Bentuk Pelestarian Lingkungan Hidup yang Nyata

Bentuk Pelestarian Lingkungan Hidup yang Nyata
Bentuk pelestarian lingkungan hidup yang nyata merupakan pembahasan yang harus terus disosialisasikan demi terciptannya lingkungan hidup yang sehat untuk semua makhluk hidup. Lingkungan hidup sehat akan memberikan kehidupan yang optimal pada manusia.
Bentuk tindakan nyata pelestarian lingkungan hidup antara lain :
1.     Buanglah sampah pada tempatnya
Sampah merupakan hal yang sangat dominan dalam pencemaran lingkungan hidup maka hal ini harus dijaga dan dijadikan sebuah kebiasaan membuang sampah pada tempatnya sehingga dampak pencemaran lingkungan dapat diminimalisir dengan sebaik-baiknya.
2.    Mulai menanam tanaman di pekarangan rumah
Kami menyebutnya menanam tanaman karena kita dapat menanam tanaman apa saja dipekarangan rumah, mulai dari pohon, perdu dan rumput. Fungsi dari menanam tanaman di pekarangan rumah antara lain :

a.    Mengurangi aliran permukaan yang dapat menyebabkan erosi
Tanaman yang berada di pekarangan rumah berfungsi untuk mengurangi aliran permukaan sehingga secara langsung pekarangan tersebut tidak akan mengalami erosi karena penyebab erosi itu sendiri adalah meningkatnya aliran permukaan.
b.    Tanaman berfungsi untuk menyerap karbon dioksida yang kemudian mengeluarkan oksigen
Tanaman melakukan fotosintesis yang terjadi pada daun. Pada saat proses terjadinya fotosintesis tanaman akan menyerap karbon dioksida (Co2) dan mengeluarkan oksigen (o2) sehingga kita akan mendapat banyak udara segar dari lingkungan sekitar kita. Karbon dioksida dihasilkan oleh proses pembakaran kendaraan bermotor maka hal ini akan sangat berpengaruh pada lingkungan sekitar kita. Namun, dengan adanya tanaman maka dapat mengurangi pencemaran udara dan menghasilkan udara yang sejuk di lingkungan sekitar.
c.     Sebagai tempat bernaung
Tanaman pada pekarangan rumah juga berfungsi untuk tempat bernaung dari terik panas matahari. Selain itu dapat menjadi tempat tinggalnya makhluk hidup lainnya seperti burung, semut dan serangga. Itulah sebuah ekosistem yang baik dalam siklus alam.
d.    Dapat dinikmati buah tanaman
Jika anda menanam tanaman buah dipekarang rumah maka selain dari fungsi-fungsi di atas anda juga dapat memanen buahnya pada saat musim buah.
3.    Saling mengingatkan terhadap sesama
Selain dari bentuk tindakan nyata pelestarian lingkungan hidup yang kita lakukan, kita juga wajib untuk saling mengingatkan teradap sesama manusia. Dengan saling mengingatkan maka secara langsung kita telah memberikan pemahaman yang intensif, mulai dari keluarga, kerabat, teman-teman dan seluruh masyarakat terutama di lingkunga hidup sekitar kita.
Itulah 3 tindakan nyata pelestarian lingkungan hidup yang harus dari sekarang kita lakukan hingga menjadikannya sebagai bentuk kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.


EmoticonEmoticon