Dirgahayu Tanah Leluhur


Laluhur ada dalam keberadaan NYA
Tangisan pertama berseru disana
Tanah potong pusar diatas nilai identitas
Tanah para Kapita dalam penjelmaan

Syariat, Tarekat, Hakikat dan Makrifat berjalan harmonis
Nuansa dinamis memeluk erat persaudaraan
Gesekan nilai lahir dalam keberagaman
Namun, kita tetap satu dalam leluhur
Tetap satu dalam kekeluargaan

Pengetahuan lahir dengan dinamika klasik
Ilmu leluhur tersimpan dalam regenerasi
Kini bertambah lagi waktu mu
Biarlah kita berjuang dengan waktu

Demi Tanah Sula tercinta
Tanah seribu cerita
Tanah segudang ilmu
Tanah segudang peradaban
Tanah leluhur tetap bersemayam
Dalam Nur-Nur awal dan akhir masa

Tetap Jaya tanah Sula ku
Tetap tenang dalam peradaban
Tetap tersenyumlah dalam perbedaan
Karena kita satu dalam kekeluargaan.

Ato Basahona

Biarlah Malam ini Diam




Kalian baru ku kenal
Tapi hakekatnya kita telah tegur sapa
Malam lalu begitu berbisik
Malam ini begitu sedih

Tapi Biarlah malam ini diam
Dalam kegelapanya yang terang
Biarlah kita saling terbahak
Biarlah kita berperang kata

Lewat makna ambigu dan dikotomi
Lewat nama-nama samaran
Yang jelas dalam objek diam
Biarlah kita saat ini wahai malam

Biarlah kita diam dalam kegaduhan narasi
Biarlah kita diam dalam tawa kesendirian
Biarlah kita dalam dalam senyum keihklasan
Biarlah malam ini kita menjaga mu malam

Ato Basahona

Manado, 31 Mei 2016

Cara Mudah Instalasi Xtools Pro Versi 9.2 di ArcGIS 10.1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh dan Selamat malam teman-teman, pada malam hari ini (saya menulis saat ini dimalam hari ) saya akan Share tentang bagaimana cara melakukan Instalasi Xtools Pro versi 9.2 di ArcGIS versi 10.1 tulisan ini saya buat karena terdapat sebagian  teman-teman yang bertanya terkait dengan cara Instalasi Xtools Pro 9.2 tersebut dan disamping itu juga saya sendiri sampai menulis artikel ini masih menggunakan Xtools Pro 9.2 di ArcGIS 10.1

Apa itu Xtools dan manfaatnya ?

Sudah saya Share sebelumnya, silahkan baca ManfaatXtools Pro untuk ArcGIS 10.1 

Untuk mendapatkan Softwear Xtools 9.1 silahkan anda download di situs resminya atau bisa anda dapatkan di toko yang resmi menjual softwear tersebut atau bisa juga anda peroleh dari teman-teman anda yang bersentuhan dengan ArcGIS.

Untuk instalasi Xtools yang pastinya di komputer atau laptop anda sudah terinstal ArcGIS sebab nantinya xtools akan tampil secara otomatis saat anda membuka ArcGIS dan yang pastinya anda telah mencentang extensi xtoolsnya, seperti gambar dibawah ini :


Kadang yang menjadi masalah saat melakukan instalasi yaitu mereka lupa mengcopy file Obate yang terdapat satu paket dalam file Softwearnya :

Nah pada saat anda menginstal xtools jangan lupa copy isi file obat e tersebut ke  :

Program data C – Programe Files – Data East  - Xtools Pro

Program data C – Programe Files – Data East  - Xtools Pro

Penting :

Jika anda tidak mengcopy file obat e seperti di atas maka xtools tidak akan dapat di aplikasikan di ArcGIS, ini hanya berdasarkan pengalaman saya. Namun jika anda memiliki pengalaman lain silahkan di Share dan kita saling berbagi pengetahuan ya,,,,, hehe. Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa langsung melihat video tutorialnya di bawah ini.

Anda juga dapat melihat video tutorialnya DISINI

Sekian dari saya pada malam ini, lebih dan kurangnya saya mohon maaf
Terima kasih

Pengertian Kearifan Budaya Lokal Sebagai Ciri Khas Setiap Daerah

Pengertian Kearifan Budaya Lokal Sebagai Ciri Khas Setiap Daerah. Hari ini Penulis ini akan mencoba untuk membahas tentang Kearifan Lokal dimana menurut penulis Kearifan Lokal ini juga memilki peranan penting dalam hubungan manusia dan alam. Baik langsung saja tanpa panjang lebar hehe...

