Pengertian Vegetasi Menurut Ahli

Dalam mempelajari tentang ilmu kehutanan dan pertanian kita selalu mendengar dan menyebut kata vegetasi dan pemahaman sekilas kita vegetasi adalah tumbuhan. Namun lebih jelas vegetasi memiliki pengertian yang luas menurut para ahli yang wajib kita ketahui sehingga semakin menambah pengetahuan kita tentang apa itu vegetasi, mari kita simak pengertian vegetasi menurut para ahli sebagai berikut :
1.    Menurut Polunin (1960)
Vegetasi adalah susunan dari spesies tumbuh-tumbuhan dan unit lain yang berbeda dari berbagai kelompok yang berbeda-beda yang tumbuh bersama-sama di alam.
2.    Menurut marsono (1977)
Vegetasi adalah kumpulan tumbuhan-tumbuhan yang biasanya terdiri dari berbagai jenis yang hidup bersama-sama disuatu tempat dan diantaranya individu-individu tersebut terdapat interaksi yang erat baik antara tumbuh-tumbuhan itu sendiri maupun faktor lingkungannya.
3.    Menurut Barbour dan Pitts (1980)
Vegetasi adalah susunan semua jenis tumbuhan disuatu wilayah dan hubungannya dengan pola sebaran jenis baik secara parsial maupun temporal.
4.    Menurut Soetikno (1990)
Vegetasi menggambarkan perpaduan berbagai jenis tumbuhan disuatu wilayah atau daerah. Suatu tipe vegetasi menggambarkan suatu daera dari segi penyebaran tumbuhan yang ada baik secara ruang maupun waktu. Suatu tipe vegetasi kadangkala dibagi lagi menjadi beberapa komunitas yang predominan disebut sosiasi yaitu sekumpulan beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh bersama-sama disuatu lingkungan.
Kesimpulan :
Dari penjelasan empat para ahli diatas dapat kita simpulkan bahwa Vegetasi adalah sekumpulan tumbuhan atau tanaman sejenis atau banyak jenis yang tumbuh bersama-sama dalam suatu wilayah atau areal dan melakukan hubungan interaksi didalamnya.
Berbicara tentang Vegetasi, pasti akan mengarah ke Analisis Vegetasi. Silahkan lihat juga Pengertian Analisis  Vegetasi

4 Pengertian Agroforestri Menurut Para Ahli

Agroforestri dipahami dan didefinisikan beragam oleh para ahli, berikut adalah pengertian-pengertian agroforestri menurut  para ahli :
1.    Menurut Soemarwoto (1981)
Agroforestri adalah suatu sistem tata guna lahan yang permanen. Tanaman semusim maupun tanaman tahunan ditanam bersamaan atau dalam rotasi sehingga membentuk tajuk-tajuk yang berlapis. Sistem ini memberikan keuntungan secara biologis maupun ekonomis.
2.    Menurut Wiersum (1981)
Agroforestri adalah tata guna lahan yang tetap (permanen). Pepohonan ditanam dengan dicampurkan tanaman pertanian (bersamaan atau bergiliran) dan mungkin juga kombinasi dengan peternakan.
Keuntungan melakukan penanaman dengan menggunakan sistem agroforesteri antara lain :
a.    Keuntungan ekologis
Penggunaan sumber daya lebih efisien
b.    Keuntungan ekonomis
Jumlah produksi yang lebih tinggi, kenaikan produksi kayu perkakas/kayu bakar penguranagn biaya untuk memeliara vegetasi.
c.     Keuntungan Sosial
Kesempatan kerja sepanjang tahun, menghasilkan panen kayu pada musim paceklik, memperkecil faktor resiko, produksi yang diarahkan pada keperluan sendiri dan/atau pasar.
d.    Keuntungan Psikologis
Perubahan relatif kecil dari cara produksi tradisional dan lebih mudah diterima oleh penduduk dari pada teknik-teknik pertanian berlandaskan sistem monokultur.
e. Keuntungan Politis
Sebagai alat untuk memberikan pelayanan sosial yang lebih baik dan kondisi-kondisi yang lebih baik bagi para petani.
3.    Menurut Lajie, A.M (1992)
Agroforestri merupakan bentuk pengelolaan yang memadukan prinsip-prinsip pertanian dan kehutanan. Pertanian dalam arti suatu pemanfaatan lahan untuk memperoleh pangan, serat dan protein hewani. Kehutanan untuk memperoleh produksi kayu pertukangan dan/atau kayu bakar serta fungsi estetik, hidrologi serta konservasi flora dan fauna.
4.    Menurut Hairiah dkk. (2003)
Pada dasarnya agroforestri terdiri dari tiga komponen pokok yaitu kehutanan, pertanian dan peternakan, dimana masing-masing komponen sebenarnya dapat berdiri sendiri sebagai satu bentuk sistem penggunaan lahan. Hanya saja sistem-sistem tersebut umumnya ditujukan pada produksi satu komoditi khas atau kelompok produk yang serupa.
Kesimpulan :
Pada dasarnya pengertian Agroforestri mencakup tiga komponen utama yaitu pertanian, kehutanan dan peternakan. Perubahan-perubahan kecil hanya akan berlaku pada pola dan desain sistem agroforestri itu sendiri.


