Contoh Lingkungan Alam serta penjelasannya

Contoh Lingkungan Alam serta penjelasannya
Contoh lingkungan di alam ini secara garis besar terbagi atas 2 yaitu contoh lingkungan alam dan contoh lingkungan buatan. Namun pada kesempatan kali ini kami akan khusus membahas tentang contoh lingkungan alam serta penjelasannya.
Semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa menjalani hidup di alam yang kemudia kita sebut dengan lingkungan hidup. Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang contoh-contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Jika anda pernah melakukan perjalanan jauh baik liburan atau hanya sekedar keperluan keluar kota maka pasti melihat semua keadaan alam baik yang alami maupun buatan. Bisa jadi pada saat anda melihat keadaan alam saat melakukan perjalanan, anda sendiri belum memahami atau dapat membedakaan mana yang termasuk dalam kategori lingkungan alami dan mana yang termasuk dalam kategori lingkungan buatan.
Lihat juga : Pengertian Lingkungan Hidup
Contoh lingkungan alam
Contoh Lingkungan alam merupakan lingkungan yang ada tanpa campur tangan manusia, lingkungan alam ada karena ciptaan Tuhan.
1.    Gunung
Gunung merupakan contoh lingkungan alam yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.
2.    Hutan
Hutan merupakan suatu areal luas yang banyak memiliki tumbuhan dan didominasi oleh pohon dan tumbuhan-tumbuhan lainnya seperti semak, perdu dan rumput.
Hutan adalah contoh lingkungan alam yang ada karena ciptaan Tuhan sehingga hutan dapat tumbuh dengan subur jika manusia tidak melakukan penebangan liar terhadap pohon-pohon yang ada.
3.    Sungai
Sunga juga termasuk dalam lingkungan alam karena manusia tidak dapat membuat sungai dengan sendirinya tanpa adanya aliran air yang berasal dari hutan atau alam.
Hutan berhubungan erat dalam menghasilkan sumber air di alam karena hutan juga dapat berfungsi sebagai pengatur tananan air, sehingga dengan air yang tersedia di lingkungan alam atau hutan yang kemudian akan mengalir menjadi sebuah sungai hingga manusia dapat menggunakan dan menkonsummsi air untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
4.    Danau
Danau termasuk dalam lingkungan alam karena danau juga terjadi secara alami tapi danau juga ada yang dibuat oleh manusia sehingga disebut danau buatan.
Danau merupakan cekungan besar yang terjadi di permukaan bumi dan digenangi oleh air tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Jenis danau proses terjadinya secara alami
Danau Tektonik
Yaitu danau yang terjadi akibat adanya peristiwa tektonik seperti gempa. Akibat gempa terjadi proses patahan (fault) pada permukaan tanah. Permukaan tanah yang patah mengalami pemerosotan atau ambles (subsidence) dan menjadi cekung. Selanjutnya bagian yang cekung karena ambles tersebut terisi air dan terbentuklah danau.
Danau Vulkanik atau danau Kawah
Yaitu danau yang terdapat pada kawah lubang kepunden bekas letusan gunung berapi. Ketika gunung meletus batuan yang menutup kawasan kepunden rontok dan meninggalkan bekas lubang di sana. Ketika terjadi hujan lubang tersebut terisi air dan membentuk sebuah danau.
Danau Karst
Danau jenis ini disebut juga Doline, yaitu danau yang terdapat di daerah berbatu kapur. Danau jenis ini terjadi akibat adanya erosi atau pelarutan batu kapur. Bekas erosi membentuk cekungan dan cekungan terisi air sehingga terbentuklah danau.
Danau Glasial
Yaitu danau yang terjadi karena adanya erosi gletser. Pencairan es akibat erosi mengisi cekungan-cekungan yang dilewati sehingga terbentuk danau.
Nah, seperti yang kami jelaskan di atas kalau danau juga ada yang terjadi secara buatan atau lingkungan buatan atas campur tangan manusia :
Danau buatan
Yaitu danau yang sengaja dibuat oleh manusia. Pembuatan waduk biasanya berkaitan dengan kepentingan pengadaan listrik tenaga air, perikanan, pertanian dan rekreasi. Contoh danau jenis ini misalnya Saguling, Citarum dan Jatiluhur di Jawa Barat, Riam Kanan dan Riam Kiri di Kalimantan Selatan, Kedung Ombo dan Gajah Mungkur di Jawa Tengah.
5.    Pantai
Contoh berikutnya dari lingkungan hasil alam yaitu pantai. Pantai merupakan salah satu lingkungan di alam yang sangat digemari oleh manusia untuk rekreasi atau tempat berwisata.

Kelima contoh diatas adalah contoh lingkungan alam secara garis besar, namun dari contoh-contoh diatas misalnya hutan, masih terdapat banyak contoh lingkungan alam didalam sehingga disebut ekologi atau hubungan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Begitu pula pada sungai yang masih terdapat berbagai bentuk air terjun yang juga termasuk dalam lingkungan alam atau pada danau yang tumbuh beragam jenis tumbuhan sebagai penghias indahnya sebuah danau, semua itu juga termasuk dalam contoh lingkungan alam.


EmoticonEmoticon