Contoh Rantai Makanan di Hutan dan Dampak yang Terjadi


Contoh Rantai Makanan di Hutan dan Dampak yang Terjadi

Contoh Rantai Makanan di Hutan
Tanaman hutan - belalang -  burung
Serigala - harimau
Tanaman hutan - tikus - burung    
serigala - harimau          
Daur materi di dalam ekosistem hutan terbentuk saat organisme di ekosistem tersebut mati, kemudian dirombak oleh mikrobia, hasil perombakan merupakan nutrien / hara untuk tumbuhan. Pada contoh rantai makanan hutan diatas terlihat tumbuhan penyusun ekosistem hutan sebagai mata rantai pertama konsumen atau produsen. Sebagai mata rantai kedua atau konsumen I yang sifatnya herbivora adalah belalang. Selanjutnya dalam gambar terlihat konsumen II, III, IV yang semuanya hewan carnivora yaitu burung, serigala dan harimau.
Apa yang terjadi apabila salah satu mata rantai makanan tersebut tidak berfungsi ?  
Maka kemungkinan yang terjadi adalah sebagai berikut :
1.    Serangga yang tinggal dan makan daun daunan pada hutan yang terbakar akan kehilangan tempat tinggalnya dan sumber makanannya dan akan pindah ke tempat lain atau migrasi. Ditempat yang baru mereka kelelahan dan kelaparan akan memakan tanaman pertanian.
2.    Burung yang biasanya memangsa serangga akan kehilangan sumber makanannya, sehingga burung burung ini akan meninggalkan habitatnya.
3.    Perginya burung menimbulkan rasa aman bagi tikus tikus yang semula juga dimangsa burung tersebut. Karena ketiadaan predator maka tikus akan lebih leluasa berkembang biak dan semakin meningkat jumlahnya.
4.    Serigala yang kehilangan mangsanya karena burung burung tadi melakukan migrasi terpaksa mencari sumber makanan lain. Tidak jarang serigala ini masuk kampung memangsa ternak penduduk
5.    Karena seigala sudah tidak ada lagi dihutan maka harimaupun kehilangan mangsanya sehingga masuk kampung menyerang ternak penduduk termasuk manusia.


EmoticonEmoticon