Desain Agroforestri Menurut Chundawat dan Gautam

Menurut Chundawat dan Gautam menurut Chundawat dan Gautam, 1993 dalam Lahjie,2002 desain agroforestri yang baik harus mencakup beberapa kriteria sebagai berikut :

Jangan Lupa Bermimpi

Oleh        : Muzakir Rahalus
Facebook :  Muzakir Rahalus

Muzakir Rahalus

Cara yang BENAR Membayar Angsuran BPJS Kesehatan Via ATM BNI


Cara yang benar membayar angsuran BPJS Kesehatan via ATM BNI. Apa kabar teman-teman ? semoga kita semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana cara yang benar membayar angsuran BPJS via ATM Bank Negara Indonesia (BNI).

Ini Dia Pengertian dan Fungsi Wifi

Saya yakin dan percaya bahwa hampir sebagian besar manusia di bumi ini pasti tidak asing lagi dengan kata Wifi. Apalagi pada zaman perkembangan teknologi seperti sekarang ini, bukan hanya dikalangan orang-orang dewasa tetapi ditingkat anak-anak pun sekarang sudah mengenal istilah wifi sebab banya tersedia game-game online di warnet-warnet atau di rumah sendiri.
Ini Dia Pengertian dan Fungsi Wifi
Pertanyaan apa pengertian atau apa itu Wifi ?
Hal ini saya pikir layak untuk dapat diketahui khususnya saya sendiri yang juga berusaha untuk mengetahui apa itu wifi, sebab alangka baiknya kalau apa yang kita sering katakan, kita dapat mengetahuinya pengertiannya.
Pengertian Wifi
Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yaitu media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. Kenapa bisa cepat? Karena media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu.
Untuk penggunaan internet, wifi memerlukan sebuah titik akses yang biasa disebut dengan hotspot untuk menghubungkan dan mengontrol  antara pengguna wifi dengan jaringan internet pusat. Sebuah hotspot pada umumnya dilengkapi dengan password yang bisa meminimalisasi siapa saja yang bisa menggunakan fasilitas tersebut. Ini sering digunakan oleh warung kopi, swalayan, mall, perkantoran dan masih banyak lagi.
Fungsi Wifi
istilah wifi sudah banyak ketahui oleh masyarakat sebagai media untuk internet saja, namun sebenarnya wifi bisa juga difungsikan sebagai jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti di perusahaan-perusahaan besar, di instansi pemerintahan dan di warnet-warnet. Jaringan nirkabel sendiri sering di istilahkan biasa dengan nama LAN (local area network). Dengan mengfungsikan LAN kita juga dapat mengirim file-file dari komputer satu ke komputer lain dalam satu bangunan. Selain itu dengan LAN kita juga bisa melakukan sering printer agar satu printer dapat dipakai  oleh beberapa komputer tanpa harus menghubungkan komputer dengan printer sebab hanya mengfungsikan jaringan LAN tadi. Ingin mencoba sharing printer dan menerapkannya ? silahkan baca Cara Sharing Printer di Windows MelaluiFasilitas LAN atau WIFI
Fungsi lain dari wifi yaitu lebih portable, artinya kita tidak perlu repot menyediakan kabel penghubung ke hotspot. Sehingga kita dapat lebih cepat dan praktis dalam mentransfer data, namun perlu juga diketahui jarak komputer dari titik akses hotspot juga sangat berpengaruh, semakin jauh anda dari titik akses hotspot maka jaringan atau akses internetnya juga semakin lambat.

