berkurang, itulah kenapa sering diadakan kegiatan penghijauan dan reboisasi. Perlu dijelaskan tentang akar pohon menahan laju pergerakan air, menahan disini jangan salah artikan bahwa menahan seperti karakter manusia dalam memegang sesuatu tapi menahan disini adalah akar-akar pohon yang menjalar ke dalam tanah membentuk pori-pori tanah yang sangat banyak, air hujan yang jatuh ke permukaan bumi lewat siklus hidrologi tadi akan masuk ke pori-pori tanah yang terbentuk oleh akar pohon tadi sehingga dikatakan pohon atau hutan mengatur tata air. Dengan adanya ketersediaan air pada pori-pori tanah tersebut maka kebutuhan makhluk hidup terpenuhi dengan baik, selain itu bencana banjir dan kekeringan juga akan semakin diminimalisir.
Kenapa bahasanya diminimalisir ? karena bencana alam merupakan siklus alami alam itu sendiri. Kita sebagai manusia hanya berusaha meminimalisir dampak-dampak  dari bencana alam itu sendiri.
Secara garis besar bencana alam terbagi atas 2 yaitu :
1. Bencana alam secara alami dan
2. Bencana alam karena aktivitas manusia
Contoh :
Hutan terbakar secara alami diakibatkan oleh terjadinya gesekan daun pada tumbuhan bambu saat angin sedangkan hutan terbakar karena aktivitas manusia misalnya pada saat berada di hutan kita membuang puntung rokok tanpa mematikan terlebih dahulu sehingga dapat menyebabkan kebakaran atau pembukaan lahah hutan oleh petani dengan cara pembakaran. Itulah contoh kebakaran hutan secara alami dan diakbitkan oleh aktivitas manusia.
Hutan berhubungan erat dengan siklus hidrologi dalam sistem alam seperti yang telah saya katakan diatas. Siklus hidrologi adalah proses pergerakan air yang terjadi di atmosfer sampai ke permukaan bumi melalui proses evaporasi, transpirasi, respirasi, kondensasi, presepitasi, infiltrasi, perkolasi dan run off (aliran permukaan). Untuk lebih memahami tentang hutan dan siklus air.
Dengan adanya hutan maka pergerakan air akan relatif stabil dalam memenuhi kebuthan mahkluk hidup yang lebi baik, misalnya pada musim hujan kita akan terhindar dari bencana banjir karena pergerakan air hujan atau presipitasi akan melambat dengan adanya tajuk pohon yang menahannya sehingga mnejadikan aliran permukaan yang stabil juga. Jika air hujan yang jatuh tidak tertahan oleh tajuk tumbuhan atau pohon maka dapat menghancurkan partikel-partikle tanah, sehingga erosi dapat terjadi, intensitas aliran permukaan menjadi tinggi dan banjirpun akan terjadi.  Namun, apabila pergerakan air hujan tadi tertahan oleh tajuk pohon dan akar dalam tanah maka aliran permukaan laju  (run off) menjadi rendah sehingga bencana banjir pun dapat diminimalisir seminimal mungkin.
Erosi itu sendiri adalah proses penghancura, pengangkutan dan pengendepan (sedimentasi) atau secara sederhana erosi adalah proses pengikisan tanah. Seperti yang anda lihat pada saat banjir air menjadi kotor, itulah proses pengangkutan, sedangkan proses penghancuran terjadi saat air hujan menyentuh permukaan bumi dan proses pengendapan akan terjadi di dasar laut yang disebut sedimentasi.
Pada ekosistem hutan terdapat beragam bentuk kehidupan, makanya sangat, sangat  dan sangat layak hutan dikatakan sebagai “Sumber Kehidupan” hutan dapat memenuhi semua kebutuhan hidup manusia mulai dari sandang, pangan dan papan. Di hutan manusia dapat berburu, di hutan manusia dapat menanam dan dihutan manusia mendapatkan konsumsi udara yang baik untuk tubuh. Bahkan tanpa manusia berada dihutan pun, fungsi hutan sebagai pengatur tata air dapat langsung dirasakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia.
Mulailah Melestarikan Hutan
Pertanyaan yang harus ditanyakan kepada diri kita sendiri adalah apa yang terjadi dengan hutan saat ini ?
Perlu digaris bawahi :
Hutan hutan bukan warisan tapi hutan adalah titipan dari nenek moyang untuk anak cucu kita
Mulailah melestarikan hutan dari sekarang, kita tidak perlu berpikir terlalu jauh tentang cara melestarikan hutan karena hal itu hanya akan membuat kita jenuh dan malas. Mulailah dengan tindakan nyata yang sederhana.
Apa itu tindakan nyata yang sederhana  ?
1.    Buanglah sampah pada tempatnya
2.    Tanamlah satu pohon sekarang, jika lebih dari satu, itu lebih baik
3.    Hematlah dalam menggunakan kertas karena bahan baku kertas juga dari pohon.
4.    Mulailah saling mengingatkan sesama manusia
Pada hakekatnya alamlah yang melestarikan manusia bukan manusia yang melestarikan alam sebab tanpa manusia pun alam akan tumbuh dan berkembang,  manusia hanya menjaga dalam memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup.
Hutan memeliki fungsi dan manfaat yang begitu besar terhadap kehidupan mahkluk hidup, dengan tindakan-tindakan sederhana di atas kita sudah secara langsung bertindak dalam melestarikan alam. Ala bisa karena biasa maka mulai dari sekarang, mulailah dari diri sendiri dan mulailah dari kehidupan sekitar kita.
Semoga sedikit share saya kali ini dapat menambah atau mengingatkan kembali tentang pentingnya melestarikan hutan. Jika ada penjelasan yang kurang tepat harap diberikan kritik dan saran pada kolom komentar dibawah sehingga kita dapat bersama-sama melengkapi dalam pengetahuan dan tindakan,terima kasih.

