Keajaiban Otot pada Tubuh Manusia

Manusia memiliki otot sebagai sebuah jaringan di dalam tubuh dengan tugas utama sebagai kontraksi. Pada otot manusia diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu otot lurik,polos dan jantung. Pergerapan pada tubuh manusia disebabkan oleh otot dan bergeraknya tulang ke arah tertentu hanya disebabkan oleh salah satu otot dari 3 klasifikasi otot yang ada.
Tulang pada manusia dapat bergerak kembali ke posisi semula karena karena otot melakukan relaksasi oleh karena itu harus ada kerja sama antara otot-otot yang terdapat pada tubuh manusia, di saat otot lain bekerja untuk bergerak maju dan otot lain bekerja untuk bergerak kembali ke arah posisi semula.
Otot pada tubuh manusia juga berperan penting dalam pengalihan energi menjadi kekuatan. Otot termasuk sumber kekuatan dalam tubuh kita karena otot-ototlah yang menggerakan semua tulang dan sendi yang terdapat dalam tubuh kita.
Pada saat kita menggenggam sesuatu atau membuka pintu dan jendela rumah, hal itu terlihat biasa saja namun sebenarnya semua aktivutas yang sederhana itu adalah bentuk sistem koordinasi antara tulang, otot dan sendi pada tangan kita. Karena hal menakjubkan itu kita dapat menggeakan tangan dengan lincah dalam berbagai aktivitas dan bergerak menggunakan tangan dalam puluhan, ratusan bahkan ribuan gerakan.
Dengan fungsi otot yang baik pada tangan kita sehingga kita menjadi teliti dan lihai dalam menggunakan tangan seperti menjahit, mengukir sebuah patung dan melukis.
Secanggih apapun bentuk teknologi yang ada saat ini, tidak akan dapat menyaingi atau meniru desain ciptaan Tuhan yang begitu sempurna terhadap otot-otot pada tubuh manusia.
Coba kita bayangkan, bagaimana jika otot yang bergerak tidak bisa kembali ke posisi semula atau otot yang bergerak semau mereka secara bersamaan maka kita akan kesusahan dalam bergerak kesana-kemari dan beraktivitas dalam kehidupan kita. Itulah kuasa Tuhan dalam menciptakan semua makhluk hidup dengan sebaik-baiknya.


EmoticonEmoticon