Itu dia pengertian dan fungsi Wifi yang dapat saya Share, semoga bermanfaat 

Cara Cetak File Microsoft Excel Agar Tidak Terpotong

Apa kabar teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang Cara Cetak File Microsoft Excel Agar Tidak Terpotong. Kadang pada saat mencetak file di microsoft excel sering terjadi salah satu masalah yaitu hasil cetakan yang terpotong. Sharel kali ini mungkin sangat bermanfaat bagi teman-teman yang baru bersentuhan dengan Microsoft Excel.
Conto file Microsoft Excel yang terpotong saat melakukan print seperti gambar dibawah ini :
Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti diatas perhatikan caranya sebagai berikut :
1. Buka file Microsoft Excel yang akan dicetak
2. Masuk ke print Preview
Masuk ke print Preview dengan cara, klik Office Buton – Print - Print Preview, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah :

Setelah masuk ke print preview maka kita akan dapat melihat batas yang kertas atau file yang akan tercetak :

Dengan melihat batas cetakan kertas diatas maka dengan muda  kita dapat mengatur batas cetakan agar sesuai dengan batas ukuran file yang akan kita cetak nantinya.
Penting :
Setelah masuk ke print Preview, sekarang saatnya Untuk mengatur batas kertas saat mencetak. Silahkan masuk Page Layout – Scale selanjut tinggal menyesuaikan scalenya untuk mencetak file excel dengan memperhatikan garis batas cetakan tadi agar file tidak terpotong nantinya.

Perhatikan gambar dibawah ini :

Semoga anda dapat mengikuti tutorial ini dengan baik, jik terdapat pertanyaan silahkan saja di kolom komentar.
Semoga bermanfaat.

Cara Memasukan Simbol di Microsoft Office Word dan Excel

Cara Memasukan Simbol di Microsoft Office Word dan Excel. Simbol di Microsoft Office Word dan Excel bertujuan untuk memudahkan kita saat menulis, apalagi dalam hal terkait dengan rumus-rumus matematika. Nah berikut saya akan Share cara memasukan simbol pada Microsoft Office Word dan Excel saat kita sedang menulis atau bekerja.
Memasukan Simbol di Microsoft Office Word
1. Pada saat sedang bekerja dengan Microsoft Office Word Masuk ke tool Insert
2. Pilih Symbol
3. More Symbols
Perhatikan gambar dibawah ini :
Cara Memasukan Simbol di Microsoft Office Word dan Excel
Pada saat memilih More Symbols maka akan muncul semua simbol-simbol yang terdapat di Microsoft Office Word, silahkan dipilih sesuai kebutuhan anda.
Memasukan Simbol di Microsoft Office Excel
Berikut adalah cara Memasukan Simbol di Microsoft Office Excel, caranya tidak jauh berbeda dengan Memasukan Simbol di Microsoft Office Word, hanya saja pada Microsoft Office Excel pada saat mengklik Symbol maka semua simbol langsung muncul pada tampilan Microsoft Office Excel
Berikut Caranya :
1. Pada saat sedang bekerja dengan Microsoft Office Excel Masuk ke tool Insert
2. Pilih Symbol
Perhatikan gambar dibawah ini :
Sama seperti Microsoft Office Word, silahkan pilih simbol sesuai kebutuhan anda.

