Makna Nama NAI

Makna Nama Nai

Sebuah Kecamatan di Timur Indonesia, Sanana juga hadir dengan budaya dan ciri khas bahasa daerah yang kemudian memberikan makna-makna kata sebagai identitasnya suatu daerah.
Kota Sanana secara administrasi berada di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. Suku Sula adalah suku dari turun-temurun yang berdomisili di Kepulauan Sula, terlihat jelas dari nama Kabupatennya.
Seperti halnya jika pada kultur suku Bugis, memanggil sebutan anak laki-laki dengan nama Aco. Nai adalah sebutan atau panggilan anak laki-laki di Sanana. Namun, panggilan Nai ini biasanya diberikan kepada anak laki-laki yang sangat disayangi atau bisa juga dikatakan panggilan sayang buat anak laki-laki oleh orang tua dan keluarga besar mereka.
Kadang juga panggilan Nai digunakan saat kita bertemu dengan seorang anak laki-laki yang usianya lebih muda dan belum diketahui namanya, maka panggilan Nai biasanya dipakai untuk memanggil anak tersebut. Sehingga nampak sebuah makna ikatan hiasan kasih sayang saat bertutur kata walaupun secara emosional belum akrab.
Mail dan Mira orang tua dari Nai, memberikan nama tersebut kepada putra mereka saat si Nai baru lahir atau disebut nama potong pusar, mereka berdua akan memikirkan untuk memberikan nama yang akan digunakan pada akta kelahiran sampai pada semua hal administrasi setelah si Nai besar nanti.
Nai sebuah nama yang menjadi ciri khas Kota Sanana atau suku Sula. Nilai identitas yang begitu besar, dimanapun orang Sula berada. Apalagi jika berada di negeri seberang, nama ini akan menjadi pengenal, pengikat dan pengingat kalau kita berasal Sula. Dengan mendengar nama ini di tanah rantau pasti semua orang Sula akan mencari tahu siapa gerangan orang itu hingga mengenal sosok yang dipanggil Nai tersebut dalam bingkai persaudaraan.

Lanjut baca halaman 3 : Ngambek Seharian


EmoticonEmoticon