Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Pakar/Ahli

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Pakar/Ahli -Berbicara tentang lingkungan hidup pastinya kita masuk dalam 2 komponen utama yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (lingkungan fisik). Komponen biotik meliputi manusia, hewan, tumbuhan dan semua jenis makhluk hidup dan ada di bumi sedangkan komponen abiotik meliputi tanah, air, udara dan lain sebagainya yang bukan makhluk hidup yang semuanya tergabung dalam satu ekosistem yang utuh.
Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Pakar/Ahli
Lingkungan hidup secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat dimana makhluk hidup tinggal. Secara terminologi kata lingkungan hidup identik dengan kata ekologi dan  Istilah ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu  oikos yang berarti rumah atau tempat tinggal atau tempat hidup atau habitat dan logos yang berarti ilmu, telaah, studi, atau kajian (Soemarwoto, 1983 ; Irwan, 1992 ; Resosoedarmo dkk., 1886)
Nah, namun alangkah baiknya kita lihat pengertian lingkungan hidup menurut pakar/ahli di
bawah ini:
Menurut Otto Soemarwoto
Menurut Otto Soemarwoto  lingkungan hidup merupakan semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita. Menurut batasan tersebut secara teoritis ruang yang dimaksud tidka terbatas jumlahnya. Adapun secara praktis ruang yang dimaksud selalu dibatasi menurut kebutuhan yang dapat ditentukan.
Menurut Soedjono
Soedjono mengartikan lingkungan hidup sebagai lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam. Pengertian ini menjelaskan bahwa manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan dilihat dan dianggap sebagai perwujudan fisik jasmani. Menurut definisi Soedjono, lingkungan hidup mencakup lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya.
Menurut Emil Salim
Emil Salim menjelaskan bahwa lingkungan hidup adalah segala benda, kondisi, keadaan, dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal hidup termasuk kehidupan manusia.
Menurut Munajat Danusaputra
Munajat Danusaputra menyatakan  bahwa lingkungan hidup ialah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.
Sekian share tentang Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Pakar/Ahli, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon