Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum dan Luas

Pengertian lingkungan hidup pada umumnya adalah segala sesuatu yang berada di alam semesta atau lingkungan yang ada di sekitar makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuhan serta dapat saling mempengaruhi sesama kehidupan makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung. 
Lingkungan hidup secara umum dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Lingkungan hidup biotik adalah lingkungan yang hidup, misalnya manusia, hewan, tumbuhan dan termasuk didalamnya mikroorganisme sedangkan lingkungan hidup abiotik atau lingkungan fisik antara lain tanah, bebatuan, air, udara dan cahaya.
Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum dan Luas
Secara umum pengertian lingkungan hidup mencakup semua yang berada di alam karena berbicara tentang lingkungan hidup mencakup segala sesuatu yang hidup maupun tidak hidup itulah disebut lingkungan hidup biotik dan abiotik.
Oleh karena itu lingkungan hidup harus dipahami secara luas bukan hanya mencakup makhluk hidup tapi termasuk juga didalam benda fisik yang kemudian semua itu akan saling berhubungan satu sama lain dalam ekologi sehingga terjadi proses kehidupan yang terus berlangsung. Hubungan sosial budaya masyarakat juga termasuk dalam kategori lingkungan hidup karena hal tersebut menjadikan hubungan interaksi antara sesama manusia dalam lingkungan hidup sekitar mereka.
Untuk itu setiap orang tentunya harus menjaga keseimbangan lingkungan hidup mereka masing-masing sehingga sebagai makhluk yang memiliki akal, manusialah yang paling dituntut untuk dapat menjaga lingkunga hidup tersebut. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna, dengan kesempurnaan diantaran ciptaan inilah, maka sudah semestinya manusia menjaga lingkungan hidupnya.
Itulah pengertian lingkungan hidup secara umum, semoga menambah pemahaman kita agar kita selalu senantias menjaga lingkungan hidup sekitar kita dengan baik.


EmoticonEmoticon