Kearifan lokal terdiri dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) atau kebijaksanaan dan lokal (local) atau setempat. Jadi kearifan lokal adalah Ide dan gagasan atau pengetahuan yang lahir dari masyarakat setempat dalam menjalankan kehidupan di lingkungan sekitar.



Kearifan Lokal sendiri sudah ada sejak zaman dahulu di lingkungan masyarakat lokal sebelum berkembangnya teknologi seperti sekarang ini. Misalnya pada suku Baduy yang lebih mengutamakan sistem tertutup, artinya aktivitas ekonomi dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan diproduksi serta dikonsumsi dilingkungan Baduy sendiri. Mata pencaharian mereka pada umumnya adalah bertani atau bercocok tanam. Seluruh masyarakat di Baduy belajar untuk bekerja di pertanian sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Di Baduy terdapat aturan dalam pertanian yang diikuti oleh masyarakatnya. Ada waktu dimana mereka harus mengolah tanah, menanam, maupun memanen hasil pertaniannya. Sistem pertanian disana adalah dengan sistem berladang dan berkebun. Pada masa dimana mereka tidak sedang bekerja di ladang, Baduy laki-laki bekerja di hutan untuk berburu dan memanen madu, sementara Baduy wanita bekerja menenun dirumah untuk membuat baju, selendang, sarung, serta kerajinan tangan seperti tas.

Menurut Antariksa (2009), kearifan lokal merupakan unsur bagian dari tradisi-budaya masyarakat suatu bangsa, yang muncul menjadi bagian-bagian yang ditempatkan pada tatanan fisik bangunan (arsitektur) dan kawasan (perkotaan) dalam geografi kenusantaraan sebuah bangsa.

Berangkat dari semua itu, kearifan lokal adalah persoalan identitas. Sebagai sistem pengetahuan lokal, ia membedakan suatu masyarakat lokal dengan masyarakat lokal yang lainnya. Perbedaan itu dapat dilihat dari tipe-tipe kearifan lokal yang dapat ditelusuri:

Kearifan lokal dalam hubungan dengan makanan: khusus berhubungan dengan lingkungan setempat, dicocokkan dengan iklim dan bahan makanan pokok setempat. (Contoh: Sasi laut di Maluku dan beberapa tempat lain sebagai bagian dari kearifan lokal dengan tujuan agar sumber pangan masyarakat dapat tetap terjaga).Kearifan lokal dalam hubungan dengan pengobatan: untuk pencegahan dan pengobatan. (Contoh: Masing-masing daerah memiliki tanaman obat tradisional dengan khasiat yang berbeda-beda).

Kearifan lokal dalam hubungan dengan sistem produksi: Tentu saja berkaitan dengan sistem produksi lokal yang tradisional, sebagai bagian upaya pemenuhan kebutuhan dan manajemen tenaga kerja. (Contoh: Subak di Bali; di Maluku ada Masohi untuk membuka lahan pertanian, dll.).

Kearifan lokal dalam hubungan dengan perumahan: disesuaikan dengan iklim dan bahan baku yang tersedia di wilayah tersebut (Contoh: Rumah orang Eskimo; Rumah yang terbuat dari gaba-gaba di Ambon, dll.).

Kearifan lokal dalam hubungan dengan pakaian: disesuaikan dengan iklim dan bahan baku yang tersedia di wilayah itu.

Kearifan lokal dalam hubungan sesama manusia: sistem pengetahuan lokal sebagai hasil interaksi terus menerus yang terbangun karena kebutuhan-kebutuhan di atas. (Contoh: Hubungan Pela di Maluku juga berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan pangan, perumahan, sistem produksi dan lain sebagainya).

Kearifan lokal di Maluku Utara yang bergotong- royong dalam segala hal, misalnya pembangunan rumah warga masyarakat dalam sebuah Desa maka sesama warga akan saling membantu.

Banyak sekali kearifan lokal yang tanpa disadari tetap memberikan nilai positif dan kearifan lokal sendiri tetap bermanfaat dari setiap pergantian zaman. Misalnya di daerah asal penulis tepat di Kota Sanana, Maluku Utara pada saat pergantian musim kemarau ke musim hujan biasanya terdapat serangga tertentu yang akan muncul dengan jumlah yang banyak dan hal itu sebagai sumber pengetahuan bahwa akan terjadi hujan, dan itulah pengetahuan lokal yang sampai sekarang masih digunakan meskipun teknologi semakin berkembang. Hal itu yang membuktikan bahwa Kearifan Lokal tetap eksis sampai sekarang.