Cara Memotong atau Crop Foto Saat Bekerja dengan Microsoft Office Word

Pada kesempatan ini saya akan Share tentang bagaimana  Cara Memotong atau Crop Foto Saat Bekerja dengan  Microsoft Office Word. Seringkali pada saat melakukan pekerjaan kantor atau tugas-tugas baik sekolah maupun kampus pasti sering berubungab dengan foto yang akan dimasukan atau dilampiran.
Cara ini mempermudah kita agar dalam memotong atau biasa yang disebut dengan crop bisa langsung kita lakukan di Microsoft Office Word tanpa harus menggunakan aplikasi-aplikasi lain, dengan langsung dipotong atau dicrop di Microsoft Office Word maka kita tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk masuk ke aplikasi edit foto khusus sehingga pekerjaan yang kita lakukan lebih efisien dan efektif.
Ini dia caranya :
Anggaplah kita sekarang sementara bekerja dengan Microsoft Office Word dan telah memasukan foto, namun setelah foto dimasukan, terdapat hal yang kurang pas menurut anda dan akan memotong foto agar sesuai.
1.    Klik double pada foto
2.    Pilih tool Crop pada bagian kanan atas menu Microsoft Office Word
Perhatikan gambar :

Crop Foto Saat Bekerja dengan  Microsoft Office Word
3. Setelah mengklik tool Crop maka akan muncul tanda crop pada bilah/sudut-sudut foto, nah dengan begitu anda tinggal memotong atau mencrop sesuai keinginan atau ukuran yang anda inginkan dengan cara mengeser tanda tersebut.
Seperti gambar dibawah ini :

Sekian Cara Memotong atau Crop Foto Saat Bekerja dengan  Microsoft Office Word yang dapat saya Share pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Bang, Pulang Bang (Kepada perantau)

Oleh         : Sei Handayani 

Sei Handayani

Ini mamak, berulang kali mengulang cerita. Sejak kau di dalam rahim, menendang tiap sisi perut, bergelut dengan perjanjian kelahiran. Malam itu kau terlahir di bawah bulan, pohon trembesi di halaman berguguran daunnya, tangismu nyaring mencari susu, mamak relakan dua puting lecet diisapanmu, bertahuntahun.
Bang, pulang bang. Fotomu dipajang di kamar mamak, tepat di samping pembaringan. Tiap kali ia tidur, disimpannya wajahmu di dalam mata. Kakikaki yang pernah mungil dulu, berlarian dan terjatuh di seluruh lantai rumah, juga di halaman, di pasar, di alunalun. Kakikaki yang kerap dielus diciumi tiap kali dalam gendongan meski bahunya ngilu. Kakikaki yang melintang di atas perutnya di malammalam ketika ia terlelap bersamamu. Kakikaki yang dikejarnya sebab risau. Kakikaki yang melangkah keluar dari pintu rumahnya, entah lupa entah enggan entah apa, belum juga pulang setelah bertahun. Ditunggunya setiap hari, doa menjelma nafas, kabarmu hanya suara di telepon.
Bang, pulang bang. Hari raya sudah dekat, orangorang rindu tanah lahirnya, ramai mereka mengatur perjalanan. Di rumah, mamak membakar adonan kue kering isi nenas kesukaanmu. Kalengkaleng penuh kue, hatinya masih kosong. Senyumnya kerap muncul di setiap ketika. Mungkin wajahmu yang senang menghabiskan kuekue itu terbayang di benaknya, anak lelaki satusatunya, wajah sama persis kekasihnya yang meninggal tahun lalu. Waktu itu, kau pun tak pulang bang, lautan terlalu luas mencipta jarak.
Bang, pulang bang. Sekali waktu pernah kulihat, mamak menangis di dalam kamar. Dipeluknya fotomu seolah tubuh. Akupun menangis. Apa kau tak paham perihal rindu? Itu belati yang menusuk hati tak matimati. Tak ada yang bisa membunuh rindu selain perjumpaan. Ditasbihkannya namamu, lalu namamu, namamu.
Bang, pulanglah. Ini mamak, rahimnya luka.
Medan, 23 Juni 2016

