Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi Menurut Ahli

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi atau Siklus Air Menurut Para Ahli - Secara etimologi Hidrologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Hydrologia, yang berarti "ilmu air". Jadi dapat dikatakan bahwa Hidrologi membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan air itu sendiri.
Namun, apa itu pengertian hidrologi ?
Berikut adalah pengertian Hidrologi menurut para ahli :
Marta dan Adidarma
menurut Marta dan Adidarma (1983), bahwa hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang terjadinya, pergerakan dan distribusi air di bumi, baik di atas maupun di bawah permukaan bumi, tentang sifat fisik, kimia air serta reaksinya terhadap lingkungan dan hubunganya dengan kehidupan.

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi Menurut Ahli
Linsley
Menurut Linsley (1996), menyatakan pula bahwa hidrologi ialah ilmu yang membicarakan tentang air yang ada di bumi, yaitu mengenai kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat-sifat fisik dan kimia, serta reaksinya terhadap lingkungan termasuk hubungannya dengan kehidupan.
Singh
Singh (1992), menyatakan bahwa hidrologi adalah ilmu yang membahas karakteristik menurut waktu dan ruang tentang kuantitas dan kualitas air bumi, termasuk di dalamnya kejadian, pergerakan, penyebaran, sirkulasi tampungan, eksplorasi, pengembangan dan manajemen.
Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan
Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan (1986) pengertian hidrologi adalah ilmu yang membicarakan tentang air yang ada dibumi yaitu mengenai kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat fisika dan kimia serta reaksinya terhadap lingkungan termasuk hubungan dengan kehidupan.
Berbicara tentang hidrologi tidak terlepas dari siklus hidrologi, siklus hidrologi mancakup evaporasi, transpiras, kondensasi, presepitasi, infiltrasi dan perkolasi.
Silahkan baca Pengertian tentang evaporasi, transpiras, kondensasi, presepitasi, infiltrasi dan perkolasi telah saya bahas pada postingan : Hutan dan Tata Air
Pengertian siklus hidrologi
Siklus hidrologi merupakan proses pengeluaran air dan perubahannya menjadi uap air yang mengembun kembali menjadi air yang berlangsung terus-menerus tiada henti-hentinya. Sebagai akibat terjadinya sinar matahari maka timbul panas. Dengan adanya panas ini maka air akan menguap menjadi uap air dari semua tanah, sungai, danau, telaga, waduk, laut, kolam, sawah dan lain-lain dan prosesnya disebut penguapan (evaporation) . Penguapan juga terjadi pada semua tanaman yang disebut transpirasi (transpiration) ( Soedibyo, 2003 )
Siklus hidrologi dibagi dalam 3 bagian yaitu :
1.    Siklus panjang
2.    Siklus sedang, dan
3.    Siklus pendek
Siklus Panjang :
Penguapan air laut menjadi bentuk gas a(kondensasi) karna panas dari matahari kemudian uap air mengalami sublimasi membentuk awan yang mengandung kristal es dan akan jatuh dalam bentuk air atau salju (presipitasi).
Siklus Sedang :
Penguapan air laut menjadi bentuk gas karna panas dari matahari dan terbawa oleh angin kemudian membentuk awan yang pada akhirnya jatuh ke permukaan daratan dan kembali ke lautan.
Siklus Pendek :
Penguapan air laut menjadi bentuk gas karna panas dari matahari lalu terjadi kondensasi membentuk awan dan kemudian jatuh ke permukaan laut.
Itulah pengertian siklus hidrologi dan siklus hidrologi menurut ahli, anda juga dapat membuat pengertian menurut anda sendiri dengan membaca dan memahaminya terlebih dalahulu.


EmoticonEmoticon