10 Panduan Dasar Blog Untuk Blogger Pemula

10 Panduan Dasar Blog Untuk Blogger Pemula di buat untuk blogger pemula atau orang yang baru mulai ngeblog, semoga panduan ini dapat bermanfaat dan silahkan ditanyakan jika anda masih mengalami kesulitan dalam menerapkan panduan dasar blog ini
Sebelum mulai ngeblog kita pastinya harus membuat atau memiiki sebuah blog. Biasanya para blogger menggunakan 2 platform dalam membuat blog yaitu WordPress dan blogspot selain cukup baik kedua platform ini juga gratis tanpa harus anda mengualaran unag untuk membeli,nah pada cara membuat blog ini kita menggunakan platform blogspot.
Pada saat proses pembuatan sebuah blog di blogspot, telah tersedia banyak template bawaan blogspot yang dapat langsung anda gunakan. Namun, anda juga dapat menggunkan template lain selain bawaan blogspot sesuai dengan kebutuhan blog anda.
Blog juga memiliki banyak widget yang dapat anda gunakan sesuai keperluan anda, misalnya populer post, penelusuran, label postingan, tranlate bahasa dan masih banyak lagi yang disediakan oleh platform blogspot.
Salah satu widget bawaan blogspot adalah kotak penelusuran, dengan memasang kotak penelusuran maka pengunjung dapat dengan mudah mencari isi blog anda sesuai dengan apa yang mereka cari tanpa harus mencarinya satu-persatu pada setiap postingan anda di blog.

Jika sering berkunjung ke blog-blog orang lain, anda pasti pernah melihat read more. Contoh read more yang sering anda lihat adalah baca selengkapnya, lanju membaca dan lain-lalin. Read more berfungsi untuk membatasi tampilan penuh postingan pada laman beranda (home) pada blog anda sehingga pada tampilan beranda dapat menampilkan beberapa judul postingan sekaligus misalnya 5- 10 postingan yang akan tampil di beranda. Read more juga kadanga telah disediakan oleh template yang telah dimodifikasi dan ada juga yang telah disediakan oleh blogspot secara otomatis, kita hanya tinggal menambahkannya pada postingan blog.
Pada blog yang baru dibuat, biasanya akan tampil tang dan obeng pada tampilan di dashboard blog, jika anda dapat menghilangkannya atau membiarkannya.
Saat pengunjung masuk ke beranda blog, mereka akan melihat tampilan beberapa judul postingan kita. Jumlah postingan di beranda blog juga dapat kita tentukan jumlahnya agar tampilan blog terlihat rapi dan menarik di mata pengunjung.
Sosial media pada blog sangat bermanfaat karena pengunjung dapat berbagi postingan blog kita ke SOSMED, dengan begitu semakin banyak pengunjung yang akan mengenal dan berkunjung ke blog kita. Widget Sosial Media yang melayang akan membuat mata pengunjung mengiliriknya dan mendorong mereka untuk berbagi postingan kita. Dengan catatan postingan blog kita harus menarik di mata mereka yang membaca.
Saat anda atau orang lain yang membagi postingan anda di media sosial (MEDSOS) mereka akan melihat nama anda sebagai penulis blog, namun hal itu juga harus di setting pada dashboard blog. Jika tidak di atur maka tampilan pada postingan yang dibagi ke media sosial akan terlihat XXXX sebagai penulis blog.
Sebenarnya memnghapus blog yang telah kita buat kurang baik dilakukan karena akan bermanfaat jika kita biarkan saja sehingga jika kita berubah pikiran untuk menggunkannya kembali, kita dapat dengan mudah mengaturnya ulang. Namun jika ada hal-hal tertentu yang menyebabkan anda harus menghapus blog anda maka silahkan dihapus.
Jika 10 panduan blog ini telah anda terapkan. Anda juga dapat melihat tips-tips blog tingkat lanjutan di Tutorial Ngeblog Khusus Pemula Sampai Jadi Mahir.


EmoticonEmoticon