Lihat Juga Sei Handayani : Perihal Rindu yang Kukirimkan Kemarin Itu 

Pengertian Inventarisasi Sumber daya Hutan

Kata Inventarisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pencatatan atau pendaftaran barang-barang milik kantor. Namun dalam lingkup ilmu kehutanan Inventarisasi yang dimaksud disini adalah mencatat dan mendata hasil-hasil hutan baik flora maupun fauna atau semua sumber daya hutan.
Inventarisasi Sumber daya Hutan adalah kegiatan pengumpulan dan pengolahan data mengenai sumber daya hutan sehingga nantinya dapat melakukan perencanan dalam pengelolaan sumber daya hutan. 

Pengertian Inventarisasi Sumber daya Hutan

Ruang lingkup Inventarisasi Sumber daya Hutan meliputi survei mengenai status dan keadaan fisik hutan, flora dan fauna, sumber daya manusia, serta kondisi sosial masyarakat di dalam dan di sekitar hutan. Inventarisasi hutan wajib dilaksanakan karena hasilnya digunakan sebagai bahan perencanan pengelolaan hutan agar diperoleh pengelolaan yang kelestarian. Dalam melakukan Inventarisasi Hutan dikenal juga istilah Hirarki inventarisasi hutan.

Hirarki inventarisasi hutan adalah Inventarisasi hutan tingkat Nasional, Inventarisasi hutan tingkat wilayah, inventarisasi hutan tingkat Daerah Aliran Sungai, Inventarisasi hutan tingkat Unit Pengelolaan.

Tujuan inventarisasi hutan adalah untuk mendapatkan data yang akan diolah menjadi informasi yang dipergunakan sebagai bahan perencanaan dan perumusan kebijaksanaan strategis jangka panjang, jangka menengah dan operasional jangka pendek sesuai dengan tingkatan dan Kerjalaman inventarisasi yang dilaksanakan.

INVENTARISASI HUTAN TANAMAN

Inventarisasi Hutan Tanaman adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memantau proses perkembangan keadaan tegakan hutan tanaman dan perubahan-perubahan atau kerusakan-kerusakan yang timbul akibat berbagai hal selama pengelolaan. Hutan Tanaman adalah hutan yang dibentuk sebagai hasil dari kegiatan penanaman di kawasan hutan tanaman.

Ruang lingkup Inventarisasi Hutan Tanaman
meliputi seluruh aspek teknis dan non teknis yang merupakan faktor-faktor yang secara langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi perkembangan keadaan hutan. Aspek teknis meliputi fisik lapangan, sistem silvikultur yang digunakan dan keadaan hutannya sendiri. Sedangkan aspek non teknis meliputi sejarah perkembangan dan keadaan sosial ekonomi dari masyarakat di sekitar hutan yang diInventarisasi.

Tujuan Inventarisasi Hutan Tanaman adalah untuk mengetahui proses perkembangan keadaan tegakan hutan, perubahan-perubahan atau kerusakan-kerusakan yang timbul sebagai akibat adanya gangguan, baik alami maupun oleh manusia serta untuk menaksir kemampuan produksi dari hutan yang diInventarisasi.

INVENTARISASI HUTAN LINDUNG

Inventarisasi Hutan Linndung adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memantau proses perkembangan keadaan tegakan hutan lindung dan perubahan-perubahan atau kerusakan-kerusakan yang timbul akibat berbagai hal selama pengelolaan.

Hutan Lindung adalah kawasan hutan yg mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tats air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah.