Kearifan lokal seperti ini menurut penulis harus kembali dibudayakan dan dikembangkan dalam menyikapi realitas alam sekarang yaitu pemanasan global yang menjadi wacana Internasional, seperti yang kita ketahui dampak dari pemanasan global salah satunya adalah terjadinya perubahan cuaca yang tidak teratur ( Anomali ).

Cara Otomatis Membuat Read More di Blogspot untuk Pemula

Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang cara membuat Read More otomatis yang telah disediakan oleh Blogspot.
Apa itu Read More ?
Read More dalam bahasa Inggris artinya baca selanjutnya atau Baca Selengkapnya, jadi apabila teman-teman sering berkunjung ke blog-blog orang lain pasti teman-teman sering menjumpainya kalimat  Baca Selengkapnya pada akhir postingan, padahal itu sebenarnya bukanlah akhir postingan tapi pertengahan postingan tersebut.
Read More sendiri berfungsi untuk mengurangi pemanfaatan ruang pada blog terutama pada tampilan Home Page  atau Beranda sehingga lebih terlihat rapi dan enak dipandang mata, contohnya seperti pada gambar blog saya dibawah ini :

Read More sendiri telah tersedia pada platform blogspot, jadi pada saat teman-teman ingin membuat read more bisa langsung saja, itulah yang saya sebut pada judul postingan ini dengan sebutan Otomatis hehe.
Oke langsung saja ini dia caranya :
Pada saat membuat artikel dan siap untuk diposting silahkan teman-teman tentukan dimana teman-teman akan memasang Read Morenya kemudian silahkan klik pada bagian kanan atas Insert Jump Break , fasilitas inilah yang langsung disediakan oleh blogspot untuk kita membuat Read More.
Perhatikan Gambar di bawah ini :
Pada contoh gambar di atas saya memasang read pada kalimat menindaklanjuti postingan saya..... setelah menempatkan kursur di bawah kalimat tersebut barulah mengklik Insert Jump Break maka hasilnya seperti pada gambar di atas.
Untuk hasil postingannya setelah dipublikasi seperti pada gambar dibawah ini :

Itulah Share singkat saya tentang  Cara Otomatis Membuat Read More di Blogspot, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga : Cara Mudah Menambahkan Widget di Blogspot

Manfaat Widget Blog di Blogspot yang Sering Digunakan

Apa kabar teman-teman ?  Semoga kita semua selalu dalam keadaan baik.
Menindaklanjuti janji saya pada postingan Cara MudahMenambahkan Widget Blog di Blogspot untuk Pemula maka pada kesempatan ini saya akan Share tentang Manfaat Widget Blog di Blogspot yang Sering Digunakan.
Sangant banyak manfaat positif pada blog jika kita memasang widget-widget. Selain membuat tampilan blog kita menarik, juga dapat membuat pengunjung betah dan berlama di blog kita karena mereka bisa berselancar bebas melihat semua postingan-postingan yang ada di blog kita terutama postingan-postingan yang membuat mereka tertarik.
Pada kesempatan ini saya akan Share beberapa manfaat widget blog khususnya di Platform Blogspot yang sering digunakan oleh para blogger termasuk saya sendiri.
Inilah widget-widget yang akan kita bahas kali ini :


1. HTML/Java Script
HTML/Java Script berfungsi untuk kita memasang widget-widget yang belum tersedia di blogspot dengan memasukan Script Widget yang akan kita pasang. Widget ini memang disediakan untuk hal itu, sehingga dapat kita gunakan untuk menambahkan widget yang belum tersedia di blogspot seperti Contoh Widget Fans Page Facebook di blog ini :
2. Label
Label berfungsi untuk menampikan kategori postingan yang telah kita klasifikasikan, misalnya pada blog ini terdapat kategori (label) Agroforestri, Ekologi Hutan, Silvikultur, ArcGIS dan seterusnya...

Dengan memasang LABEL maka pengunjungan dapat menjelajahi seluruh isi blog kita, apalagi terdapat labael atau kategori yang membuat mereka tertarik.
3. Laman
Laman berfungsi untuk menampilkan Beranda, About, Contact, Disclaimer dan lain sebagainya

Dengan memasang LAMAN maka orang dapat mengetahui hal-hal terkait kebijakan-kebijakan atau lebih mengetahui blog anda secara detail. Namun perlu diingat bahwa laman-laman tersebut perlu anda buat terlebih dahulu, caranya bisa langsung anda terapkan setelah membuak Dasbord blog nanti, disana sudah disediakan untuk membuat laman.
4. Entri Populer
Entri Populer berfungsi untuk menampilkan maksimal 10 pastingan pada blog anda dan dengan memasang Entri Populer para pengunjung dapat melihat artikel-artikel apa saja yang banyak dibaca oleh pengunjung lain sehingga mereka juga dapat ikut membacanya. Itulah yang diatas saya katakan dapat membuat pengunjung berlama-lama di blog kita dan yang pastinya mereka akan nyaman jika tertarik dengan postingan-postingan kita.
Contohnya seperti Entri Populer blog sederhana ini :

