Komponen Ekosistem Biotik dan Abiotik

1.    Komponen biotik (komponen makhluk hidup) seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba.
2.    Komponen ekosistem abiotik (benda fisik) seperti tanah, air, udara dan energi.

Berdasarkan segi trofik atau nutrisi, maka komponen biotik dalam ekosistem terdiri atas dua jenis sebagai berikut (Odum, 1993; Gopal dan Bhardwaj,1997; Resosoedarmo dkk.,1986; Irwan, 1992).
Komponen ekosistem Autotrofik (autotrophic)
Autotrofik berasal dari kata autos yang artinya sendiri dan trophikos yang berarti menyediakan makanan. Jadi komponen autotrofik yaitu komponen ekosistem yang mampu menyediakan atau mensintesis makanannya sendiri berupa bahan organik yang berasal dari bahan-bahan anorganik dengan bantuan klorifil dan energi matahari. Oleh karena itu organisme yang termasuk dalam kategori autotrofik pada umumnya berupa tetumbuhan karena tumbuhan melakukan fotosintesis pada daun yang mengandung klorofil atau zat hijau daun. Fotosintesi sendiri merupakan proses pemasakan makanan pada tumbuhan yang berlangsung di bagian daun dengan bantuan energi matahari. Pada komponen autrofik terjadi pengikatan energi radiasi matahari dan sintesis bahan anorganik menjadi bahan organik kompleks.
Komponen ekosistem Heterotrofik (heterotrophic)
Heterotrofik berasal dari kata hetero yang artinya berbeda atau lain dan trophikos yang artinya menyediakan makanan. Komponen Heterotrofik yaitu organisme yang hidupnya selalu memanfaatkan bahan organik sebagai bahan makanannya, sedangkan bahan makanan yang dimanfaatkan itu disediakan oleh organisme lain. Jadi singkatnya komponen Heterotrofik memperoleh bahan makan mereka dari Komponen Autotrofik. Misalnya binatang, jamur, dan jasad renik.

Anda dapat lihat selengkapnya pada :


EmoticonEmoticon