Tips Memilih Topik yang Baik Untuk Membuat Blog Baru

Pada kesempatan ini saya akan share tentang Tips Memilih Topik (nice) yang Baik Untuk Membuat Blog Baru. Disini saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat blog baru karena telah bahas pada postingan cara membuat blog (baca : Ayo Belajar Buat Blog di Blogspot) jadi pembahasan kali kita hanya fokuskan pada cara memilih topik yang baik. Selain itu ada juga beberapa tips penting yang dapat dijadikan informasi dalam membuat blog (baca : 4 tips penting bagi yang mau membuat blog).

Tips Memilih Topik yang Baik Untuk Membuat Blog Baru
Topik merupakan syarat utama dan pertama dalam membuat blog karena topik yang kita pilih akan menentukan perkembangan blog kedepan. Apalagi jika kita membuat blog dengan tujuan untuk menghasilkan uang, pasti harapan terbesar adalah mendatangkan banyak pengunjung (baca : cara sederhana memperbanyak pengunjung blog).
Ada istilah yang sering muncul di dunia blogger “konten adalah raja dan pengunjung adalah ratu” yang artinya jika konten atau postingan kita berkualitas dan banyak dibutuhkan oleh orang lain maka dengan sendirinya pengunjung blog akan ramai kayak pasar hehehe. Dengan banyaknya pengunjung blog maka dengan sendirinya tujuan kita untuk berpengasilan dari blog akan tercapai, masalah besar dan kecilnya penghasilan tergantung seberapa besar kerja keras kita dalam mengelola blog.
Berikut ini cara menentukan topik (nice) blog yang baik menurut saya :
1.     Topik sesuai dengan pemahaman atau hobi
Dalam memilih topik blog harus disesuaikan dengan pemahaman atau hobi kita. Misalnya kita memiliki hobi memancing, maka kita dapat memilih topik blog tentang memancing atau kita memiliki hobi mendaki maka kita dapat membuat topik blog tentang mendaki. Dengan memilih topik blog sesuai dengan pemahaman atau hobi kita maka kita akan nyaman dalam membuat postingan diblog karena kita paham dengan apa yang kita tulis, selain itu tulisan kita akan menjadi unik dan berkualitas karena selain berdasarkan teori-teori dalam topik terkait, kita juga membagikan pengalaman-pengalaman kita sehingga dengan sendirinya pengunjung akan senang berkunjung ke blog kita dan mengikuti perkembangan postingan-postingan blog.
Beda halnya jika kita memilih topik blog yang kita sendiri kurang memahami topik tersebut, maka lama-kelamaan kita akan malas dengan sendirinya dalam membuat postingan dan bahayanya kemungkinan copy paste (kopas) pun akan terjadi. Ingat “KOPAS” sangat tidak disukai oleh google, jika hal itu terjadi maka kecil harapan kita untuk berpenghasilan dari blog.
Blog yang akan kita buat dengan tujuan tertentu harus dikelola dengan baik karena blog ini bersifat jangka panjang.
2.     Topik yang banyak dicari
Topik yang banyak dicari oleh orang dapat menciptakan peluang banyaknya pengunjung di blog kita, apalagi jika postingan-postingan di blog kita telah banyak maka peluang banyaknya pengunjung akan semakin besar.
Bagaiman jika pemahaman atau hobi kita sedikit dicari orang ?
Jumlah penduduk Indonesia sekitar 250 juta jiwa, pengguna internet pun semakin banyak jadi bagi saya tidak masalah, sedikit disini juga pasti masih dalam skala ribuan. Standar pengunjung sebuah blog untuk berpenghasilan juga dalam skala ribuan. Jadi tidak masalah jika pemahaman atau hobi kita sedikit yang pencariannya maka blog kita menjadi sumber informasi yang unik dan kemungkinan besar blog kita akan banyak mendapatkan pengunjung tetap (pelanggan) yang setia berkunjung untuk mendapatkan informasi-informasi unik tersebut.
3.     Topik blog harus khusus (spesifik)
Maksud dari topik blog harus khusus adalah kita membahas sesuatu yang lebih bersifat khusus. Misalnya yang kita pahami adalah tentang pariwisata maka kita harus membuat topik yang lebih khusus misalnya pariwiswata pantai berarti postingan-postingan pada blog lebih mengarah ke tempat-tempat wisata pantai begitu juga jika kita memilih wisata pegunungan.
Dengan membahas topik yang lebih khusus maka pengunjung akan lebih berpeluang mendapatkan pengunjung tetap dan pengunjung akan lebih senang berkunjung ke blog kita sebab mereka langsung menemukan informasi-informasi yang mereka butuhkan.
Perhitungan sederhananya : jika terdapat 10.000 orang yang mencari informasi tentang wisata pantai dan sekitar 5000 orang yang telah berkunjung ke blog kita dan mereka senang dengan informasi-informasi yang mereka dapatkan maka kita berpeluang mendapatkan pengunjung tetap sekitar 5000 an. Belum lagi pengunjung-pengunjung lain diluar dari pengunjung tetap. Dengan jumlah pengunjung sekian maka tujuan berpenghasilan dari blog pun segera tercapai hehe.
Diatas hanya perhitungan kotornya, sekedar gambaran umum tentang topik khusus dan jumlah pengunjung. Untuk mengetaui topik trend saat anda dapat lihat postingan (baca : Cara OtomatisMengetahui Topik Tren Saat Ini Di Google).
Ingat apapun topik yang kita pilih konten adalah raja ( baca : Perbanyak Postingan Maka Pengunjung Blog akan Meningkat)


EmoticonEmoticon