NGEBLOG itu Sangat Mengasikan

Kalau teman-teman ngga percaya ngeblog dapat menghasilkan uang ? silahkan saja search ke mbah google dengan kata kunci blogger berpenghasilan dollar, pasti teman-teman akan dapat jawabanya. Eitss tapi jangan salah paham dulu sebab ngeblog itu bukan hanya semata- mata untuk mendapatkan duit tapi ngeblog itu adalah hobby yang asik karena dengan ngeblog kita dapat menulis apa saja yang ada dalam pikiran kita berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sosial maupun lingkungan alam sekitar.

anyak juga yang jadikan ngeblog sebagai sarana menyimpan beragam kisah perjalanan atau kisah memasak dan kisah kasih dimana saja hehe... mau di sekolah di rumah atau di kantor.
Tapi jangan lupa teman-teman, menulis apa saja yang ada pikiran kita bukan berarti semuanya dapat kita tulis ya.... selama yang kita tulis itu tidak bersifat negatif ngga apa-apa walaupun dipikiran kita kadang ada hal-hal yang negatif heehehe... sebab pihak google sebagai jasa hosting terbesar akan memblokir blog kita, apalagi blog yang sudah banyak terdapat tulisan kisah kasih dimana saja yang kita tulis, kan kita yang rugi.
Terus ngomong-ngomong ngeblog juga akan menghasilkan uang misalnya kalau ada yang mau memasang iklan di blog teman-teman, dengan begitu sudah pasti teman-teman akan dibayar setiap bulannya, asikkk kan hehehe... hitung-hitung sambil menyelam tenggelam ehh salah bukan itu tapi sambil menyelam minum air hehe...
Hobby jugakan bisa dipadukan dengan keuntungan, contohnya para seniman atau pengrajin tradisional yang membuat berbagai bacam barang-barang seperti baju, kalung, tas aksesoris dari kayu atau bambu bahkan bisa juga pahatan dari batu, semua itu bisa saja berwal dari hobby mereka, namun seiring waktu berjalan ada orang-orang yang tertarik dan membelinya. Nah,, dari situlah yang dimaksudkan hobby juga bisa untuk jadi pekerjaan hehe....
Yang pastinya, ngeblog itu asik, menulis itu asik, kan hitung-hitung kalau ada yang sakit hati atau sakit gigi bisa juga curhatnya di blog selain curhat sama sahabat atau orang tua heheh.
Ayo teman-teman yang belum ngeblog silahkan di coba yaaa,,, buat blog juga mudah ko,, ngga susah-susah amat... atau kalau teman-teman ada yang masih bingung tanya saja ke say sapa  tahu  aja saya bisa ngasih solusinya cara membuat blog,,, bisa bertanya lewat komentar atau lewat email juga bisa,,, selama saya bisa bantu pasti dibantu dan kalau belum bisa bantu pasti diusahakan secepatnya bisa membantu hehe...
Oke, thanks yaa teman-teman uda mampir dan membaca good luck buat kita semua...