Dasar-dasar Ilmu Kehutanan

Pada kesempatan ini saya akan share tentang dasar-dasar ilmu kehutanan atau pengantar ilmu kehutanan. Dimana sebelum mempelajari lebih jauh tentang ilmu kehutanan, alangkah baiknya kita mengetahui dasar dari pada ilmu kehutanan itu sendiri. Dasar –dasar ilmu kehutanan ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya sewaktu masih berada di bangku perkuliahan dan pelajaran-pejalaran mata kuliah sebagai mahasiswa kehutanan waktu itu.

Dasar-dasar Ilmu Kehutanan
Dalam mempelajari ilmu kehutanan, materi-materi dasar ilmu kehutanan yang perlu diketahui sebagai berikut :
1.    Dendrologi
Dendrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pohon. Dalam perkuliahan dendrologi, kita hanya mempelajari khusus tentang pohon seperti terlihat pada nama ilmunya sendiri. Dendrologi mempelajari tentang identifikasi, klasifikasi dan penamaan (nama ilmiah) pohon. Dapat juga dikatakan dendrologi mempelajari khusus tentang morfologi pohon.
2.    Taksonomi
Taksonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang identifikasi, klasifikasi dan penamaan. Sekilas terlihat sama dengan dendrologi, namun perbedaan dendrologi dan taksonomi berada pada umum dan khusus, dendrologi khusus mempelajari tentang pohon sedangkan mempelajari tentang semua semua makhluk hidup termasuk pohon. Jadi bisa dikatakan juga dendrologi termasuk juga dalam pembelajaran taksonomi.
3.     Ekologi Hutan
Ekologi hutan adalah ilmu mempelajari tentang hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dengan lingkungan sekitarnya, yang khusus mempelajari ekosistem di hutan. Pada ekologi hutan kita juga akan mempelajari tentang analisis vegetasi untuk mengetahui jumlah spesies dan tingkat kerapatan vegetasi.
4.    Interpretasi Lingkungan dan Pendidikan Konservasi (ILPK)
Kita juga mempelajari tentang lingkungan hidup secara luas, sebab bumi adalah sebuah ekosistem yang harus lestarikan untuk kebutuhan hidup manusia demi menjaga kelangsungan hidup. Bukan hanya makhluk hidup yang dipelajari dalam ilmu kehutanan tetapi benda fisik pun dipelajari, itulah ilmu interpretasi lingkungan dan pendidikan konservasi.
5.    Kebijakan Hutan
Dalam ilmu kehutanan tidak hanya mempelajari tentang hutan sebagai ekosistem atau lingkungan hidup tapi kita juga mempelajari tentang peraturan perundang-undangan terkait dengan kehutanan dan lingkungan hidup. Sebab dalam dunia kehutanan sendiri terdapat instansi-instansi pemerintahan yang khusus bekerja dibidang kehutanan.
6.    Etnobotani
Etnobotani adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan-tumbuhan yang dimanfaat oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang didalamnya termasuk mempelajari tumbuhan dan tanaman obat-obatan baik di hutan dan di luar kawasan hutan.
7.    Pariwisa Alam
Pariwisata alam juga termasuk dalam dasar-dasar dalam mempelajari ilmu kehutanan, dimana rekreasi adalah kebutuhan dasar manusia sehingga manusia perlu melakukan rekreasi. Pariwisata alam mengajarkan kita agar berwisata dengan penuh rasa cinta terhadap alam dengan demikian kita akan selalu menjaga dan melestarikan alam disaat berekreasi.

8. Silvikultur

Silvikultur adalah ilmu yang mempelajari tentang budidaya tanaman kehutanan. Dalam pembelajaran silvikultur ini, kita akan mempelajari tentang tanaman kehutanan dalam pembudidayaan mulai dari persemaian sampai pada tahap panen

9.    Agroforestri 

Agroforestri adalah ilmu yang mempelajari tentang penanaman yang menggabungkan tanaman kehutanan dan tanaman pertanian, disamping itu juga agroforestri mencakup peternakan dan perikanan pada areal penanaman.


EmoticonEmoticon