Tujuan Bergabung di Organisasi Mahasiswa Itu Beragam

Tujuan setiap orang bergabung di organisasi kemahasiswaan itu beragam-ragam, baik organisasi tingkatan kampus (internal) maupun organissasi di luar kampus (eksternal). Hal ini harus dapat dipahami oleh setiap orang yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia keorganisasian  dalam tingkatan apapun, sehingga dapat mengindari atau meminimalisir sifat egois terhadap orang-orang yang baru bergabung dengan setiap organisasi tersebut.

Tujuan Bergabung di Organisasi Mahasiswa Itu Beragam
Memang secara aturan keorganisasian dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggran Rumah Tangga (ART) organisasi telah termuat tujuan atau visi misi sebuah organisasi yang telah disahkan secara bersama, namun diluar dari pada hal itu terdapat tujuan individu yang lebih khusus dalam memutuskan/memilih untuk bergabung dengan sebuah organisasi tertentu.
Tujuan yang beragam antara lain :
1.    Mencari lebih banyak teman
Mencari banyak teman merupakan tujuan yang dominan saat seseorang berkeputusan untuk bergabung dengan sebuah organisasi mahasiswa. Lewat kebergaman suku, budaya dan agama yang berada dalam sebuah wadah organisasi menjadikan sebuah hubungan pertemanan yang beragam. Dengan begitu setiap individu mendapat banya teman dari segala penjuru daerah. Sebuah filososfi hidup : satu musuh kelebihan dan seribu teman itu kurang.
2.    Mencari pengalaman
Ada juga tujuan individu dalam berorganisasi yaitu mencari/menambah pengalaman hidup. Misalnya pengalaman dalam menjalin hubungan pertemanan dengan orang-orang yang berbeda suku dan agama, pengalaman mengkoordinir/koordinasi bahkan pengalaman percintaan hehe. Termasuk semua pengalaman baik dan buruk dalam dinamika organisasi.
3.    Mempelajari materi-materi Organisasi
Nah, ini bagi saya merupakan tujuan yang sangat saya kagumi sebab saya sendiri dalam bergabung dengan sebuah organisasi baik organisasi internal maupun eksternal ( Baca : Ku Temukan Jati diri Dalam Tubuh HmI MPO Cabang Manado). Sebagian tujuan individu dalam bergabung dengan organisasi yaitu untuk menambah pengatahuan, memperdalam pengetahuan, memotivasi diri untuk lebih giat belajar, belajar dan belajar.
Tujuan per individu inilah yang perlu dipahami dengan bijak oleh orang-orang yang lebih dahulu bergabung dengan sebuah oragnisasi, sering disebut dengan senior oleh banyak orang terkecuali saya pribadi sebab bagi saya tidak ada istilah senior dengan junior hehe.
Dengan memahami tujuan-tujuan per orang dalam bergabung dalam sebuah organisasi maka akan menambah kemampuan analisis kita dalam manajemen oraganisasi. Bebricara manajemen oragnisasi berarti bagaiman cara kita mengatur setip orang yang tergabung dalam organisasi, khususnya setiap pengurus organisasi dalam mengelolah organisasi disetiap masa kepengurusan.
Memahami tiap karakter anggota organisasi
Memahami karakter tiap oragnisasi secara langsung kita harus bisa memahami tujuan individu dalam berorganisasi. Setiap karakter orang berbeda-beda berdasarkan dengan tujuan dan keahlian mereka masing-masing. Hal ini akan sangat penting untuk kelancaran kegiatan organisasi dengan menempatkan setiap orang dalam struktur oraganisasi atau struktur kepanitian sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Maka, jika kita termasuk dalam pengurus atau pemimpin sebuah organisasi, pemahaman karakter anggota menjadi hal yang harus dapat dilakukan demi kelancaran setiap program kegiatan yang di programkan sehingga perkembangan oragniasi dapat terealisasi.
Dengan begitu setiap anggota organisasi akan merasa nyaman dalam setiap aktivitas yang berhubungan dengan keorganisasian. Dengan begitu, orang-orang yang lebih dulu bergabung dalam sebuah organisasi akan lebih terhindari dari sifat-sifat egois terhadap orang-orang yang baru bersentuhan dengan organisasi tersebut.
Berorganisasilah dengan bijak, berorganisasilah dengan santun, berorganisasilah dengan damai dan selebihnya biarlah orang yang menilai dengan komentar yang dibumbuhi kritikan.


EmoticonEmoticon