5. Kotak Penelusuran
Tak saya jelaskan pasti anda sudah bisa mengetahui fungsinya hehe. Kotak Penelusuran berfungsi untuk pengunjung dapat mencari postingan kita dengan mengetik pada kotak tersebut. Pengunjung bisa mengetik kata apa saja terkait dengan tema blog kita maka akan muncul postingan-postingan yang terkait.
Contohnya seperti ini :

6. Ikuti Lewat Email
Pengunjung dapat berlangganan melalui email setiap artikel terbaru dengan Widget ini, sehingga setiap postingan terbaru anda langsung terkirim secara otomatis ke email para pelanggan tersebut.

7. Pengikut Google
Menampilkan jumlah pengikut anda di Google sehingga dapat membuat pengunjung lain tertarik untuk mengikuti anda Google.
8. Lencana Google
Lencana Google untuk menampilkan profil anda di Blog
Untuk cara memasang Widget di blog anda, silahkan baca Cara Mudah Menambahkan WidgetBlog di Blogspot untuk Pemula
Sekian Share kali ini, semoga bermanfaat
Terima Kasih.

Cara Mudah Menambahkan Widget Blog di Blogspot untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana cara menambahkan widget blog, khususnya yang berplatform Blogspot karena saya sendiri juga menggunakan Platform blogspot pada blog saya yang sekarang anda kunjungi ini.

Cara Mudah dan Praktis Cek Kecepatan Blog atau Website Anda

Halo teman-teman, kali saya akan share tentang bagaimana cara mengetahui kecepatan blog atau website kita. Dengan mengetahui seberapa besar kecepatan blog kita maka hati kita pasti akan senang hehe, selain itu blog kita juga kemungkinan besar dapat bersaing di mesin pencarian seperti Google dan pengunjung juga akan nyaman berkunjung sebab loading atau kecepatan blog kita cepat. Salah satu penyebab pengunjung bosan berlama-lama di blog adalah karena blog kita lambat loading.

Pengertian Reboisasi dan Penghijauan serta Perbedaannya

Apa kabar teman-teman ?
Semoga kita semua selalu berada dalam keadaan baik walaupun tak selalu baik hehe
Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang apa itu Reboisasi dan Penghijauan. Pada dasarnya kegiatan. Kadang orang sering menempat kedua kata tersebut di posisi yang kurang tepat. 

Cara Mudah Melakukan Screenshot di laptop

Apa kabar teman-teman

Pada kesempatan ini saya akan share tentang bagaimana cara melakukan Screenshot di laptop. Namun, hal ini juga berlaku untuk komputer.

Screenshot berguna untuk anda yang membutuhkan gambar sesuatu dalam ukuran yang lebih besar karena kalau hasil screenshot di HP tampilan gambarnya akan terlihat kecil. Screenshot di laptop atau komputer mudah saja teman-teman karena disini kita hanya akan menggunakan Tool Bawaan dari Windows  yaitu Paint.
Tool Paint
1.  Silahkan anda tampilkan apa yang mau discreenshot pada layar laptop atau komputer anda


Contoh gambar di atas adalah tampilan blog sederhana ini di layar laptop yang akan saya screenshot

2.    Setelah tampil di layar apa yang mau di screenshot silahkan tekan tombol CTRL dan PRTSC BREAK dengan menekan kedua tombol tersebut artinya kita Mengcopy Tampilan Layar yang nantinya akan kita Paste ke Paint


3.   Setelah kedua tombol ditekan silahkan buka Tool Paint dengan cara klik Menu Start Windows – Paint

     Maka akan muncul tampilan Paint seperti gambar di bawah :


4.   Ingat langkah nomor 2 di atas kita telah mengcopy tampilan layar di laptop, silahkan Paste pada pada Paint, tampilan layar monitor yang sudah kita copy tadi.

Seperti contoh gambar blog saya dibawah ini :


Gambar hasil screenshot juga bisa anda edit sesuai keinginan anda dan hasil screenshot juga bisa kita simpan dalam beberapa bentuk format gambar.

Perhatikan gambar di bawah ini :



Cukup mudahkan teman-teman atau anda juga dapat melihat video tutorial dibawah ini,  selamat mencoba.

