Pengertian Ekosistem Buatan dan Ciri-cirinya

Pengertian Ekosistem Buatan dan Ciri-cirinya
Tanaman Jati
Ato Basahona Share tentang pengertian ekosistem buatan dan ciri-cirinya - Pengertian ekosistem secara umum adalah segela bentuk kehidupan yang saling mempengaruhi atau berinteraksi satu dengan yang lainnya, baik komponen biotik (mahkluk hidup) dan abiotik (benda fisik). Contoh komponen biotik yaitu manusia, hewan dan tumbuhan sedangkan abiotik yaitu tanah, air dan udara. Ekosistem secara garis besar  terbagi atas dua kategori, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Nah pada kali ini kita akan fokus membahas tentang ekosistem buatan.
Apa itu ekosistem buatan ?
Ekosistem buatan adalah ekosistem yang berlangsung atau ada karena campur tangan manusia. Maksud dari ekosistem yang berlangsung karena campur tangan manusia karena ekosistem tersebut dibuat atau direkayasa oleh manusia dan berlangsung baik tergantung kerja manusia dalam mengelola ekosistem buatan tersebut.
Ciri-Ciri Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan memiliki ciri – ciri tersendiri dari ekosistem alami, hal ini disebabkan karena adanya aktivitas manusia yang mendominasi dalam keberlangsungan ekosistem buatan tersebut.
1.    Berdekatan dengan pemukiman
Ciri ekosistem buatan yang pertama yaitu dekat dengan pemukiman, hal ini sengaja dilakukan agar lebih memudahkan dalam mengontrol dan mengelola.
Contoh :
a.    Pekarangan rumah
b.    Tambak ikan, dan
c.     Persawahan
2.    Tertata dengan baik
Ciri ekosistem buatan yang kedua yaitu tertata dengan baik, misalnya terlihat perkebunan masyarakat. Jenis tanaman apapun yang ditanam akan terlihat seragam pada tingkatan umur tanaman dan memiliki jalur penanaman yang sama.
Contoh :
a.    Hutan tanaman jati
b.    Kebun kelapa
c.     Kebun pisang dan lain-lain
3.     Dibuat untuk kebutuhan tertentu
Ciri ekosistem buatan yang ketiga yaitu dibuat untuk kebutuhan tertentu. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, kadang apa yang orang lain butuh, orang lain tidak membutuhkannya, begitu pula sebaliknya.
Contoh :
a.    Aquarium
b.    Kolam ikan
Aquarium dan kolam ikan merupakan ekosistem buatan yang dibuat karena hobi dan menambah keindahan suatu ruangan atau rumah tempat tinggal. Pada dasarnya setiap manusia membutuh suatu keindahan, namun hal membutuhkan untuk mendapat keindahan itulah berbeda-beda. Ada yang menyukai aquarium atau kolam ikan dirumah untuk mendapatkan nilai keindahan dan ada yang tidak membutuhkan aquarim tetapi bentuk hal lain untuk menambahkan keindahan suatu ruangan.
Itulah pengertian ekosistem buatan dan ciri-cirinya serta sedikit contah yang dapat anda ketahui.


EmoticonEmoticon