Komponen Ekosistem : Biotik, Abiotik, Produsen, Konsumen dan Pengurai lengkap dengan Contohnya

Komponen Ekosistem : Biotik, Abiotik, Produsen, Konsumen dan Pengurai – Berdasarkan atas segi struktur dasar ekosistem, maka komponen ekosistem terdiri atas dua jenis sebagai berikut (Gopal dan Bhardwaj,1979;Setiadi 1983).
Komponen Ekosistem : Biotik, Abiotik, Produsen, Konsumen dan Pengurai lengkap dengan Contohnya

Komponen Biotik
1.    Komponen biotik (komponen makhluk hidup) seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba.
2.    Komponen ekosistem abiotik (benda fisik) seperti tanah, air, udara dan energi.
Berdasarkan segi trofik atau nutrisi, maka komponen biotik dalam ekosistem terdiri atas dua jenis sebagai berikut (Odum, 1993; Gopal dan Bhardwaj,1997; Resosoedarmo dkk.,1986; Irwan, 1992).
1.    Komponen ekosistem Autotrofik (autotrophic)
Autotrofik berasal dari kata autos yang artinya sendiri dan trophikos yang berarti menyediakan makanan. Jadi komponen autotrofik yaitu komponen ekosistem yang mampu menyediakan atau mensintesis makanannya sendiri berupa bahan organik yang berasal dari bahan-bahan anorganik dengan bantuan klorifil dan energi matahari. Oleh karena itu organisme yang termasuk dalam kategori autotrofik pada umumnya berupa tetumbuhan karena tumbuhan melakukan fotosintesis pada daun yang mengandung klorofil atau zat hijau daun. Fotosintesi sendiri merupakan proses pemasakan makanan pada tumbuhan yang berlangsung di bagian daun dengan bantuan energi matahari. Pada komponen autrofik terjadi pengikatan energi radiasi matahari dan sintesis bahan anorganik menjadi bahan organik kompleks.
2.    Komponen ekosistem Heterotrofik (heterotrophic)
Heterotrofik berasal dari kata hetero yang artinya berbeda atau lain dan trophikos yang artinya menyediakan makanan. Komponen Heterotrofik yaitu organisme yang hidupnya selalu memanfaatkan bahan organik sebagai bahan makanannya, sedangkan bahan makanan yang dimanfaatkan itu disediakan oleh organisme lain. Jadi singkatnya komponen Heterotrofik memperoleh bahan makan mereka dari Komponen Autotrofik. Misalnya binatang, jamur, dan jasad renik.
Odum (1993) mengemukakan bahwa semua ekosistem apabila ditinjau dari struktur dasarnya terdiri atas empat komponen. Pernyataan yang serupa juga dikemukakan oleh Resosoedarmo dkk. (1986) bahwa ekosiste ditinjau dari segi penyusunannya terdiri atas empat komponen yaitu komponen abiotik, komponen biotik yang mencakup produsen, konsumen dan pengurai. Penjelasan 4 Komponen Ekosistem sebagai berikut :
Komponen Abiotik
Komponen abiotik yaitu benda fisik atau nonhayati. Contohnya tanah, air, udara dan energi. Menurut Setiadi (1983), Komponen abiotik suatu ekosistem dapat meliputi senyawa dari elemen inorganik misalnya tanah, air, kalsium, oksigen, karbonat, fosfat dan berbagai ikatan senyawa organik. Terdapat juga faktor fisik lainya yang terlibat dalam komponen abiotik. Contohnya seperti uap air, angin dan radiasi matahari.
Komponen Produsen
Komponen produsen yaitu organisme autotrofik yang pada umumnya tetumbuhan atau tumbuhan hijau. Termasuk dalam komponen produsen karena secara rantai makanan dalam ekosistem, tumbuhan juga termasuk dalam kategori produsen dalam melakukan fotosintesis, menyerap CO2 (karbon dioksida) dan mengelurkan O2 (oksigen) untuk digunakan oleh seluruh makhluk hidup dalam ekosistem. Selain itu tumbuhan juga dimanfaatkan oleh hewan dan manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk hidup dan berkembang.
Komponen Konsumen
Komponen konsumen yaitu organisme heterotrofik. Contohnya hewan dan manusia. Komponen konsumen dalam ekosistem juga terbagi lagi menjadi 3 kategori yaitu konsumen pertama dan konsumen kedua dan konsumen ketiga
1.    Konsumen pertama
Konsumen pertama adalah golongan herbivora yaitu golongan yang memakan tumbuhan hijau. Contohnya : kelinci, kijang, kambing, sapi, kerbau dan lain sebagainnya.
2.     Konsumen kedua
Konsumen kedua yaitu golongan karnivora kecil dan omnivora. Karnivora kecil yaitu binatang yang bentuk tubuhnya lebih kecil dari karnivora besar dan memakan binatang lain yang masih hidup. Contohnya : Anjing, kucing, rubah, burung gagak dan lain sabagainya.
Omnivora yaitu organisme pemakan semua golongan misalnya tumbuhan dan hewan. Contohnya manusia.
3.    Konsumen ketiga
Konsumen ketiga yaitu karnivora besar atau karnivora tingkat tinggi. Karnivora besar merupakan binatang yang memangsa atau memakan karnivora kecil, herbivora dan omnivora. Contohnya singa, harimau, dan serigala.
Komponen Pengurai (Dekomposer)
Komponen pengurai yaitu mikroorganisme (organisme kecil) yang hidupnya bergantung pada baan organik dari organisme yang telah mati. Organisme bahan organik ini yaitu binatang dan manusia. Mikroorganisme pengurai contohnya : bakteri dan jamur.
Organisme pengurai juga terbagi atas dua kriteria yaitu dekomposer dan transformer
Dekomposer
Dekomposer yaitu mikroorganisme yang menyerang bangkai hewan dan sisa tumbuhan yang telah mati kemudian memecah bahan organik kompleks kedalam ikatan yang lebih sederhana dan proses itu disebut humifikasi yang menghasilkan humus.
Transformer
Transformer yaitu mikroorganisme yang meneruskan dekomposisi (dekomposer) dalam bentuk bahan anorganik yang siap dimanfaatkan lagi oleh produsen (tumbuan), dekomposisi ini disebut mineralisasi yang menghasilkan unsur hara.

0 Response to "Komponen Ekosistem : Biotik, Abiotik, Produsen, Konsumen dan Pengurai lengkap dengan Contohnya"

Post a Comment