Ruang lingkup Inventarisasi Hutan Lindung meliputi : aspek flsik, biotik dan sosial ekonomi. Aspek Fisik terdiri dari letak dan luas, topografi, tanah, iklim, dan aspek fisik lainnya yang mempunyai nilai penting, seperti gua, air terjun. Aspek Biotik meliputi keadaan vegetasi hutan, flora langka dan satwa. Aspek Sosial Ekonomi meliputi keadaaan penduduk dan sarana perhubungan.

Prinsip : Kondisi hutan minimal baik (berhutan). Prioritas utama peInventarisasian adalah areal-areal hutan lindung yang mendapat tekanan penduduk atau gangguan lainnya baik oleh adanya kegiatan usaha manusia maupun gangguan alam.

Tujuan Inventarisasi Hutan Lindung adalah untuk mengetahui proses perkembangan keadaan hutan, perubahan-perubahan atau kerusakan-kerusakan yang timbul sebagai akibat adanya gangguan baik alami maupun oleh manusia, sehingga strategi pengamanan hutan dan usaha perbaikannya dapat dilakukan sedini mungkin.

Lokasi klaster plot terletak pada Kawasan hutan yang berhutan, hutan konifer, hutan tanaman dan hutan mangrove.

Tujuan Enumerasi Klaster TSP/PSP untuk mendapatkan informasi awal mengenai potensi tegakan dan kondisi lahan. Metode yang digunakan adalah systematic sampling. Plot-plot klaster TSP/PSP tersebar secara sistematik di seluruh wilayah Indonesia, kecuali P. Jawa.

RE-ENUMERASI PSP

Plot Sampel Permanen (PSP) adalah plot yang terletak di tengah klaster plot, seluas 1 Ha yang dibagi ke dalam 16 (enam belas) record unit (RU) berukuran 25 m x 25 m, di tengah-tengahnya diletakkan pusat RU sebagai pusat pengukuran. Re-enumerasi PSP adalah kegiatan pengulangan pengumpulan data terhadap hasil pengukuran plot-plot permanen yang telah dienumerasi reguler. Ruang lingkup Re-enumerasi PSP meliputi: survei keadaan fisik hutan, permudaan, pohon dan rotan pada plot PSP.

Prinsip
:
a.  Kondisi hutan masih baik
b.  Umur enumerasi 4 - 5 tahun
Tujuan Re-enumerasi PSP adalah untuk memantau pertumbuhan pohon dan perkembangan tegakan serta memantau perubahan hutan.
Metode
: Systematic sampling sesuai dengan enumerasi terdahulu.
INVENTARISASI SOSIAL, EKONOMI DAN BUDAYA.
Inventarisasi Sosial, ekonomi dan budaya adalah pengumpulan data dan informasi mengenai sosial, ekonomi dan budaya masyarakat yang tinggal di dalam/sekitar hutan, yakni mengenai permasalahan-permasalahan mendasar serta potensi yang dimiliki oleh masyarakat setempat dalam pengelolaan hutan yang telah dan sedang berjalan.
Ruang lingkup :
a.   Sasaran kegiatan adalah diperolehnya data mengenai sosial, ekonomi dan budaya masyarakat di dalam/sekitar hutan yang digunakan sebagai input perencanaan kehutanan bottom up.
b.     Lokasi di dalam dan di lauar kawasan hutan.

Tujuan Inventarisasi sosial, ekonomi dan budaya adalah tersedianya data dan informasi mengenai sosial, ekonomi dan budaya masyarakat setempat sebagai bahan perencanaan dan perumusan kebijakan pengelolaan hutan dalam mewujudkan kelestarian SDH sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat di dalam/sekitar hutan.
Metode yang digunakan adalah purposive sampling yakni pengambilan sample secara sengaja dengan beberapa pertimbangan menyangkut wilayah/lokasi, informan (tokoh kunci), responder. Pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan pendekatan kualitatif (Inventarisasi Bersama Masyarakat, yakni membangun hubungan baik dengan warga setempat sambil melakukan observasi dan wawancara).

