Ku Temukan Jati Diri di Tubuh HmI MPO

Ini adalah isi tulisan asli waktu awal menjadi anggota HmI MPO (2010), tanpa merubah sedikit pun :
Hidup dapat di maknai sebagai pengembaraan (Perjalanan) Intelektual. Dalam hidup dan kehidupan tidak sedikit orang yang berusaha untuk melakukan apa saja demi terbentuknya pengembangan diri atau perubahan sifat dan tingkah laku kearah yang lebih baik, ada yang akhirnya memperolah suatu perubahan yang signifikan dalam hidupnya,akan tetapi ada juga yang malah mengalami depresi dan stres dengan perubahan karakteristik yang di alaminya. 

Hal-hal seperti itu dapat terjadi karena manusia secara tidak langsung belum menyadari bahwa jiwa mereka sendiri belum siap menghadapi masa-masa transisi, di samping itu juga karena manusia belum dapat memaknai hidup secara Radikal dan satu prinsip yang sangat mendominasi adalah kemauan yang tinggi dari Manusia itu sendiri dan semangat militansi.

Jum’at 2 Mei 2010 di Masjid Ulil Albab Universitas Sam Ratulangi Manado merupakan pintu gerbang bagi saya untuk memasuki dan mengarungi ruang waktu yang dapat menyinari ku dengan cahaya kehidupan terang di masa depan yang cerah dan saat itulah awal dari suatu suksesi (Perubahan). Atas dukungan dan saran dari seorang sahabat terbaik ku yang bernama Sukarman, saya pun bergabung dengan mengikuti Basic Taining atau latihan kepemimpinan (LK1) yang di adakan Oleh HMI-MPO Cabang Manado.
Manusia adalah produk dari keadaan sekitarnya meskipun begitu tapi manusia juga bisa mempengaruhi lingkunganya tapi hal itu cukup sulit untuk di lakukan sebab membutuhkan proses rentang waktu yang cukup panjang bahkan dapat sampai pada regenerasi dan bukan keinsafan yang mempengaruhi keadaan sosial Manusia tetapi sebaliknya keadaan sosial manusialah yang mempengaruhi keinsafanya artinya adalah keintelektualan atau pola pemikiran seseorang itu akan tercipta dan berkembang istimewa jika dia berada di tengah-tengah atau antara orang-orang yang berintelektual dan itu memberikan sinyal-sinyal positif dan dengan sendirinya terkoneksi oleh kita dan itulah suatu momen yang saya rasakan ketika berada di antara teman-teman seperjuangan.
HMI-MPO adalah sebuah proyeksi dan desain masa depan yang sangat spektakuler buat saya. Sebuah Wadah pembinaan,pendidikan mental dan kekonsistenanan terhadap ideologi-ideologi yang berasaskan Ke-Islaman sebagai suatu keintegralan yang mengukir dan menciptakan pribadi-pribadi berintelek dan berwibawa. Eksistensian saya di tubuh HMI-MPO memberikan nafas keindahan, sehingga saya menjadi seseorang yang baru dan sadar akan kekurangan kebodohan dan kesalahan di masa lampau yang suram.
Alhamdulillah puji syukur kehadirat ALLAH Swt saya Secara langsung dan sadar menemukan sesuatu yang selama ini saya cari yaitu JATI DIRI saya di dalam tubuh HMI-MPO. Saya bahkan berani mengklaim diri saya bahwa saya bukan lagi Sumanto Basahona satu tahun yang lalu tetapi saya sekarang adalah Individu yang termodifikasi dalam pusaran karakter dan tersedot oleh saya sehingga terbentuknya kecerdasan emosional yang mendekati klimaks. Di sana karekteristik saya dari kedisiplinan,mental,kekonsistenan,semangat Silaturahmi,dan retorika (Seni berbicara di depan umum) mulai terbentuk dan semakin membaik.
Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua kanda dan yunda yang telah ikhlas menerima, mendidik, membimbing dan mendistribusikan inspirasi-inspirasi yang bersifat konstruktif kepada saya.
Jika ingin memperolah apa yang kita inginkan dalam hidup maka kita harus melewati proses hidup dan kehidupan ini dengan baik dan benar,bukan hidup namanya jika tak ada cobaan dan tantangan teruslah berusaha dan berdoa, yakinlah dimana ada kemauan di situ ada jalan (YAKUSA).


EmoticonEmoticon