Contoh Rantai Makanan di Laut dan Gangguan yang Terjadi

Di dalam ekosistem perairan terbentuk rantai makanan antara lain:
Fitoplankton – zooplankton - ikan kecil - ikan besar – manusia - pengurai
Gangguan ekosistem perairan dapat terjadi, misalnya apabila menangkap ikan dengan tuba, memakai bahan peledak atau aliran listrik.
 
Contoh Rantai Makanan di Laut dan Gangguan yang Terjadi

Gangguan pada rantai makan ekosistem perairan:
1.    Pada rantai makanan ekosistem perairan dapat terjadi peristiwa yang disebut akumulasi biologik dan penggandaan biologik (biological accumulation and magnification).
2.    Pada saat suatu predator memakan mangsa, maka zat anorganik tertentu atau substansi kimia misalnya ddt yang berasal dari tubuh mangsa itu akan diakumulasi oleh pemangsa / predator.
3.    Pasangan mangsa-predator adalah bagian dari suatu rantai makanan sebagai “mata rantai”.
4.    Predator pada suatu rantai makanan menjadi mangsa bagi predator lainnya dan seterusnya, sehingga diujung rantai makanan konsentrasi suatu zat atau substansi kimia yang terbawa bersama makanan akan berlipat ganda, peristiwa ini disebut penggandaan biologi.
5.    Dengan demikian adalah mungkin untuk menghindari kemungkinan terkontaminasi makanan yang mengandung bahan berbahaya beracun (B3), caranya dengan tidak memakan hanya satu jenis dan / atau dari satu sumber makanan saja.
6.    Menganekaragamkan jenis makanan dapat mengurangi kemungkinan keracunan B3 karena dengan menu yang berganti ganti kita terhindar menjadi ujung suatu rantai makanan tertentu.
Bahan bahan kimia termasuk bahan kimia essensial yang diperlukan makhluk hidup, akan bersirkulasi menurut polanya sebagai daur materi atau daur biogeokimiawi yang dapat dibedakan menjadi:
1.    Daur dalam bentuk gas, apabila kutub reservoirnya berada di atmosfer atau hydrosfer
2.    Daur dalam bentuk sedimen, apabila kutub reservoirnya berada dalam sedimen atau batuan induk
Daur bentuk gas ini dapat dikatakan lebih sempurna daripada daur dalam bentuk sedimen, karena kutub reservoir yang ada di atmosfer dapat secara cepat mengatasi apabila terjadi ketidak seimbangan di dalam daur.

0 Response to "Contoh Rantai Makanan di Laut dan Gangguan yang Terjadi"

Post a Comment