Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ringkasan Valuasi Ekonomi Sumber daya Hutan

Ringkasan valuasi ekonomi sumber saya hutan merupakan pembahasan tentang hutan dalam konteks ekonomi. Beberapa hal yang dibahas antara lain, pentingnya nilai ekonomi sumber daya hutan, fungsi hutan dalam sudut pandang ekonomi serta konsep penilaian ekonomi itu sendiri.

1. Pentingnya Penilaian (Valuasi) Ekonomi Sumberdaya Hutan 

Untuk memahami manfaat SDH maka perlu dilakukan penilaian terhadap semua manfaat yang dapat dihasilkan oleh SDH tersebut. Penilaian manfaat barang dan jasa SDH sangat membantu seorang individu, masyarakat atau organisasi dalam mengambil suatu keputusan penggunaan SDH.

Nilai merupakan persepsi manusia tentang makna suatu objek bagi orang tertentu, pada waktu dan tempat tertentu. Persepsi tersebut berpadu dengan harapan ataupun norma-norma kehidupan yang melekat pada individu atau masyarakat (Davis, et al,1987). Sistem penilaian SDH antara lain mencakup : apa yang dinilai, kapan dinilai, dimana dan bagaimana menilainya.

2. Fungsi Hutan dan Aktifitas Ekonomi 

Fungsi-fungsi hutan dapat dideskripsikan sebagai jasa-jasa yang disediakan SDH untuk aktivitas ekonomi. Fungsi-fungsi hutan menjadi dasar bagi semua kegiatan ekonomi. Sebagai contoh, fungsi-fungsi hutan mencakup menyediakan bahan baku untuk produksi, penyediaan habitat, penyaringan air, penyerapan CO2, perlindungan garis pantai, pengendalian erosi, dan lain-lain.

Lihat juga : Kanda Hapri dan Mengulas Kembali Kajian Ekopol

3. Konsep Penilaian Ekonomi 

a. Konsep Nilai

Penilaian ekonomi sumberdaya mencakup identifikasi perubahan-perubahan dalam biaya dan manfaat ekonomi akibat perubahan dampak lingkungan. Cara penilaian yang lazim, mengelompokkan nilai menjadi tiga kelompok besar (McNelly,1993 dan Fakultas Kehutanan IPB, 1999) meliputi :

1) Nilai pasar (market value)

2) Nilai kegunaan (value in use)

3) Nilai sosial (social value)

b. Nilai Ekonomi Total Sumberdaya Hutan

Konsep ekonomi dalam menilai sumberdaya alam dimulai dengan mengetahui keinginan membayar tiap individu (individual willingnes to pay) sebagai nilai dari selera (tastes”) dan (preferences) atas barang dan jasa yang di konsumsi.

Posting Komentar untuk "Ringkasan Valuasi Ekonomi Sumber daya Hutan"