Ekosistem Hutan Hujan Tropis dan Hutan Mangrove Beserta Fungsinya Masing-Masing

Ekosistem Hutan Hujan Tropis
Ekosistem ini berada di wilayah tropika termasuk indonesia dengan curah hujan 2000-4000 mm/tahun. Hutan hujan tropis di indonesia terdapat di Kalimantan dan Sumatra yang mendapat hujan setiap tahun dan mempunyai kelembaban sekitar 80%. Hutan hujan tropis Indonesia adalah penyusun utama sumber daya hayati flora darat.
 
Dihutan tropis terdapat tumbuhan kurang lebih 25.000 jenis termasuk 3000 jenis anggrek. Tumbuhan bernilai ekonomi tinggi, antara lain meranti merantian, kacangkacangan, jambu jambuan, Lumut dan ganggang 35.000 jenis, Satwa ada 220.000 jenis yang terdiri dari mamalia 515 jenis, ikan 4000 jenis, reptil 1000 jenis, burung 1519 jenis dan serangga 200.000 jenis.
Fungsi Hutan Hujan Tropis 

1.    Pengatur tata air
a)    Peristiwa berubahnya air menjadi uap dan bergerak dari permukaan tanah atau permukaan air ke udara disebut penguapan atau evaporasi, peristiwa penguapan dari tanaman disebut transpirasi peristiwa keduanya secara bersama disebut evapotranspirasi.
b)    Penguapan air pada tanah gundul mula mula cepat, sebab air yang menguap adalah yang terdapat dipermukaan tanah.
c)    Kecepatan penguapan air melalui permukaan tanah gundul relatif lebih sedikit dibandingkan dengan melalui tanah yang tidak gundul, tetapi apabila diatas tanah terdapat seresah, maka kecepatan penguapan lebih lambat
d)    Seresah yang terdapat di bawah pepohonan, memudahkan air masuk ke dalam tanah (mencegah banjir), jadi dalam hal ini hutan memperbesar daya penyimpanan air tanah

 2.    Penyerap karbondioksida
a)       Karbondioksida yang terdapat diudara, dengan proses fotosintesis digunakan oleh tanaman untuk pertumbuhan, sehingga hutan dikatakan sebagai paru paru dunia
b)       Perlu diperlu dipertanyakan berapa persen hutan yang masih ada di negara yang telah maju. Mereka telah menggunakan hutannya untuk pembangunan dimasa yang telah silam. Disisi lain karbondioksida banyak berasal dari negara maju, ironisnya untuk menyerap karbondioksida ditugaskan bagi hutan negara yang sedang berkembang
3.    Fungsi hutan yang lain
a)    Sumber plasma nuftah sangat penting, karena berbagai misteri kehidupan yang terdapat dalam hutan terlalu banyak yang belum diketahui
b)    Habitat satwa
c)    Penciptaan iklim mikro
d)    Bioindikator terjadinya hujan asam dan pencemaran udara yang lain
e)    Pencegah erosi dan banjir       
Ekosistem Hutan Mangrove
Habitat pertumbuhan hutan mangrove :
1. Pasir berlumpur (di pantai yang  ada muara sungai).
2. Air payau.
3. Tumbuhan penyusun: bakau & api-api.
Yang terdapat di ekosistem hutan mangrove antara lain :
1.    Sekitar 4 juta hektar hutan mangrove tersebar dibeberapa pantai antara lain Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Papua.
2.    Di pantai Jakarta Utara terdapat kawasan hutan lindung dan cagar alam Muara Angke. Kawasan hutan itu tergolong komunitas mangrove yang disusun oleh berbagai jenis tumbuhan terutama bakau bakau (Rhizophora spp.) Dan api api (Avicennia spp., Sonneratia spp.).
3.    Komunitas mangrove yang tumbuh di pinggir pantai ini ke arah daratan membentuk ekosistem rawa.
4.    Semenjak kawasan tersebut berubah fungsinya menjadi tempat pemukiman mewah yang disebut pantai indah kapuk, desa di sebelah pemukiman itu sering mengalami banjir pada musim hujan dan air sumur penduduk jakarta utara mulai terasa agak asin, semua ini terjadi karena gangguan terhadap fungsi ekosistem.
Fungsi ekosistem hutan mangrove :
1.  Menjaga garis pantai, melindungi daratan dari kemasukan air laut (intrusi). tanpa mangrove pantaiakan mengalami pengikisan, air laut akan mencemari air tanah.
2.  Hutan mangrove tempat kehidupan berbagai satwa terutama monyet dan burung. Kotoran satwa ini berperan sebagai pemupuk perairan pantai, menyuburkan pertumbuhan plankton, jasad renik (mikroskopik) yang menjadi makanan udang danikan.
3.  Ekosistem mangrove menjadi tempat bertelur, berpijah dan tumbuh ikan dan udang (breeding, ground, nursery ground).
4.  Mangrove dapat melindungi laut dari pencemaran yang bersumber dari laut.
5.  Mangrove yang dipelihara dan dibudidayakan, sebagian diperlukankayunya untuk pembangunan seperti di jawa barat, pembangunan bagan, bangunan penangkap ikan di lepas pantai memerlukan kayu mangrove.
Fungsi hutan mangrove secara fisik :
1.    Menjaga garis pantai dan tebing sungai
2.    Mempercepat accresion
3.    Mencegah banjir
4.    Mengolah limbah
Fungsi hutan mangrove secara biologi :
1.    Tempat tumbuh nener, benur & larva kerang
2.    Tempat tinggal kera dan burung
3.    Habitat biota lain
Fungsi hutan mangrove secara ekonomi :
1.    Tambak ikan dan udang
2.    Ladang garam
3.    Sumber kayu
4.    Rekreasi

0 Response to "Ekosistem Hutan Hujan Tropis dan Hutan Mangrove Beserta Fungsinya Masing-Masing"

Post a Comment