Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Ahli

Lingkungan hidup merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi ini, sebab kita semua dapat hidup dengan baik jika lingkungan hidup itu sendiri menjadi baik sehingga kita sebagai manusia akan merasa nyaman dalam menjalani kehidupan.
Sadar atau tidak sadar dengan sendirinya pada zaman dahulu manusia mulai mempelajari lingkungan hidup itu sendiri karena naluri manusia sebagai manusia yang selalu ingin mengetahui segala sesuatu, apalagi yang berhubungan langsung dengan kehidupan sekitarnya sehingga kajian ilmu pengetahuan tentang lingkungan hidup diawali dari ahli seorang Biologi bernama Ernest Haeckel. Pada tahun 1860, Ernest Haeckel memperkenalkan istilah lingkungan hidup atau ekologi. Istilah ekologisendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos dan logos. Oikos berarti rumah, sedangkan logos berarti ilmu. Berawal dari konsep ekologi yang diperkenalkan oleh Ernest Haeckel inilah sehingga mendorong banyak orang atau ahli untuk semakin mempelajari tentang lingkungan hidup hingga akhirnya melahirkan berbagai konsep-konsep tentang lingkungan hidup itu sendiri.
Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Ahli
Lingkungan hidup bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Sehigga pada setiap generasi ahli lingkungan hidup memiliki pengertian tentang lingkungan hidup berdasarkan pengamatan dan hasil analisis mereka masing-masing.
Berikut ini adalah pengertian lingkungan hidup menurut beberapa ahli dan pengertian lingkungan hidup menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup :
Pengertian lingkungan hidup menurut Wikipedia
Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.
Pengertian lingkungan hidup menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
Pengertian lingkungan hidup menurut Otto Soemarwoto
Otto Soemarwoto berpendapat bahwa lingkungan hidup merupakan semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita. Menurut batasan tersebut secara teoritis ruang yang dimaksud tidka terbatas jumlahnya. Adapun secara praktis ruang yang dimaksud selalu dibatasi menurut kebutuhan yang dapat ditentukan.
Pengertian lingkungan hidup menurut Emil Salim
Menurut Emil Salim, lingkungan hidup diartikan sebagai benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia. Definisi lingkungan hidup menurut Emil Salim dapat dikatakan cukup luas. Apabila batasan tersebut disederhanakan, ruang lingkungan hidup dibatasi oleh faktor-faktor yang dapat dijangkau manusia, misalnya faktor alam, politik, ekonomi dan sosial.
Pengertian lingkungan hidup menurut Munajat Danusaputra
Menjelaskan bahwa lingkungan hidup ialah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.
Pengertian lingkungan hidup menurut Soedjono
Soedjono mengartikan lingkungan hidup sebagai lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam. Pengertian ini menjelaskan bahwa manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan dilihat dan dianggap sebagai perwujudan fisik jasmani. Menurut definisi Soedjono, lingkungan hidup mencakup lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya.
Pengertian lingkungan hidup menurut Sri Hayati
Menjelaskan lingkungan hidup sebagai satu kesatuan ruang dengan semua benda juga keadaan makhluk hidup. Yang termasuk didalamnya adalah manusia dan perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia juga makhluk-makhluk hidup lainnya.
Pengertian lingkungan hidup menurut Sambas Wirakusumah
Lingkungan merupakan semua aspek kondisi eksternal biologis, dimana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkunga menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.
Pengertian lingkungan hidup menurut Bintarto

Menyatakan bahwa lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik berupa benda ataupun non-benda yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi sikap dan tindakan kita.


Pada dasarnya semua pengertian lingkungan hidup menurut ahli di atas mengarah pada hal yang sama, namun mereka menafsirkannya dalam sudut yang berbeda sesuai dengan pemahaman mereka masing-masing.


EmoticonEmoticon