PENYUSUNAN NERACA SUMBER DAYA HUTAN (NSDH)

Neraca Sumber Daya Hutan adalah suatu informasi yang dapat menggambarkan cadangan sumber daya hutan, kehilangan dan penggunaan sumber daya hutan, sehingga pada waktu tertentu dapat diketahui kecenderungannya, apakah surplus atau defisit jika dibandingkan dengan waktu sebelumnya.
Ruang lingkup kegiatan penyusunan Neraca Sumber Daya Hutan meliputi : Sasaran kegiatan yaitu perubahan data luas dan potensi Sumber Daya Hutan.
Tingkatan kegiatan terdiri dari :
a.     Penyusunan NSDH Provinsi.
b.     Penyusunan NSDH Nasional.
Tahapan kegiatan terdiri dari :
a.     Perencanaan
b.     Organisasi Pelaksana dan Tata Waktu, Pelaksanaan
c.      Pengendalian dan Pengawasan.

Tujuan Penyusunan Neraca Sumber Daya Hutan adalah untuk memperoleh informasi dan gambaran menyeluruh tentang kondisi dan keadaan Sumber Daya Hutan pada kurun waktu satu tahun (Januari s/d Desember).

Metode yang digunakan adalah metode obyektif praktis yaitu : melalui pengumpulan data primer dan sekunder baik pada instansi kehutanan maupun instansi terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan sistem pendekatan data numerik atau spacial yang diperoleh dari daftar isian.

Cara Mudah dan Cepat Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer

Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana cara mudah dan cepat melihat spesifikasi pada laptop atau komputer, baik itu milik kita sendiri atau milik teman, saudara dan kenalan kita yang mungkin meminta bantuan kita untuk melihat spesifikasi pada laptop atau komputer mereka. Dengan melihat dan mengetahui spesifikasi laptop yang kita miliki akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kita tentang laptop atau komputer yang kita pakai sehingga kebutuhan-kebutuhan akan berbagai aplikasi dapat kita sesuaikan dalam penggunaannya pada laptop kita. Sebab dengan penggunaan aplikasi atau softwear yang berlebihan atau berkapisitas besar maka akan membuat LALOD ( lama loading) pada laptop kita jika spesifikasi laptop kita tidak memadai.
Apa itu spesifikasi laptop ?
Spesifikasi laptop adalah kemampuan laptop baik perangkat lunak (Softwear) dan perangkat keras (hardwear) dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang diinstal.
Contoh kasus :
Terdapat aplikasi pemetaan ArcGIS yang standar minimal prosesor yang dapat menggunakannya adalah 2,2 GB, jika kita menggunakan aplikasi tersebut pada laptop dengan prosesor dibawah 2,2 GB maka dalam proses bekerja nanti laptop akan mengalami LALOD, begitu pula sebaliknya jika kita menggunakan prosesor yang lebih besar maka laptop akan lebih ringan saat bekerja. Itulah sebabnya sangat penting kita untuk mengetahui spesifikasi laptop atau komputer kita.
Jika anda ingin mengetahui apa itu ArcGIS silahkan baca : Pengantar ArcGIS
Baik langsung saja ini dia cara cepat dan mudah melihat spesifikasi laptop atau komputer kita :
1.    Masuk ke menu windows pada laptop
2.    Pilih komputer dan klik kanan
3.    Pilih properties
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :
4.    Setelah memilih properties maka muncul tampilan spesifikasi laptop atau komputer seperti gambar dibawah :
Cara Mudah dan Cepat Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer
Nah itu dia cara mudah dan cepat melihat spesifikasi laptop atau komputer anda, disitu anda dapat melihat spesifikasi anda sehingga anda dapat mengatur dan menyesuaikan setiap aplikasi-aplikasi yang akan digunakan agar lebih efektif dan efisien.
Sekedar saran dari saya :
Jika laptop atau komputer sudah mulai LALOD (lama loading) coba dicek jangan-jangan penggunakan aplikasi di komputer sudah berlebihan, maka salah satu caranya adalah silahkan uninstall/hapus aplikasi lain yang tidak digunakan.
Jika anda belum mengetahui cara uninstal/hapus aplikasi, silahkan baca : Cara Mudah Uninstal atau Hapus Aplikasi diKomputer Sampai Bersih Total
Sekian Share saya kali ini, semoga bermanfaat.