Lihat Juga : Cara Menggunakan GPS Essential di Android
 

Contoh Proposal Penelitian Mahasiswa Kehutanan


PENGARUH PEMBERIAN PUPUK DAUN GANDASIL - D TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT  Gyrinops caudata (Gilg)

I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Gyrinops caudata adalah salah satu tanaman penghasil gaharu dari famili Thymeleaceae yang tak kalah kualitasnya dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya yang ada di Indonesia. Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, serta memiliki kandungan kadar damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu yang tumbuh secara alami/di tanam dan telah mati, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi baik secara alami atau buatan pada pohon tersebut. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi industri serta dengan dukungan perubahan paradigma dunia pengebotan untuk memanfaatkan tumbuhan alami, kini Gaharu dibutuhkan selain sebagai bahan pengikat dalam industri wewangian (parfum) dan kosmetik, juga dibutuhkan dunia sebagai bahan obat yang aman bagi pengguna.

Cara Menggunakan GPS Essential di Android

Apa kabar teman-teman
 
Pada kesempatan saat ini saya akan share tentang cara menggunakan GPS Essential di Android

Apa itu GPS Essential ?

GPS Essential pada dasarnya mirip dengan GPS pada umumnya seperti GPS Garmin,  namun yang membedakan disini adalah GPS Essential dapat langsung anda download di HP Android anda di Play Store, hal ini sangat mempermudah kita mengingat harga GPS sendiri yang cukup mahal harganya dan nilai tambah dari GPS Essential ini adalah tidak memakai pulsa atau paket kuota internet di HP anda. Oleh karena itu, bisa digunakan dimana saja tanpa menghawatirkan masalah biaya hehe.

Cara Download Peta Indonesia di Badan Informasi Geospasial (BIG)

Halo sobat

Kali saya akan share tentang Peta Indonesia di Badan Informasi Geospasial, khususnya tentang bagaimana cara mendownload Peta Indonesia di Badan Informasi Geospasial ( BIG).

Khususnya bagi anda sedang mencari informasi-informasi terkait dengan peta Indonesia atau bagi anda yang sedang fokus mempelajari tentang pemetaan maka di Badan Informasi Geo Spasial (BIG) inilah tempat terbaik anda untuk memperoleh peta Indonesia. Selain informasi yang lengkap cara downloadnya juga sangat mudah sehingga memudahkan anda untuk mendapatkan peta-peta yang anda inginkan.

Banyak informasi dan data yang bisa kita dapatkan (download) diantaranya :

1. Peta NKRI
2. Download Data Rupabumi Indonesia Skala 1:1.000.000
3. Petunjuk Teknis Pembangunan Simpul Jaringan
4. Kode Unsur (download, ext : pdf, ukuran : 150kb)
5. Buku 40 tahun Survei dan Pemetaan BAKOSURTANAL
6. Peta Provinsi
7. Forum Koordinasi Kebijakan SDAL
8. Katalog Fitur Dataset Fundamental
9. Mars Bakosurtanal

Bisa anda lihat pada gambar laman download dibawah ini :

Cara Download Peta Indonesia di Badan Informasi Geospasial (BIG)

Untuk langsung masuk ke laman tersebut silahkan klik saja link sumbernya http://www.bakosurtanal.go.id/download/

Cara download peta Rupabumi Indonesia Skala 1:1000.000

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya di atas bahwa cara download peta  cukup mudah sehingga tidak membingungkan anda pada saat mendowload.
Untuk mendownload peta Rupabumi Indonesia Skala 1:1000.000 langsung saja klik Peta Rupabumi Indonesia Skala 1:1000.000 

Anda akan langsung menuju ke laman berikut :

  
Seperti yang terlihat pada keterangan tersebut Klik pada Provinsi untuk Download maka anda tinggal memilih menggunakan kursor komputer/laptop untuk memilih Provinsi mana yang akan anda downlond, kemudian anda tinggal mengklik Provinsi tersebut dan akan muncul filenya di layar komputer/laptop anda, terakhir anda tinggal memilih Simpan klik OK untuk menyimpan, 

silahkan perhatikan gambar di bawah ini : 


Pada gambar di atas saya mencontohkan dengan mendownload peta Rupabumi Provinsi Kalimantan Timur.

Bagaimana mudahkan ? hehe

Semoga tulisan yang bersifat informasi ini bermanfaat buat anda yang sedang membaca dan dapat menyampaikan juga ke orang lain demi menambah pengetahuan kita bersama.

Terima kasih.

