Mengendalikan Hama Tanaman dengan Musuh Alami

Mengendalikan hama tanaman dengan musuh alami atau biologis adalah pengendalian hama yang memanfaatkan makhluk hidup untuk mengendalikan hama pada tanaman. Pengertian hama adalah organisme pengganggu tanaman mulai dari akar, batang dan daun. Hama juga dapat mengganggu tanaman dari segi ekologi dan ekonomi. Pada prinsipnya organisme dikatakan hama jika organisme tersebut merusak tanaman tanaman dari segi kualitas maupun kuantitas.
Kenapa mengendalikan ?
Saya sendiri lebih tertarik menggunakan kata mengendalikan dari pada membasmi karena pada dasarnya semua makhluk hidup berada dalam satu rantai makanan yang kemudian membentuk jaring makanan maka pada siklus akhir disebut ekosistem. Binatang pada dasarnya hidup secara alami di alam, binatang menjadi hama karena terjadinya ledakan populasi sehingga mereka dikatakan hama. Kita tidak akan mampu mengilangkan hama secara total karena itulah ekosistem. Jika kita bekerja keras untuk membasmi secara total maka tidak menutup kemungkinan akan muncul hama-hama jenis lain.
Lihat juga : Ekologi dan Ekosistem
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama pada tanaman salah satunya dengan menggunakan pestisida atau racun. Namun yang ingin saya share disini yaitu mengendalikan hama pada tanaman tanpa menggunakan bahan kimia (baca : Pengertian Pestisida, jenis Pestisida serta Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Pestisida).
Pengendalian hama tananaman secara alami dengan menggunakan binatang predator atau pemangsa. Contoh pada tanaman padi yang terdapat banyak hama tikus dapat digunakan binatang pemangsa tikus yaitu ular untuk mengendalikan hama tikus tersebut dengan catatan binatang predator juga harus sesuai dengan kebutuhan pengendalian. Petani dapat memperkirakan seberapa banyak hama pada tanaman maka binatang predator (pemangsa) juga harus dapat disesuikan. Hal ini menjaga jangan sampai binatang predator tersebut malah akan menjadi hama itu sendiri.

Pada tanaman padi hanya salah satu contoh, hal-hal terkait dalam pengendalian hama secara alami diserahkan kepada para petani yang notabenenya lebih mengetahui dan memahami keadaan lahan mereka terkait hama yang ada serta musuh alami hama tersebut.
Kelebihan mengendalian hama pada tanaman secara alami memberikan antara lain :
1.    Binatang atau hewan predator yang  digunakan sudah tersedia
2.    Predator  yang digunakan dapat mencari dan menemukan hama dengan sendirinya
3.    Pengendalian hama ini dapat berjalan dengan sendirinya
4.    Tidak terdapat pengaruh penggunaan pestisida.
Sedangkan kekurangannya :
1.    Waktu pengendalian hama berlangsung relatif lambat
2.    Butuh pengawasan yang rutin
Kesimpulan :
Pengendalian hama secara alami merupakan salah satu cara dalam mengendalikan hama. Semua tergantung petani yang akan menggunaka cara-cara pengendalian hama tanaman, baik secara alami maupun secara tidak alami.


EmoticonEmoticon