Cara Cepat Dan Mudah Download Video Di Facebook Tanpa Software

Cara Cepat Dan Mudah Download Video Di Facebook Tanpa Software. Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana cara mendownload video dari Facebook. Saya teringat ada seorang teman yang bertanya tentang bagaimana cara mendownload video di facebook sehingga muncul ide untuk membagikan cara menurut saya ini. Cara mendownload video sangat muda dan cepat karena kita hanya akan mengganti URL dari pada facebook itu sendiri seingga kita akan melakukannya tanpa softwear. Hal ini sama seperti cara mendownload video di youtube tanpa menggunakan softwear ( Baca : Cara Download Video YouTube TanpaAplikasi ).
Oke lansung saja :
1.    Buka Facebook anda
2.    Muncul tampilan video di facebook
Video biasanya diposting oleh teman-teman di facebook, anggaplah sekarang anda akan mendownload sebuah video yang diposting oleh seorang teman anda di facebook :

Cara Cepat Dan Mudah Download Video Di Facebook Tanpa Software
3.    Merubah URL facebook
Unifrom Resource Locator (URL) adalah rangkaian karakter menurut format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, gambar dan musik yang terdapat di internet. Seperti yang saya katakan diatas kalau cara mendownloadnya dengan cara merubah URLnya.
Yang kita lakukan adalah mengganti URL di awal dengan huruf “ m “, perhatikan gambar dibawah :

Setelah URL diganti maka tampilan di layar komputer anda akan berubah menjadi lebih kecil seperti gambar dibawah :


4.    Putar video dan download
Nah untuk mendownload video tersebut silahkan klik mulai/putar video dan klik kanan pada video kemudian pilih save as video atau simpan video dengan nama. jangan lupa tentukan lokasi penyimpanan agar tidak sulit atau lupa saat mencari video yang didownload :

Sekian yang dapat saya Share pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Cara Instalasi Printer Epson Tipe L120 Secara Manual

Pada saat anda baru membeli printer epson pasti akan mendapat CD Driver untuk instalasi di komputer atau laptop, hal ini berlaku untuk semua tipe printer epson, pada kesempatan kali saya akan Share bagaimana cara melakukan instalasi printer epson tipe L120 secara manual.
Manual disini adalah melakukan instalasi printer tanpa menghubungan kabel USB antara komputer dan printer. Hal memudahkan kita agar dapat melakukan instalasi dengan posisi berjauhan dengan printer.
Berikut caranya :
1.   Masukan CD Drive printer epson ke komputer dan buka filenya. Akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

2.    Masuk pada folder Driver, akan terdapat 3 folder yaitu : Other, printer dan scanner
Ketiga file tersebut yang akan kita pakai untuk melakukan instalasi secara manual, namun biasanya hanya digunakan 2 file yaitu printer dan scanner.
File printe    : Untuk instalasi printer
File Scanner : Untuk instalasi scanner pada printer, agar printer dapat  digunakan untuk scan
3.    Instal file printer
Buka file printer – driver – Pilih sesuai tipe sistem komputer anda WINX64 atau WINX86 – file Setup – dan klik setup untuk melakukan instalasi. Silahkan ikuti prosesnya instalasinya sampai selesai. Klik gambar untuk lebih jelasnya

Cara Instalasi Printer Epson Tipe L120 Secara Manual
4.    Hal diatas juga berlaku untuk melakukan instalasi pada folder scanner
Sekian cara melakukan instalasi secara manual pada printer epson. Semoga bermanfaat.