Artikel Pemanasan Global

Share tentang pemanasan global atau global warming. Planet bumi masih menunjukan aktifitasnya dan dari aktifitas internal bumi ternyata menimbulkan dampak terhadap bumi itu sendiri, dampak tersebut antara lain berupa kenaikan suhu bumi. Aktifitas internal bumi yang berpengaruh pada pemanasan global di bagi atas 2 golongan  yaitu proses Vulkanik gunung berapi dan proses pembusukan sampah organik. 



1. Proses Vulkanik gunung berapi

Gunung berapi yang masih aktif akan mengeluarkan material dari perut bumi saat meletus. Pada letusan yang sangat kuat, material berupa batu, pasir dan debu (abu) dan natural aerosol yang akan terlempar ke atas. Natural aerosol dari letusan gunung berapi merupakan campuran antara cairan dan padatan yang ada pada debu (abu) vulkanik. Batu dan pasir akan segera jatuh kembali ke bumi, tetapi natural aeresol dan debu (abu) masih dapat melayang ke atmosfer sebelum jatuh ke bumi. Berapa lama natural aerosol dan debu vulkanik berada di atmosfer tergantung pada kuat dan tinggi ledakan gunung berapi.Natural aerosol dan debu vulkanik yang melayang ek bumi akan jatuh (turun) kembali kebumi. Dalam proses jatuhnya di kenal dengan jatuhan awal dan jatuhan yang tertunda.

Jatuhan awal merupakan jatuhan yang jatuh (turun) tidak lama setelah gunung berapi meletus. Jatuan awal tergolong jatuhan lokal dengan sebaran jatuh debu vulkanik yang tidak terlalu jauh dari gunung berapi tersebut. Faktor angin yang bertiup mempengarui letak jatuhan. Jatuhan awal ini relatih tidak berpengaruh pada kenaikan panas global, kecuali kenaikan panas lokal diseputaran gunung berapi. Sedangkan jatuhan tertunda dapat menimbulkan pemanasan global karena debu vulkanik selama masih berada di atmosfer akan membentuk selimut yang dapat menahan panas yang di pantulkan dari permukaan bumi seningga panas akan terperangkap di atmosfer. 

2.  Proses pembusukan sampah organik 

Sampah organik yang di tampung pada tempat pembuangan akhir sampah (TPA) akan mengalami proses pembusukan secara alamiah. Dalam proses pembusukan secara alamih tersebut sampah akan mengeluarkan gas methan (CH4). Oleh karena itu pengumpulan dan penampungan  sampah di tempat pembuangan akhir hanya merupakan penyelesaian sementara, terutamap dikaitkan dengan kebersihan kota. Tempat pembuangan sampah akhir yang membirkan terjadinya pembusukan justru akan menimbulkan masalah baru, sumber pencemaran gas methan (CH4) yang terjadi secara alamiah.

Gas mathan (CH4) merupakan salah satu komponen gas rumah kaca yang kekuatanya 21 kali lipat dibandingkan dengan karbon dioksida (CO2) dan ini jelas sangat berpengaruh terhadap pemantulan panas dari bumi kembali ke bumi. Pembebesan gas  methan secara alami dari proses pembusukan sampah organik lepas ke atmosfer tak terkendali. Pembusukan sampah organik dapat juga terjadi pada limbah pertanian, kotoran ternak, dan lain sebagainya.

3. Pengaruh Aktifitas Manusia

Gas-gas rumah kaca penyebab efek rumah kaca yang dikhawayirkan manusia sebagai penyebabkan kenaikan suhu ternyata juga dihasilkan oleh aktifitas manusia. Secara tidak langsung, manusia ikut andil dalam pemanasan global, melalui gas rumah kaca yang timbul akibat aktivitas manusia itu sendiri. Beberapa aktivitas manusia yang menghasilkan gas-gas rumah kaca adalah sebagai berikut :

1. Transportasi

2. Industri

3. Pembuangan sampah

4. Pembakaran stasioner, dan

5. Lain-lain

A. Akibat Pemanasan Global

1. Dampak terhadap Atmosfer

Pergeseran musim

Kembali pada masalah musim di Indonesia yang hanya mengenal musim hujan dan musim kemarau yang di akibatkan adanya perubahan arah angin yang melewati khatulistiwa. Perubahan arah angin tersebut disebabkan oleh pergeseran kedudukan matahari dari lintang utara kelintang selatan dan sebaliknya. Musim hujan terjadi saat matahari bergerak dari khatulistiwa ke arah lintang selatan dan kembali lagi ke arah khatulistiwa yaitu pada bulan Oktober sampai bulan Maret. Adapun musim kemarau terjadi pada saat kedudukan matahari bergerak ke arah lintang utara ke arah khatulistiwa dan kembali lagi ke arah khatulistiwa yaitu dari bulan April sampai September. Lama musim hujan dan musim kemarau secara normal yaitu berkisar 6 bulan. Bila terjadi pergeseran (perubahan) musim akibat adanya pemanasan global maka waktu musim hujan atau musim kemarau bisa lenih panjang atau lebih pendek dari pada waktu normalnya. Kalau hal itu terjadi, bencana banjir atau bencana kekeringan  yang di ikuti dengan bencana kelaparan akan menimpa umat manusia, seperti yang dialami penduduk Afrika belum lama ini.

Banjir dan tanah longsor

Pada musim hujan angin banyak membawa uap air dari lautan Hindia yang akan dijatuhkan sebagian ke daratan Indonesia. Adanya perubahan suhu Atmosfer bumi karena pemanasan global jelas akan mempengaruhi arah angin dan ini berartia akan terjadi perubahan musim. Perubahan musim pada saat ini dapat dirasakan dengan adanya musim hujan yang berkepanjangan, sehingga sehingga mengakibatkan banjir dan tanah longsor di berbagai belahan bumi. Banjir dan tanah longsor adalah bencana yang mengancam umat manusia  apabila tidak dilakukan penanggulangan pemanasan global. Banjir dan tanah longsor merusak lingkungan hidup, banyak tanaman pangan pangan rusak akibat tergenang air bah. Selain itu, sejumlah besar pemukiman penduduk rusak akibat diterjang banjir tanah longsor, demikianpun dengan sarana umum seperti sekolah, tempat ibadah dan pasar.

Kekeringan dan Bencana Kelaparan

Musim hujan yang berkepanjangan akan menyebabkan musim hujan yang berkepanjangan dibelahan bumi lainya. Musim kemarau yang berkepanjangan akan menyebabkan kekeringan dan kekurangan air yang berujung pada kegagalan panen. Sudah barang tentu hal ini berakibat bencana kelaparan yang diikuti dengan bencana penyakit. Keadaan ini sudah pernah terjadi di afrika dan menimbulkan banyak korban dan kematian. Bencana kekeringan, kesulitan air, gagal panen, bencana kelaparan, merebaknya berbagai penyakit yang menggigat banyak korban adalah bencana yang menimpa umat manusia akibat terjadinya pemanasan global, Kebakaran hutan dan meluasnya tanah gundul.

B. Dampak terhadap Hidrosfer

1. Luas daratan kutub berkurang

Wilayah kutub Utara dan kutub Selatan terutama terdiri atas lapisan es yang semula adalah air laut yang membeku dari laut Arktik yang menjadi daratan kutub Utara dan laut Antartika yang menjadi daratan kutub selatan. Jadi, daratan yang ada pada kedua kutub tersebut adalah lapisan es yang tampak megapung di atas laut Arktik dan Antartika. Bagian yang mengapung dan tampak menhadi daratan hanya sebagian kecil dari bongkahan es raksasa. Kibat dari pemanasan global yang berlangsung makin berkembang maka es-es raksasa pun mulai mencair dengan perlahan dan yang menjadi korban adalah ekosostem yang ada baik hewan (beruang kutub), dan Manusia (suku eskimo).

2. Tinggi permukaan air laut, kadar garam, dan suhu air laut berubah

Perubahan fisik air laut berupa tinggi permukaan air laut, kadar garam dan suhu air laut berubah karena pemanasan global. Perubahan tersebut diakibatkan karena melelehnya es kutub Utara dan kutub Selatan.Es yang memeleh menjadi air laut sudah barang tentu akan menambah volume air laut, sehingga permukaan air laut akan naik. Selain itu, kadar garam air laut berubah menjadi lebih rendah dari kadar semula. Perubahan kadar garam air laut jelas akan berpengaruh terhadap makhluk hidup yang ada dilaut.

Usaha Penanggulangan Pemanasan Global

A. Tindakan Teknis

Tindakan teknis adalah suatu usaha penaggulangan dampak pemanasan global yang secara teknis dapat segera dilakukan untuk penyelamatan lingkungan,terutama berkaitan dengan dampak pemanasan global.

1. Pemanenan GRC CH4

Pada saat ini pembuangan sampah organik ditampung pada tempat pembuangan akhir (TPA) hal itu dapat menyebabkan terjadinya dekomposisi (pembusukan) secara alami. Proses pembusukan sampah tersebut akan mengeluarkan methan (CH4) yang merupakan gas runah kaca sangat berbahaya. Tempat pembuangan sampah yang membiarkan sampah mengalami pembusujan secara alami adalah masalah baru. Dengan masalah tersebut harus dilakukanya pemanenan gas rumah kaca CH4 yang keluar dari pembusukan sampah secara alamiah.Hasil panen gas CH4 tersebut dapat dimanfaatkan kepentingan rumah tangga atau kepentingan lain sebagai pengganti bahan bakar. Adapun prinsip pemanenan gas rumah kaca adalah penampungan limbahorganik kedalam converter atau digester. Setelah proses pembusukan limbah organik berjalan maka gas CH4 akan keluar dari proses pembusukan sampah. Gas methan yang keluar kmudian disalurkan ke wadah penampungan (tangki). Khusus. Gas methan yang terkumpul ini bisa menjadi bahan bakar. Cara mengubah limbah organik ini sudah banyak dilakukan dipedesaan bahkan ada beberapa tempat pembuangan akhir yang sudah disediakan alat dilgester ini.

2. Pemanfaatan Limbah Menjadi Pupuk Organik

Limbah organik yang di hasilkan Manusia atau antropogenic waste cukup banyak dan bila dimanfaatkan maka akan mengalami proses pembusukan atau dekomposisi yang mengahasilkan gas CH4. Agar tidak menghasilkan gas CH4 pemanfaatan limbah organik harus dilakukan dengan proses aerob sehingga gas yang keluar adalah CO2. Walaupun termasuk gas rumah kaca, gas CO2 masih lebih lunak atau potensi penyebab efek rumah kaca masih lebih rendah dari pada CH4. Daya potensi gas CH4 menyebabkan efek rumah kaca lebih kuat kira-kira 21 kali gas CO2.

Pemanfaatan limbah organik menjadi pupuk organik harus dilakukan dengan cara aerob. Pupuk organik yang dihasilkan dapat digunakan untuk pemupukan sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman lainya. Pemakaian pupuk organik jauh lebih baik dari pada pupuk kimia (anorganik). Untuk mempercepat proses dekomposisi, ke dalam limbah organik diberi biodekomposer. Biodekomposer  banyak digunakan dalam proses pemanfaatan limbah organik menjadi kompos (pupuk tananaman).

3. Reboisasi lahan gundul

Penghijauan lahan gundul adalah bagian dari usaha konservasi alam atau pelestarian alam yang telah rusak akibat ulah manusia. Penghijauan lahan gundul dapat diharapkan dapat mengurangi bencana yang diakibatkan oleh pemanasan global Penghijauan lahan gundul berdampak antara lain :

Mengurangi bencana tanah longsor untuk daerah perbukitan dan mengurangi  abrasi laut untuk daerah lahan pantai, Menahan dan menyeimbangkan permukaan air tanah serta menahan industri air laut Memelihara keanekaragaman hayati

4.  Menaikan kadar oksigen dalam udara lingkungan

B. Tindakan non teknis

Adapun tindakan nonteknis yang dimaksud adalah melaksanakan perundang-undangan  yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup. Apabila perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup dapat dilaksanakan dengan baik, tentu akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang baik pula.

C. Gerakan Nasional

Gerakan nasional untuk mencegah pemanasan global harus dimulai dari sekarang. Agar gerakan nasional ini dapat secara serempak diikuti oleh segenap lapisan masyarakat, harus dimulai dan diberi contoh oleh pemerintah. Pemerintah selaku promotor gerakan nasional ini harus dapat memberi contoh program-program yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat dalam waktu yang tidak relatif terlalu lama. Misalnya, pemerikasaan, pengawasan dan penertiban pengelolaan sampah dan pencemaran udara (polusi).

D. Gerakan Internasional

Apabila gerakan nasional dilakukan oleh setiap negara yang peduli terhadap masalah lingkungan hidup maka gerakan internasional akan lebih mudah untuk digalang secara bersama-sama. Gerakan internasional dapat diawali oleh negara-negara yang terletak pada suatu kawasan, kemudian di kembangakan ke kawasan lain. Sebagai contoh, negara-negara yang terletak pada suatu kawasan, seperti negara-negara anggota ASEAN ataupun negara-negara anggota SAC yang terdiri atas India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Srilanka, Dan Maladewa.

Seandainya negara yang terletak pada suatu kawasan mempunyai kepedulian yang sama terhadap masalah lingkungan hidup maka kerjasama bisa di tingkatkan antar kawasan. Contohnya kerjasama antar kawasan ASEAN dengan SAC dan dengan negara-negara teluk. Setelah kerja sama antar kawasan dicapai, selanjutnya dapat ditingkatkan lebih jauh menjadi kerjasama antar negara di seluruh dunia di bawah bendera PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)